Komikus di Balik Meme Sini Sama Om, Gerry Alanguilan, Meninggal Dunia

Komikus X-Men, Superman dan Wolverine wafat di usia 51 tahun

Komikus di Balik Meme Sini Sama Om, Gerry Alanguilan, Meninggal Dunia

Pernah mendengar meme "sini sama om" atau video viral Hey Baby? Banyak orang yang mengira bahwa sosok pria paruh baya dalam meme tersebut berasal dari Indonesia. Namun kenyataannya ia adalah orang Filipina dan merupakan seorang komikus internasional.

Gerry Alanguilan alias Komikero adalah pencipta video viral Hey Baby yang lebih dikenal di Indonesia sebagai meme "sini sama om." Sehari-harinya ia bekerja sebagai komikus untuk Marvel dan DC, sambil menciptakan komiknya sendiri. Namun sayang, kini karirnya terhenti di tengah jalan karena beliau dilaporkan telah meninggal dunia.

1. Dari arsitektur ke komik

Gerry lahir di kota San Pablo pada tanggal 20 Januari 1968. Menurut legenda masyarakat Filipina, keluarga Gerry sebelumnya bernama San Gabriel, namun mereka harus menggantinya menjadi Alanguilan karena ada penyihir yang mengutuk keluarganya miskin tujuh turunan.

Beliau menempuh pendidikan di bidang arsitektur, namun menjadikan komik sebagai hobi dan juga karirnya. Terinspirasi Barry Windsor-Smith, Alfredo Alcala, Frank Miller, Katsuhiro Otomo, and Alan Moore, Gerry menerbitkan komik pertamanya berjudul Wasted. Komik ini dikenal hingga Amerika Serikat, dan mentasbihkan reputasi Gerry sebagai komikus indie pendatang baru yang menjanjikan pada masanya.

Baca Juga: Reformer, Manga Debut Alex Irzaqi di Jepang, Telah Rilis!

2. Selipkan kearifan lokal

Komikus di Balik Meme Sini Sama Om, Gerry Alanguilan, Meninggal Dunianewsarama.com

Dalam setiap komiknya, Gerry selalu memasukkan unsur kearifan lokal ataupun inspirasi dari kehidupan pribadinya. Komik-komik originalnya seperti Johnny Balbona, Humanis Rex!, Elmer, Timawa, dan Where Bold Stars go to Die sering kali mengangkat setting-setting Filipina serta isu sosial yang terjadi di sana. 

Reputasi Gerry di Amerika Serikat pun semakin meroket. Ia dikontak oleh beberapa penerbit besar seperti Marvel dan DC untuk membuat komik dari karakter mereka. Beberapa judul yang pernah dikerjakan olehnya adalah Wetworks, X-Men, Superman: Birthright, Wolverine, High Roads, Fantastic Four, dan Silent Dragon. Gerry biasanya mengerjakan komik-komik tersebut bersama komikus Filipina lain seperti Leinil Francis Yu dan Whilce Portacio.

3. Meninggal di usia 51 tahun

Pada tanggal 20 Desember lalu istri Gerry, Ilyn Alanguilan, mengumumkan bahwa sang suami telah meninggal dunia. "Kepada semua orang yang mencintai Gerry, terima kasih banyak. Kalian telah memberikannya kebahagiaan," tulis Ilyn dalam status Facebook yang kini telah dihapus. Gerry wafat di usia 51 tahun, namun penyebab kematiannya tidak dijelaskan.

Ucapan bela sungkawa juga datang dari akun Twitter C.B. Cebulski, editor-in-chief Marvel. "Sangat sedih mendengar berita kepergian Gerry Alanguilan, satu lagi sosok hebat yang pergi lebih dulu dari kita. Penulis dan berbakat, mentor bagi para komikus muda, serta pendukung komik global. Komunitas komik dan seni Filipina kehilangan sosok teman dan pahlawan," tulisnya.

Meskipun sosoknya telah tiada, komik dan meme ciptaan Gerry akan terus dikenang sepanjang masa.

Baca Juga: Tidak Hanya Manga, Kamu Bisa Baca Komik Online di 6 Platform Ini!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU