Kami Ngobrol Bareng Komposer Lagu Reflect Gawr Gura, Farhan Sarasin!

Intip ide-ide di balik lagu fenomenal tersebut di sini!

Kami Ngobrol Bareng Komposer Lagu Reflect Gawr Gura, Farhan Sarasin!

Apakah kamu tahu kalau komposer lagu "Reflect" Gawr Gura dari Hololive English merupakan orang yang sama dalam lagu "Gate Open Start" Pavolia Reine dari Hololive Indonesia? Cek obrolan kami bareng Farhan Sarasin, komposer asal Indonesia di balik kedua lagu ini!

1. Menurut Farhan dari sudut pandang komposer, apa ide utama yang ingin diangkat di dalam Reflect?

"Blueprint-nya adalah lagu yang menceritakan berbagai sisi-sisi yang berbeda serta lika-liku yang dialami oleh seorang Gawr Gura. Dari perspektif saya sebagai pemusik dibaliknya, saya ingin lagu tersebut seakan-akan bercerita tentang apa yang dirasakan Gura.

Maka dari itu saya memutuskan untuk membuat musik elektronik yang saya rasa cukup digemari di ranah vtuber (termasuk saya sendiri) dengan memberikan nuansa Yunani untuk memberikan penghormatan kepada tanah air daripada Gawr Gura yaitu Atlantis."

2.Apa yang membuat membuat komposisi untuk "Gate Open Start" terasa berbeda dengan "Reflect"?

"Approach komposisi keduanya cukup berbeda. Formasi bagian lagu di "Gate Open Start" cukup konstan, namun dikarenakan lika-liku yang cukup dramatis yang ingin diceritakan, transisi yang saya gunakan di antar bagian cukup kontras, mulai dari beat yang four-on-the-floor yang konstan yang dibalas lagi oleh beat dengan feel triplet. Tak lupa juga orkestrasi yang jauh lebih tebal, dark dan dramatis."

3. Ada instrumen yang bernuansa lagu Yunani klasik di lagunya, apakah idenya hadir dari Gura atau inisiatif yang datang dari Farhan?

"Idenya muncul dari Gura karena asalnya dari Atlantis."

Baca Juga: NIJISANJI ID Perkenalkan Tiga Lagu Original, Virtual On Voyage!

4. Di beberapa bagian "Reflect" terasa kaya tune dari Jaws, apa inspirasinya juga datang dari film itu?

"Bisa dibilang, pengunaan interval minor-2nd seperti di Jaws (musik oleh John Williams) sudah cukup populer untuk film horor (dipakai juga di intro film Psycho di tahun 1960 namun dimainkan secara berbeda, musik oleh Bernard Hermann). Musik film pada saat itu banyak memunculkan teknik orkestrasi yang aleatorik dan cukup jauh dari kaidah musik tonal daripada yang kita biasa dengarkan. Karena saya ingin memunculkan feel yang edgy, maka dari itu saya mengambil inspirasi dari musik film pada era tersebut. "

5. Bagaimana kesannya ketika videonya saat ini sudah tembus 1,5 juta view kurang dari 48 jam?

"Rasanya seperti mimpi yang berkelanjutan, masih kaget sampai sekarang, karena memang jauh dengan apa yang dibilang “pop”. Terkesan dengan reaksi-reaksi yang ada oleh para pendengar walaupun MVnya belum ada."

Apa pendapatmu tentang kreasi musik Farhan Sarasin dari Reflect Gawr Gura hingga Gate Open Start Pavolia Reine? Sampaikna opinimu terhadap berbagai lagunya melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: Mirip! Ini Cosplay Virtual Assistant Sam Versi Larissa Rochefort!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU