Facebook Membeli Instagram 1 Milyar Dolar! Untuk Apa?

Facetagram? Instabook? Ah, entah apalah namanya nanti, namun yang jelas berita akuisisi Facebook terhadap Instagram Senin kemarin sudah menjadi topik yang hangat dibicarakan dimana-mana. Lantas, apa alasan Facebook membeli Instagram?

Facebook Membeli Instagram 1 Milyar Dolar! Untuk Apa?

Facebook Membeli Instagram 1 Milyar Dolar! Untuk Apa?

Pagi ini banyak blog, website maupun portal berita ramai membicarakan hal ini. Yap, bagi kamu yang belum tahu, tepat pada hari Senin kemarin Facebook melebarkan sayapnya dengan membeli Instagram, salah satu start up company yang kita kenal sebagai penghasil aplikasi foto sharing mobile terbaik saat ini. Tidak tanggung-tanggung, untuk mengakuisisi Instagram, Mark Zuckerberg dan kawan-kawan sampai rela merogoh kocek mereka hingga 1 Milyar Dolar AS!

Ada banyak alasan yang melatar belakangi pembelian Instagram oleh Facebook ini. Salah satunya adalah Mark Zuckerberg menganggap bahwa Instagram adalah aplikasi sharing foto untuk mobile yang terbaik. Untuk itu, lebih lanjut dia mengatakan bahwa dengan mengakuisisi Instagram, nantinya akan membuat tim Facebook dan tim Instagram bisa bekerja sama untuk menghasilkan sebuah pengalaman berbagi foto mobile yang lebih menyenangkan. Namun dia menolak anggapan bahwa nantinya pembelian ini bisa mematikan kreatifitas Instagram, dan menyebutkan bahwa tim Instagram tetap diberikan kewenangan penuh untuk mengembangkan aplikasi mereka.

Facebook Membeli Instagram 1 Milyar Dolar! Untuk Apa?

Nilai 1 Milyar Dolar AS ini tentunya tidak sebanding dengan nilai Facebook yang ditaksir sekitar 75 hingga 100 Milyar Dolar AS. Zuckerberg juga menambahkan, bahwa pembelian terbesar mereka ini adalah salah satu tonggak terpenting Facebook untuk melangkah lebih jauh lagi. Sedangkan Instagram sendiri juga memiliki basis penggemar yang sangat besar. Sebelum hadir untuk Android minggu lalu, Instagram tercatat sudah memiliki pengguna sekitar 50 Juta orang di platform iOS. Nilai ini terus bertambah saat Instagram mulai bisa dinikmati oleh Android, dimana menurut klaim tim Instagram, mereka berhasil meraih 1 Juta download hanya dalam waktu sehari saja!

Lantas bagaimana reaksi para pengamat bisnis mengenai akuisisi ini? Di Halaman berikutnya saya sudah mengumpulkan beberapa diantaranya

Dan inilah pendapat dan analisis beberapa pakar mengenai mega akuisisi ini:

"Any weakness Facebook shows in mobile allows another company — or a dozen companies — to outflank them." -Wired.com

Yap, seperti kita tahu Facebook versi mobile (aplikasi resminya) punya banyak kelemahan. Dengan mengakuisi Instagram, mungkinkah bisa memperbaiki citra Facebook di mobile?

Instagram Was Facebook's Biggest Threat - Bussiness Insider

Facebook didn't buy an opportunity, they took out a competitive threat to FB photos. - Social Media Insider

Coba kamu lihat foto-foto yang diunggah oleh teman kamu melalui Android atau iOS, saya yakin lebih dari 70% mengunggahnya melalui Instagram. Jika tidak dibeli, tentu mengancam fitur sharing foto Facebook bukan? Jadi banyak yang menganggap Facebook bukan untuk melebarkan sayap, melainkan meminimalisasi ancaman yang diberikan oleh Instagram.

Facebook Membeli Instagram 1 Milyar Dolar! Untuk Apa?

Tren baru dalam berbisnis teknologi? Mungkin saja nantinya banyak orang yang membuat aplikasi yang hebat lantas menjualnya ke Facebook, Twitter atau Google untuk menjadi milyader baru..

"Let's say that Facebook can turn on monetization on mobile clients. That could mean $500 million in revenue on first quarter, $700 on second, $900-$1 billion on third. Looking at it this way paying a billion for Instagram makes a LOT of sense" - Robert Scoble, Officer Rackspace

Pembelian yang cukup logis, dan dengan angka yang logis pula. Beberapa pengamat menganggap bahwa di tangan dingin Zukckerberg dan timnya, akuisisi ini akan balik modal dalam kurang dari satu tahun. Kita tunggu saja!

FaceTagram? InstaBook? Whatever You Call It, All Your Photo Are Belong to Facebook (for $1 Billion)! - allthingsd.com

Yap, apapun namanya nanti, semua foto yang kamu unggah di Instagram tentu akan menjadi milik Facebook, dan tanpa kamu sadari, harga foto-foto (termasuk filternya) yang kamu unggah itu 1 Milyar Dolar!

Setuju dengan analisis dan pendapat para pakar diatas atau kamu punya pendapat tersendiri mengapa Facebook mengakuisisi Instagram? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya!

Facebook Membeli Instagram 1 Milyar Dolar! Untuk Apa?

Artikel terkait

Latest