Comscore Tracker

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Penasaran tentang dunia Asgard, Midgard, Vanaheimr, dan dunia-dunia lain versi bangsa Nordik? Simak penjelasannya di sini!

Selain mitologi Yunani, kisah mitologi Nordik juga cukup populer di kalangan para penggemar cerita-cerita makhluk supranatural. Mitologi Nordik atau Norse Mythology merupakan kepercayaan yang dianut oleh negara-negara di wilayah Eropa Utara seperti Denmark, Norwegia, Islandia, dan Swedia. Kepercayaan ini juga turut tersebar ke daerah-daerah lain sebelum kedatangan agama Kristen.

Sama halnya dengan masyarakat Yunani kuno, bangsa Skandinavia juga percaya jika manusia tidak hidup sendiri di alam semesta. Pasalnya, terdapat beberapa makhluk lain seperti dewa dan peri yang juga turut mendiami dunia yang luas ini.

Dalam kepercayaan Nordik, alam semesta terbagi menjadi sembilan dunia. Kesemua dunia tersebut dihubungkan oleh pohon Yggdrasil yang menjadi pusat alam semesta.

Berikut ini daftar sembilan dunia dari pohon Yggdrasil yang dipercaya oleh bangsa Nordik.

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Bagi Kamu penggemar film Thor produksi Marvel pasti sudah tak asing dengan nama salah satu dari sembilan dunia bangsa Nordik ini. Asgard adalah dunia yang berada di level pertama. Di sini juga, tinggalah para Aesir, sebutan untuk salah satu ras dewa paling berkuasa, petarung, dan perusak. Meski begitu, meraka bukanlah dewa yang jahat, pasalnya untuk menjaga keseimbangan dunia memang harus ada peperangan dan perusakan.

Di Asgard juga terdapat sebuah aula besar yang menjadi tempat berkumpul para dewa termasuk Odin dan menjamu para Einherjar yaitu pasukan Asgard yang gugur di medan perang. Aula ini disebut dengan nama Valhalla.

Asgard berada di cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dialui oleh mata air Urd. Terdapat juga sebuah jembatan yang menghubungkan Asgard dengan dunia-dunia yang ada di bawahnya. Jembatan berwarna pelangi yang memiliki elemen api, air, dan udara ini disebut Bifrost. Jembatan ini dijaga oleh dewa Heimdall yang memiliki tugas mengawasi sembilan dunia yang ada.

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Ada dua versi tentang letak dunia Vanaheimr. Ada yang menyebut jika Vanaheimr berada di level yang sama dengan Asgard karena terletak bersisian. Ada juga yang mengatakan Vanaheimr berada di bawah Asgard.

Vanaheimr adalah dunia para Vanir, ras dewa pelindung, kesuburan dan pemelihara alam. Konon mereka juga memiliki kemampuan untuk melihat masa depan.

Menurut cerita, ras Vanir dan Asgard selalu berseteru sampai akhirnya mereka berdamai. Bahkan beberapa Vanir ada yang menjadi dewa Asgard seperti Njord, Freya dan Freyr.

Setelah berdamai, Vanaheimr dan Asgard bersatu untuk mengalahkan Jotun, ras raksasa.

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Dunia ketiga adalah Alfheim. Di sinilah para Elf, salah satu ras dewa berukuran kecil tinggal. Bangsa Elf bisa dibilang cukup misterius dan memiliki kekuatan sihir mengerikan.

Para Elf ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Light Elf dan Dark Elf. Hal ini membuat bangsa Elf tak jelas memihak kepada siapa, terkadang netral, di lain waktu membantu para dewa dan manusia, namun di sisi lain bisa jadi sangat jahat.

Alfheim juga kadang disebut Ljosalfheim dan berada di salah sau cabang pohon Yggdrassil.

Masih ada enam dunia versi bangsa Nordik lainnya di halaman kedua. Termasuk dunia Midgard yang jadi tempat manusia tinggal. Penasaran? Yuk geser ke halaman selanjutnya.

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Midgard dikenal juga dengan sebutan Middle Earth. Bangsa Nordik percaya para makhluk tak abadi seperti manusia tinggal di sini. Midgard terletak di tengah pohon Yggdrasil dan bersebrangan dengan dunia Jotunheim yang dipisahkan oleh sungai besar.

Midgrad juga dikeliling oleh lautan yang tak dapat dilalui. Konon, di dasar lautan tersebut bersemayam makhluk misterius bernama Jormungandr yang ukurannya sangat besar sehingga seluruh tubuhnya mengelilingi dunia sampai dapat memegang ekornya sendiri. Ular raksasa ini merupakan anak dari Loki dan raksasa Angrboa.

Asal-usul Midgard sendiri bermula saat Odin dan saudaranya Vili dan Ve membunuh raksasa Ymir. Tubuhnya lalu menggelinding ke pusat kekosongan alam semesta sehingga terbentuk Midgard. Badan Ymir menjadi daratan, darahnya menjadi lautan, tulangnya menjadi gunung-gunung, giginya menjadi jurang, rambut-rambutnya menjadi pepohonan, dan otaknya (yang meledak di atas bumi) menjadi awan.

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Seperti sudah disebutkan di atas, Jotunheimr adalah dunia yang terletak bersebrangan dengan Midgard dalam pohon Yggdrasil. Jotunheimr dihuni oleh para raksasa yang terbuat dari batu dan juga es. Di sini, Loki lahir dan menjadi salah satu pemimpin yang nantinya memecah perang Ragnarok.

Terkadang, bangsa manusia sering tersesat di Jotuheimr karena letaknya yang bersebrangan dan hanya dipisahkan oleh sungai raksasa.

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Sembilan dunia dalam mitologi Nordik selanjutnya adalah Niddhavellir. Dunia ini dihuni oleh bangsa Dwarf, orang-orang kerdil yang biasa disebut kurcaci. Mereka tinggal di gua-gua dalam tanah dan hidup misterius. Dwarf sangat ahli dalam bidang membuat peralatan dan senjata dari logam.

Eits, masih ada tiga lagi dunia versi masyarakat Nordik. Apa saja? Cek di halaman selanjutnya!

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Svartalfheim adalah dunia yang dihuni oleh para Svartalfar dan Dokkalfar, para Elf dari kegelapan yang disebut sebagai Swart Elf/Elves atau Dark ELf.

Svartalfheim sering disebut juga sebagai dunia kegelapan. Pasalnya, dunia ini terletak di bawah yang ditembus oleh akar pohon Yggdrasil.

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Muspellheim adalah dunia yang dihuni oleh para Surt. Surt merupakan raksasa yang tubuhnya terbuat dari lahar dan rambutnya dari api. Muspellheim juga terletak di dunia bawah dan hanya ditembus oleh akar pohon Yggdrasil. Konon Muspellheim sudah terbentuk sebelum tujuh dunia lain tercipta.

Bangsa Surt juga adalah musuh terbesar dari bangsa Aesir. Nantinya, api dari Muspellheim ini akan membakar habis jembatan Bifrost dan memulai perang Ragnarok.

Kisah Mitologi: Alam Semesta dan 9 Dunia dalam Mitologi Nordik

Jika Muspellheim adalah dunia api, maka Niflheim adalah dunia es yang sangat dingin. Niflheim sendiri merupakan dunia para roh dan makhluk-makhluk kegelapan. Bangsa Nordik percaya jika mereka mati, jiwa mereka akan pergi ke Niflheim dan tak akan pernah kembali.

Di sini juga tinggal para Jotun es yang dipimpin oleh Hel saudara perempuan Loki yang bertugas menjaga penjara di sini.

Dalam mitologi Yunani, Niflheim sering disamakan dengan Tartarus, sebuah tempat di dunia bawah tempat para roh tinggal yang dikuasai oleh Hades.

Niflheim sendiri diceritakan sudah ada sebelum tujuh dunia lain tercipta, dan bahkan akan tetap selamat setelah Ragnarok berakhir.


Nah itu tadi kisah sembilan dunia yang ada di alam semesta versi bangsa Nordik. Beberapa cerita dalam mitologi Nordik juga sedikit memiliki hubungan dengan beberapa kisah dalam mitologi Yunani dan Romawi.

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek