Perbedaan One Piece dan Romance Dawn, Manga One Shot Eiichiro Oda

Sebagai prototype One Piece, Romance Dawn ada yang beda 

Perbedaan One Piece dan Romance Dawn, Manga One Shot Eiichiro Oda

Eiichiro Oda adalah mangaka dari Jepang yang sudah sangat kita kenal dengan karyanya, One Piece. Sebelum membuat One Piece, Eichiro Oda sudah beberapa kali membuat manga yang mempengaruhi One Piece.

Daftar manga one shot karya Oda lain yang dikompilasi menjadi satu buku berjudul Wanted!! juga berisi manga seperti One Piece dengan nama Romance Dawn.

Memangnya apa saja sih perbedaan antara One Piece dengan Romance Dawn? Simak daftar perbedaannya di bawah ini.

1. Keinginan Luffy

Di anime dan manga One Piece, keinginan dan cita-cita Luffy hanya satu, yaitu ingin menjadi Raja Bajak Laut, sebuah julukan yang ditinggalkan oleh Raja Bajak Laut sebelumnya, Gol D Roger. Tak hanya meninggalkan julukan, Gol D Roger juga meninggalkan harta karun One Piece, dan yang menemukannya akan menjadi Raja Bajak Laut berikutnya.

Luffy pun berkeinginan untuk menemukan One Piece, dan menjadi Raja Bajak Laut berikutnya. Bisa dibilang tujuan Luffy sudah sangat jelas di One Piece, namun berbeda di Romance Dawn.

Dalam Romance Dawn, tujuan Monkey D Luffy mengarungi lautan sebagai Bajak Laut adalah petualangan. Dia sangat ingin menemui dan menjalani berbagai macam petualangan yang menarik, selain itu, dia juga ingin menjadi Bajak Laut yang baik di versi pertama, meskipun Luffy sendiri mengakui bahwa baik di sini bukan seperti pahlawan.

Terlihat jelas perbedaan antara keinginan Luffy di dua versi ini, dan dalam Romance Dawn, keinginan Luffy agak melebar, sehingga jika dijadikan manga berlanjut, maka tujuan dari Luffy pun akan berubah-ubah.

Baca Juga: Ini Hal Menarik Soal Yamato di Sampul One Piece Volume 100!

2. Ada versi Romance Dawn di mana Garp malah bajak laut

Dalam versi kedua dari manga Romance Dawn, yang memberikan topi jerami milik Luffy bukanlah Shanks si Rambut Merah, melainkan kakeknya sendiri.

Yang unik adalah si kakek ini belum punya nama. Namun penampilannya sudah mirip dengan Garp versi One Piece utama. 

Di manga One Piece, Garp adalah kakek Luffy yang sangat kuat. Dia suka melatih Luffy dengan keras, sehingga Luffy menjadi tahan banting. Selain itu, Garp juga salah satu pahlawan dari Angkatan Laut, dan pastinya membenci Shanks yang membuat Luffy menjadi Bajak Laut.

Berbeda dengan versi Romance Dawn. Di sini, kakek dari Luffy adalah seorang kapten Bajak Laut yang bengis. Dia juga mengenakan topi jerami, dan dari sang kakek lah dia mendapatkan topi jerami itu.

3. Logo bajak laut Topi Jerami

Perbedaan One Piece dan Romance Dawn, Manga One Shot Eiichiro OdaDok. Shueisha

Sama seperti di One Piece, dalam Romance Dawn, Luffy pun sudah memiliki kapal Bajak Laut miliknya sendiri, meskipun hanya kapal kecil yang muat untuk satu orang. Di kapal ini, Luffy juga sudah memiliki bendera dengan logo khasnya.

Tengkorak dengan topi jerami memang masih sama, namun ada perbedaan bentuk di sini. Dalam versi One Piece, bentuk dari logo topi jerami memiliki tengkorak kepala yang bulat, dan dengan tulang menyilang di belakangnya.

Sedangkan versi Romance Dawn, bentuk tengkorak kepalanya lebih menyerupai tengkorak asli dan tidak komikal seperti versi One Piece. Selain itu, bukan tulang menyilang yang ada di belakangnya, melainkan dua tangan berwarna putih, yang sepertinya bukanlah tulang lengan, melainkan sebuah lengan.

4. Ada karakter yang terasa sebagai prototype Nami, tapi bukan Nami

Perbedaan One Piece dan Romance Dawn, Manga One Shot Eiichiro OdaDok. Toei Animation

Ayo kita ingat-ingat Nami yang sudah ada di One Piece. Dalam manga Romance Dawn, ada dua versi prototype Nami, mengingat manga Romance Dawn sendiri juga ada dua versi yang berbeda.

Dalam manga Romance Dawn versi pertama, karakter wanita utama atau prototype Nami bernama Silk. Silk adalah seorang gadis yang lahir dari seorang Bajak Laut. Dia ditinggalkan dan dirawat oleh warga desa hingga tumbuh menjadi gadis yang berani.

Silk bahkan berani menantang Galley, salah satu Bajak Laut berbahaya (meskipun dikalahkan Luffy dengan mudah). Silk memiliki wajah yang mirip dengan Nami, bedanya dia memiliki rambut berwarna kuning (bukan oranye) dan berambut panjang lurus tidak bergelombang seperti Nami setelah time skip.

Di Romance Dawn versi kedua, prototype Nami berubah menjadi Ann. Ann adalah gadis pemberani yang sama seperti Silk (dan Nami). Dia juga bijak dan sering mengomentari semua hal yang dilakukan Luffy, mirip seperti Nami.

Penampilan Ann juga mirip Nami saat pertama kali muncul, yaitu berambut pendek, meskipun warna rambutnya berbeda, yaitu biru muda. Selain itu, Ann juga memiliki peliharaan burung panda bernama Ballon.

5. Angkatan Laut tidak disebut

Perbedaan One Piece dan Romance Dawn, Manga One Shot Eiichiro Odaduniaku.com/fudo

Angkatan Laut adalah salah satu bagian penting dalam perjalanan cerita One Piece. Mereka lah yang menjadi "polisi" di lautan dan terus mengejar para Bajak Laut kuat dan berbahaya.

Berbeda dengan One Piece yang sudah menampilkan Angkatan Laut sejak awal cerita, di Romance Dawn, Angkatan Laut tidak disebut sama sekali. Bahkan seperti poin kedua di atas, Garp yang seharusnya menjadi pahlawan Angkatan Laut justru menjadi Bajak Laut.

Dalam dua versi dari manga Romance Dawn, musuh berbahaya (meskipun tidak terlalu) yang menjadi sorotan justru adalah Bajak Laut lain. Di versi pertama adalah Galley, dan di versi kedua adalah Spiel.

Meskipun tidak disebut, bukan berarti Angkatan Laut tidak ada. Karena Romance Dawn dan One Piece kemungkinan menceritakan dunia yang sama, maka Angkatan Laut juga ada, hanya saja belum diperlihatkan (mengingat Romance Dawn hanyalah one shoot).

6. Sifat Luffy di Romance Dawn versi pertama terasa lebih cool

Perbedaan One Piece dan Romance Dawn, Manga One Shot Eiichiro OdaBerbagai sumber

Dalam anime dan manga One Piece, kita semua tahu seberapa bodohnya Luffy. Tetapi di Romance Dawn, terutama di versi pertama, Luffy memiliki kepribadian yang sedikit lebih pintar sekaligus cool. 

Luffy sedikit lebih tenang dalam bertindak, pengecualian saat dia lapar. Seperti Luffy di One Piece, saat kelaparan dia juga akan menjadi liar dan tidak mendengarkan penjelasan orang lain (dalam kasus ini Silk).

Seperti gambar yang bisa kamu lihat di atas, Luffy juga sangat tenang dalam menjawab, selain itu, dia memiliki aura cool, yang mana biasanya hanya keluar dari karakter Zoro maupun Sanji.

Namun sifat pintar cool yang dimiliki Luffy berubah di versi kedua, dan di versi terakhir dari Romance Dawn. Di sini, sifat Luffy mulai mendekati Luffy yang kita kenal, yaitu ceroboh, bertindak sebelum berpikir, dan pastinya tidak tahu aturan.

Itulah beberapa perbedaan manga One Piece dan Romance Dawn yang menjadi dasar dari One Piece. Bagaimana menurutmu tentang Romance Dawn? apakah kamu ingin melihat Romance Dawn dilanjutkan? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya.

Baca Juga: Inilah Sampul One Piece Volume 99! Bakal Terhubung dengan Volume 100?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU