6 Lagu Samurai X (Rurouni Kenshin) Terbaik yang Masih Enak Didengar

Inilah 6 lagu Samurai X yang masih enak didengar sampai sekarang!

6 Lagu Samurai X  (Rurouni Kenshin) Terbaik yang Masih Enak Didengar

Bukan hanya pertarungan seru dan drama yang bisa menggugah emosi, anime Samurai X juga terkenal karena musik-musiknya yang berkesan dan asik didengar. Apa saja lagu Samurai X yang tak terlupakan? Ini enam di antaranya!

6. "1/2" oleh Makoto Kawamoto

Ini adalah lagu Samurai X yang paling lama menemani penontonnya. Tak tanggung-tanggung, lagu yang satu ini menjadi pembuka animenya dari episode 39 sampai 82 tanpa putus. Itu kira-kira mulai dari bagian awal-awal konflik Kenshin dengan Juppongatana hingga Juppongatana dan Shishio sudah runtuh, lagu ini masih setia diputar. Tak heran kalau lagu ini rasanya masih terngiang di telinga para penonton setia anime Samurai X.

5. "Sobakasu" oleh Judy and Mary

Sadarkah kamu kalau hanya ada tiga lagu pembuka untuk Samurai X? Ketiga lagu itu adalah "1/2," "Sobakasu," lalu "Kimi ni Fureru Dakede." "Sobakasu" ini "hanya" ditayangkan untuk 38 episode, masih kalah ketimbang "1/2."

Tapi inilah lagu pembuka pertama Samurai X, dan pastinya irama cerianya disukai oleh banyak penggemar animenya. Irama musiknya yang cerah mungkin tidak sesuai dengan kisah Kenshin yang terkadang sangat kelam, bahkan di awal-awal. Tapi bagaimana dengan liriknya? ...liriknya juga tidak cocok sebenarnya, ini lagu soal percintaan dan jerawat. Tapi tetap saja, ini lagu yang asyik dan berkesan. 

Baca Juga: Rurouni Kenshin: 5 Fakta Sakabato, Pedang Bilah Terbalik Milik Kenshin!

4. "It's Gonna Rain" oleh Bonnie Pink

Lagu Samurai X ini adalah penerus dari "Heart of Sword"-nya TM Revolution, yang posisinya di daftar ini berada di peringkat lebih tinggi. Irama yang cool dan santai dari lagu ini benar-benar enak untuk didengarkan saat bersantai. Terutama kalau di luar mendung atau hujan benar-benar sudah mulai turun.

Yang menarik adalah lagu ini mulai tayang sejak episode 50. Itu adalah episode pertarungan ulang Kenshin melawan Aoshi. Lagu ini lalu terus menemani penonton hingga pertarungan melawan Shishio. Jadi, ya, lagu cozy ini justru diputar saat animenya memasuki momen-momen paling intens dan menegangkan. Seakan pihak studio memilihnya untuk menenangkan penonton yang penasaran ingin menyaksikan lanjutan pertarungan.

3. "1/3 Junjou na Kanjou" oleh Siam Shade

Lagu penutup yang satu ini sudah menarik dari pembukaannya. Petikan gitar di intro yang dipadukan dengan lampu sinyal kereta menyala di tengah kegelapan cukup menarik perhatian.

Saat lagunya mulai, peduli amat kamu memahami liriknya atau tidak, kamu akan langsung merasakan kalau lagu Samurai X yang satu ini sangat keren. Tak heran kalau pada akhirnya lagu ini membuat Siam Shade sempat meroket ke ranah mainstream industri musik Jepang.

Uniknya, sekarang kamu bisa menemukan lagu berkesan ini dapat versi cover juga dari band Flow. Flow adalah band yang populer karena lagu dari anime Naruto seperti "Go!!!" dan "Sign." 

2. "Heart of Sword" oleh TM Revolution

TM Revolution jago banget membuat musik yang bikin darah terpacu dan siap bertarung. "Heart of Sword" ini salah satunya.

Sebenarnya kalau kamu membaca liriknya, ini bukan benar-benar lagu soal pertarungan. Tapi dipadukan dengan klip-klip seru dari animenya, dan juga hentakan iramanya, kamu bisa saja memasukkanya ke adegan pertarungan apapun dan membuatnya menjadi lebih epik.

"Heart of Sword" juga sempat digunakan kembali dari episode 43 sampai 49 karena lagu yang menempati peringkat pertama daftar ini terkena skandal.

1. "Fourth Avenue Cafe" oleh L'Arc en Ciel

Bagaimana kualitas lagu Samurai X yang satu ini? Yah, band yang membawakannya saja adalah Laruku. Dari kualitas penyanyi saja lagu ini sudah sangat istimewa. Suara khas Hyde dan instrumennya yang memikat membuat lagu ini tak hanya salah satu lagu Samurai X terbaik, tapi juga salah satu lagu Laruku terbaik.

Sayangnya, lagu ini sebentar sekali ditayangkan. Episode yang memutarnya hanya episode 39 sampai 42 saja, lalu Heart of Sword kembali digunakan. Alasannya adalah skandal narkoba yang saat itu menjerat Sakura, penabuh drum Laruku. Kalau kamu kebetulan melewatkan episode 39 sampai 42, maka lagu ini pun akan terlewat sepenuhnya oleh kamu.

Itulah enam lagu Samurai X terbaik, setidaknya untuk versi serial TV-nya. Ada lagi lagu yang bagus tapi belum dimasukkan ke daftar ini? Keberatan dengan urutan peringkatnya? Silakan sampaikan di kolom komentar!

Baca Juga: Ada Sakabato Kenshin Sungguhan di Dunia Nyata! Ini Penciptanya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU