Viral di Internet, Dari Mana Asalnya Video Tarian Peti Mati Ghana?

Fenomena budaya yang satu ini unik!

Viral di Internet, Dari Mana Asalnya Video Tarian Peti Mati Ghana?

Baru-baru ini, muncul video tarian peti mati Ghana yang populer di internet. Apa sih sebenarnya video itu, dan dari mana asal mulanya? Bahasannya ada di sini!

1. Berawal dari sebuah liputan

Video yang viral tersebut berasal dari sebuah dokumenter BBC di sebuah pemakaman di negara Ghana, Afrika. Video menunjukkan pemakaman tersebut yang juga mempertunjukkan para pembawa peti mati menari bersama peti itu.

"Orang-orang ini, ketika mereka membawa orang yang kamu sayangi ke tempat peristirahatan terakhirnya, mereka juga menari, jadi aku memutuskan untuk memberikan ibuku perjalanan penuh tarian kepada penciptanya," jelas Elizabeth Annan, putri sang ibu yang dimakamkan dalam upacara tersebut.

2. Budaya pemakaman Ghana

Unik dalam budaya Ghana, penduduknya merayakan pemakaman mereka dengan musik dan tarian. Acara pemakaman menjadi acara pertemuan sosial berskala besar dengan hadirin mencapai ratusan orang dalam satu acara.

Acara pemakaman tersebut umum diadakan di akhir pekan, dengan pakaian merah dan hitam yang melambangkan kedukaan atas kepergian yang dimakamkan. Sebelum perayaan tersebut diselenggarakan, diadakan terlebih dahulu upacara duka dengan pemberkatan dan ucapan bela sungkawa.

Baca Juga: Viral Membantu Masyarakat, Ini Dia Sosok Cosplayer Naruto Indonesia!

3. Viral di internet untuk alasan yang berbeda

Apapun konteksnya, video yang diunggah pada tahun 2017 tersebut kembali bangkit dan populer di internet di tahun 2020 ini sebagai sebuah klip video yang viral. Hanya, bukan seluruh dokumenter itu yang dimunculkan, namun hanya bagian klip di mana para penari mengangkut peti mati semata yang tersebar di seluruh penjuru internet.

Jelas, meskipun kepopulerannya kembali bangkit, namun tidak lupa pula perlu diketahui bahwa ia adalah acara pemakaman di dunia nyata, dengan orang-orang yang berduka sungguhan pula. Sehingga, diperlukan kecermatan lebih dahulu sebelum membagikannya.

Apa pendapatmu tentang video tarian peti mati Ghana dan upacara budayanya ini? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Sudah Rilis, Begini Wujudnya Es Krim Wall's Viennetta 2020!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU