Comscore Tracker

Nvidia Tegra 3: CPU Mobile Sekelas PC

Dengan kemajuan teknologi, bermain game dengan kualitas HD sekarang tidak melulu didominasi oleh konsol atau PC. Dengan Tegra 3, Nvidia bisa mewujudkan hal tersebut lho. Simak detail dan juga video-nya didalam!

Nvidia Tegra 3: CPU Mobile Sekelas PC[/caption]

Nvidia rupanya ingin lebih serius lagi untuk mengembangkan CPU bagi gadget mobile. Hal tersebut dapat dilihat dari usaha mereka dalam mengembangkan prosesor mobile mereka, Tegra yang semakin menunjukkan perkembangan signifikan. Belum reda rasa kekaguman banyak orang terhadap performa Shadowgun yang memiliki grafis sekelas Gears of War, Nvidia kali ini kembali membuat banyak orang berdecak kagum dengan konfirmasi penerus supremasi Tegra, Tegra 3!

Memang, baru ada satu gadget yang dikonfirmasikan mengunakan Tegra 3 sebagai jantungnya, yaitu ASUS Transformer Prime. Namun, tidak menutup kemungkinan, akan banyak gadget lain yang akan tergiur untuk memasang Tegra 3 di gadget mereka. Sebenarnya bagaimana sih kualitas Tegra 3 ini? Simak dulu beberapa screenshot game yang dirilis Nvidia berikut ini:

Nvidia Tegra 3: CPU Mobile Sekelas PC

Nvidia Tegra 3: CPU Mobile Sekelas PC[/caption]

Nvidia mengatakan, bahwa Tegra 3 ini LIMA KALI lebih hebat daripada Tegra 2. Untuk mencapai performa yang mencengangkan tersebut mereka mengatakan Tegra 3 ini menggunakan CPU berarsitektur Quad Core (memiliki empat core) dan menggunakan GPU Nvidia GeForce 12 Core. Bahkan, Asus Prime yang dikonfirmasikan tersebut menurut Nvidia sanggup menampilkan gambar untuk layar yang lebih besar, tanpa ada noise dengan menggunakan jalur HDMI.

Nvidia Tegra 3: CPU Mobile Sekelas PC[/caption]

Bagaimana dengan performa prosesornya untuk meng-handle multitasking? Sejauh yang sudah dikonfirmasikan Nvidia, mereka mengatakan bahwa Tegra 3 "hanya" lebih cepat 2x dibandingkan Tegra 2. Tetapi, Nvidia berani berkoar bahwa Tegra 3 adalah sebuah CPU mobile sekelas PC, dan layak disandingkan dengan prosesor Intel Core 2 Duo T7200 di kelas Desktop. Wow!

Nvidia Tegra 3: CPU Mobile Sekelas PC[/caption]

Meskipun lebih hebat dari pendahulunya, namun justru Tegra 3 ini lebih rendah dalam hal konsumsi daya baterai. Hal ini terbantu dengan adanya prosesor kelima yang bertindak sebagai"pembantu", yang membantu untuk meng-handle pekerjaan ringan (seperti pada saat gadget dalam keadaan standby) dan membiarkan keempat prosesor utama tidak melakukan pekerjaan apa-apa alias di-off kan. Untuk lebih meyakinkan bahwa Tegra 3 ini lebih hemat listrik, menurut Nvidia, Asus Prime bahkan bisa menampilkan video dengan resolusi 1080p selama 12 jam penuh atau setara dengan raat-rata enam film Hollywood. Siap untuk nonton film secara marathon?

Nvidia Tegra 3: CPU Mobile Sekelas PC

Masih bingung dengan bagaimana kinerja prosesor kelima ini? Nvidia punya video penjelasannya nih. Simak video berikut ini..

Lantas bagaimana perbandingannya dengan Tegra 2? Dalam sebuah kesempatan, Nvidia menampilkan sedikit perbandingan antara Tegra 2 dan Tegra 3 dalam menampilkan efek partikel di game Shadowgun dan Riptide. Dalam Shadowgun, terlihat Tegra 3 bisa menampilkan efek air yang lebih nyata daripada Tegra 2, dan dalam Riptide, Tegra 3 bisa menampilkan efek blur dengan baik saat kamu melaju dengan kecepatan tinggi, yang tentu membuat Tegra 2 harus rela mengalah kepada penerusnya ini..

Nvidia Tegra 3: CPU Mobile Sekelas PC[/caption]

Nvidia Tegra 3: CPU Mobile Sekelas PC[/caption]

Video berikut ini menunjukkan bagaimana Tegra 3 dalam mengolah pencahayaan dalam sebuah game yang diberi nama Glowball. Dalam game ini, tugas kamu adalah mengontrol sebuah bola yang bercahaya bergerak kesana kemari dengan memanfaatkan accelerometer.

Video terakhir ini menunjukkan bagaimana kualitas Tegra 3 dalam meng-handle objek-objek yang  lebih kompleks didalam air. Masih dalam game yang sama, Glowball.

Meskipun baru Asus Prime yang dikonfirmasikan menggunakan Tegra 3, bukan tidak mungkin awal tahun depan akan banyak lagi smartphone dan tablet yang menggunakan Tegra 3 ini. Sudah siap untuk memasuki level baru dalam mobile gaming?

Sumber : Blog Nvidia 

Article Terkait

Latest Story

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno

Tekno