Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

Ga perlu bingung mainin Pokémon GO! Nih kami berikan panduan dasarnya! Apa itu Medal, Pokémon, Poké Ball, Gym, Evolution Shard, Poké Stop, Pokémon Egg, hingga berapa ratus Pokémon yang bisa kalian dapatkan!

Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

[read_more id="246345"]

Saat ini walaupun belum jelas kapan Pokémon GO bakal dirilis (kabarnya sih pertengahan atau kuartal ketiga tahun ini), namun Niantic Labs sudah menjalankan field test-nya, yang hanya dijalankan di Jepang mulai akhir Maret 2016 ini. Field test bertujuan untuk menguji seperti apa kinerja game ini, dan hanya bisa dimainkan oleh gadget mobile dengan versi OS minimal Android 4.3 serta iOS minimal iPhone 5. Itu bisa disimpulkan juga kebutuhan sistem smartphone kalian untuk memainkannya. Selain itu, Gmail atau akun Google pun juga dibutuhkan lho untuk verifikasi dan download Pokémon GO ini. Wajar, secara Google juga berada di balik pengembangan game download Pokémon GO.

Khusus pengguna Android, kalian sudah bisa mengunduh Pokémon GO APK-nya melalui Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

  • Kalian bisa membuat dan mengkustomisasi karakter sendiri, dan bergabung dalam salah satu tim: Red, Blue, dan Yellow.
  • Tidak ada pertarungan dengan Pokémon liar. Untuk menangkap Pokémon, sentuh Poke Ball dengan touch screen smartphone kalian, dan lemparkan.
  • Pokémon memiliki ciri khas mereka sendiri, seperti: Stoic, Assassin, Guardian, Raider, Protector, Sentry, dan Champion.
  • Pokémon memiliki nilai CP mereka tersendiri. Untuk yang satu ini belum diketahui apa perannya, namun banyak yang menyimpulkan ini adalah "Capture Points." Makin tinggi Capture Points, makin susah Pokémon tersebut ditangkap (dengan poke ball biasa khususnya).
  • Bakal ada Pokémon tipe normal, legendary, dan mythical yang bisa kalian tangkap. Dan semua tipe Pokémon yang eksis dalam seri Pokémon aslinya di handheld Nintendo juga bisa kalian temukan, termasuk itu Fairy. Gosipnya nih, beberapa Pokémon legendary-nya hanya bisa kalian temukan di wilayah Indonesia lho!

Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

  • Kalian bisa mengevolusikan Pokémon melalui Evolution Shard yang didapatkan dari Pokémon liar. Begitu kalian mendapatkan cukuo Shard, kalian bakal menerima Evolution Stone. Namun karena selama field test tidak ada Pokémon liar, maka untuk yang satu ini belum bisa didapatkan saat ini.
  • Selama uji coba ini juga tidak kami temukan adanya status merugikan yang bisa diderita Pokémon, seperti paralysis dan burn, karena semua serangan dalam game bisa menimbulkan damage.
  • Disebutkan ada 137 gerakan yang diprogram ke dalam game, dan juga 95 versi gerakan yang lebih cepat.
  • Bakal ada 7 kategori item dalam game: Poke Ball, Potion, Revive, Battle Item, Food, dan Camera. Sedangkan fitur item yang tersedia selama field test, seperti Poke Ball, Great Ball, Ultra Ball, Master Ball, Potion, Super Potion, Hyper Potion, Max potion, Max Revive, X Attack, X Defense, X Miracle, Razz Berry, Bluk Berry, Nanab Berry, Wepear Berry, Pinap Berry dan Special Camera.
  • Selama pertarungan gym, sepertinya Pokémon hanya memiliki dua serangan saja. Setiap gym memiliki level prestige. Kalian mendapatkan point dalam gym, namun belum diketahui apa fungsinya.

Lanjut ke halaman 2...

Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

  • Yang sudah diketahui rangking-nya sebagai berikut: Novice (level 5), Trainer (level 10), Leader (level 25), dan Professor (level 50). Saat kalian mencapai level 50, kalian bisa menyimpan hingga 500 Pokémon dan 1,000 item.
  • Medal yang sempat kami singgung Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

    [read_more id="244798"]

    Nintendo sendiri melalui The Pokémon Company, telah membeberkan seperti apa gameplay Pokémon GO ini. Kalian para pemain dari seluruh dunia, bakal menjelajahi lingkungan di sekeliling kalian tinggal, menemukan dan menangkap Pokémon liar yang bersembunyi dari mata kita, hanya bisa dipantau melalui layar smartphone. Beberapa Pokémon liar muncul hanya di lingkungan asli mereka, misalnya, Pokémon tipe Water hanya muncul di dekat danau atau laut. Saat kalian mendekati habitat asli mereka, maka smartphone bakal bergetar, untuk memberikan notifikasi jika ada Pokémon yang berada di dekatnya. Begitu mereka menjumpai Pokémon, kalian bisa menangkapnya menggunakan layar sentuh smartphone, dengan cara melemparkan Poke Ball. Poke Ball dan item spesial lainnya bisa dibeli melalui PokeStops yang tersebar di beberapa tempat umum dalam game.

    Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

    [read_more id="245061"][clearboth]

    Seiring kalian melanjutkan perjalanan memainkan Pokémon GO, level Trainer mereka meningkat, dan itu menjadi syarat untuk menangkap Pokémon yang lebih kuat, serta mendapatkan akses ke lebih banyak item lainnya. Beberapa Pokémon juga bisa dievolusikan seandainya ada spesies yang sama kalian tangkap pada lokasi yang berbeda. Pokémon Egg, yang bisa ditemukan di PokeStop, bisa digunakan untuk menetaskan Pokémon seandainya kalian berjalan dan mencapai jarak tertentu. Kalian juga bisa juga memamerkan pada teman achievement berupa medal yang didapatkan dengan menyelesaikan beragam challenge.

    Lanjut ke halaman 3...

    Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

    [read_more id="239219"][clearboth]

    Selama gameplay, kalian para pemain Pokémon GO juga bisa bergabung ke dalam salah satu dari ketiga tim yang ada, dan melakukan oertarungan Gym dengan tim lainnya. Setelah mereka bergabung dengan satu tim, kaliam bisa menempatkan Pokémon yang dimiliki di salah satu Gym yang kosong. Seperti PokeStop, Gym bisa ditemukan di lokasi nyata (maksudnya, disekitar tempat kalian berada saat ini). Dan karena hanya satu Pokémon yang bisa kalian tempatkan pada satu Gym tertentu, maka anggota tim juga perlu bekerjasama untuk membangun pertahanan yang kuat agar menang selama pertarungan Gym. Gym yang diklaim oleh salah satu tim, bisa ditantang oleh kedua tim lainnya untuk direbut.

    Dengan dukungan lingkungan nyata di sekeliling kalian menjadi setting petualangan Pokémon kalian ini, Pokémon GO merupakan game yang unik, dan merepresentasikan platform augmented reality dunia nyata yang selama ini dibangun Niantic Labs melalui Ingress.

    Berikut video gameplay Pokémon GO lainnya yang muncul pasca berlangsungnya field test di Jepang!

    Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

    [read_more id="227364"]

    Pokémon GO mengawali babak baru masuknya Nintendo ke bisnis game mobile. Pokémon GO juga menandai wujud pemanfaatan yang paling tepat dari salah satu fitur handheld mereka 3DS, yaitu augmented reality. Dipadukan dengan konsep permainan dari Niantic dan Google yang mengklaim sebagai game dengan setting dunia terluas, yaitu Ingress, Pokémon GO membuka peluang menjadi sumber uang bagi Nintendo dan Google. Tidak heran jika mereka berdua menseriusi pengembangannya, dan bahkan Nintendo tidak segan mengucurkan dana hingga $20 juta, atau sekitar Rp. 270 milyar melalui The Pokémon Company Group selaku pemegang hak atas franchise Pokémon, bersama Google, untuk mendukung pengembangannya.

    Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

    [read_more id="235712"]

    Proyek Pokémon GO sendiri dikembangkan oleh Niantic bekerjasama dengan The Pokémon Company dan Nintendo. Pokémon GO menjadi proyek game mobile Pokémon yang sangat ambisius, serta bisa memicu penggemar Pokémon Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

    Niantic sendiri telah membuktikan melalui Ingress, mereka memiliki potensi yang besar, berrhasil memadukan teknologi lokasi geografis dengan dukungan satelit / GPS, cerita yang dinamis karena terus berkembang seiring dengan lokasi dimana kalian memainkan game ini, dan keseluruhan konsep yang memaksa kalian untuk keluar rumah tersebut sangat bertolak belakang dengan tren virtual reality yang rentan membuat remaja menjadi makin tidak sosial karena nyaman dengan kehidupan bersama pasangan virtualnya di dalam rumah.

    Medal, Poké Ball, Gym... Ini Guide Pokémon GO yang Perlu Kalian Ketahui!

    [read_more id="221708"]

    Niantic didirikan oleh co-creator Google Earth, John Hanke sebagai studio start-up dan menjadi bagian dari Google. Game mereka, Ingress, dikenal sebagai game mobile dengan setting dunia nyata tersukses, dan untuk memainkannya memaksimalkan teknologi geografis pengunanya di tengah cerita fiksi ilmiah. Hingga saaj ini Ingress telah diunduh lebih dari 13 juta pengguna di seluruh dunia. Selama permainan, kalian bakal masuk ke lokasi tertentu dan meng-hack portal. Ada dua faction dalam game ini, Enlightened danResistance. Latar belakang ceritanya sendiri adalah karena sebuah percobaan ilmiah menjadi kacau dan mengeluarkan exotic matter (XM) di dunia, mengakibatkan terbentuknya portal di obyek – obyek dan lokaso seperti patung, museum dan ruang umum lainnya. Kedua faction kemudian berusaha menguasai portal tersebut, dan menempatkan resonator untuk menghasilkan lebih banyak tenaga. Dan ketika tiga portal saling terhubung, sebuah area khusus bakal terbentuk untuk melindungi di sekeliling portal dari “Shapers”.

    Selama memainkannya, kamu harus mengumpulkan unit XM dengan cara berjalan di dunia nyata menggunakan smartphone Android-mu. Demikian dua faction tersebut saling berkompetisi menguasai lebih banyak portal, dan untuk melakukan itu, memaksamu untuk banyak berjalan di area umum dan menemukan portal.

    Sumber

Artikel terkait

Latest