Soul Calibur Unbreakable Soul, Game Pertarungan Kartu Gratisan, IAP Terdeteksi!
Bukan kali ini saja franchise yang sudah dikenal dipaksakan menjadi sebuah game collectible card, dan dirilis secara gratisan untuk platform mobile. Dan kini Bandai Namco kembali melakukannya untuk Soulcalibur.
Bukan kali ini saja franchise yang sudah dikenal dipaksakan menjadi sebuah game collectible card, dirilis secara gratisan untuk platform mobile, dengan alasan yang penulis yakini, itu untuk meraup "uang kecil" dalam kuantitas yang sangat besar. Kali ini giliran Bandai Namco, yang sepertinya puas dengan ekspetasi game free-to-play mereka untuk PS3, Tekken Revolution, dan khususnya Soulcalibur: Lost Sword, yang menurut Bandai Namco berdasar press release mereka kemarin sudah diunduh oleh 1,4 juta pengguna PlayStation Network sejak dirilis akhir April 2014 lalu. Kini Bandai Namco mengumumkan game gratisan lainnya, dan kali ini ditujukan untuk platform mobile, Soul Calibur Unbreakable Soul.
Soul Calibur Unbreakable Soul sebelumnya dikenal sebagai game mobile Soul Calibur, namun kini sudah tersedia dan detailnya, termasuk mekanis gameplay-nya bisa kalian intip melalui website ofisial Soul Calibur. Dalam game mobile yang sementara ini baru eksis di platform-nya Apple, iOS ini Bandai Namco mengaku memberikan sistem pertarungan yang diperbarui dalam dunia 3D, sistem elemental, lebih dari 150 avatar (termasuk yang sudah familiar di dunia Soulcalibur) dan 200 senjata yang bisa dikustomisasikan dengan elemen tertentu ke deck karaktermu, dan juga mode PvP, deck melawan deck. Mekanis pertarungannya berbasis menggabungkan kartu untuk menciptakan gerakan baru yang lebih kuat, dengan senjata yang diperkuat dengan 5 elemen: Fire, Water, Wind, Light & Dark.
Pengguna iPhone dan iPad bisa langsung mengunduhnya melalui Apple app store secara gratis, dengan beberapa tawaran in-app purchase, jelas! Kamu bisa membeli Gem (entah apa hubungannya dengan Gem pada Soulcalibur sebelumnya), yang didapatkan selama permainan dari hasil kemenangan pertarungan, dan Gem tersebut menjadi kebutuhan utama untuk selama karakter bertarung.... seperti, errrr... satu Gem untuk memukul dan menendang!? Sepertinya akan sangat menyusahkan ya jika kehabisan Gem. Kita bisa membelinya sebagai IAP dengan penawaran mulai US $2.99 atau sekitar Rp. 35 ribu untuk 300 GEM, hingga $19.99 atau sekitar Rp. 232 ribuan untuk 2,000 Gem.
Meskipun hadir pertama kali untuk platform mobile, namun developer tidak membuat Soul Calibur Unbreakable Soul dangkal dari sisi cerita. Keseluruhan skenario cerita disampaikan melalui narasi yang diawali dengan Cassandra dan Edge Master memulai petualangan untuk mencari potongan Soul Edge. Soul Calibur Unbreakable Soul nantinya juga akan dirilis untuk PS3 dan X360, yang jelas makin menambah pilihan gamer memainkan game gratisan lainnya, dengan nama besar franchise yang sudah dikenal baik. Sayangnya, sejauh ini belum ada kabar apakah akan ada versi Android-nya.
Oh ya, versi iOS-nya belum eksis di iTunes Indonesia (baru di US, Japan, UK, France, Germany, Spain dsan Italy saja), kami sarankan kalian menggunakan trik dari tautan di sini untuk bisa mengakali region.
- Dapatkan Soul Calibur Unbreakable Soul versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan iOS minimal versi 5.1 dengan kebutuhan storage 76.9 MB.
SOULCALIBUR Unbreakable Soul Launch Trailer
[youtube id="PKSeBuSPgmw"]
SOULCALIBUR Unbreakable Soul Trailer - Adventure Mode (PS3/Xbox 360/Mobile)
[youtube id="bajcSrspdxA"]
Sudah mengunduh gamenya? Sudah melihat trailer di atas? Bagaimana menurut kalian? Penulis pribadi sebagai penggemar serial Soulcalibur, dan khususnya Sophitia :oops: merasa game ini sangat aneh... ya, a super-weird game, interpretasi yang lebih aneh dari game fighting yang selama ini kita kenal. Pertama mendengar akan ada game mobile original Soulcalibur, saya sudah girang, dan berharap lebih baik dibandingkan port versi Dreamcast-nya yang akhir tahun lalu hadir di Android. Awalnya juga berharap Bandai Namco bisa melakukan yang lebih baik dibandingkan Capcom yang berhasil membawa dengan baik bebereapa Street Fighter ke platform yang sensitif sentuhan ini, dengan masih menghadirkan mekanis fighting yang sesungguhnya. Sebagai game free-to-play yang membutuhkan tenaga berupa Gem untuk menjalankan karakter, mereka juga menghapus semua elemen tekniknya, dan menyisakan hanya kita memasukkan gerakan apa yang ingin dilakukan melalui pilihan di sisi bawah layar.
Menggantikan sistem pertarungan sesungguhnya dengan mekanis pertarungan kartu seperti ini jelas langkah yang aneh di mata penggemarnya. Namun dengan langkah Bandai Namco akhir-akhir ini, seperti yang juga lebih aneh lagi mereka lakukan untuk serial Tekken, mereka merilis Tekken Arena (iOS & Android), yang diklaim menjadi Social Strategy RPG pertama -- dan seakan-akan penggemar Tekken membutuhkannya.