Comscore Tracker

Apa yang Dicari Investor Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Game?

Irene Umar (DNC), Kris Antoni (Toge Productions) dan Eka Pramudita (Mojiken Studio) membeberkan pengalaman mereka dalam hal investasi ini.

Apa yang Dicari Investor Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Game?

Investasi DNC ke Toge Productions menjadi salah satu highlight utama industri game Indonesia di awal 2017 ini. Bagaimana kisahnya?

Sejak akhir tahun 2016 lalu, DNC mulai menunjukkan taringnya dengan berinvestasi ke berbagai perusahaan game Indonesia. Dimulai dari Touchten, DNC terus memberikan dukungan kepada pertumbuhan industri game dalam negeri dengan menggelontorkan investasi kepada beberapa perusahaan lain seperti Toge Productions, Revival TV dan termasuk juga Duniaku.net.

[duniaku_baca_juga]

Nah, di hari terakhir Casual Connect Asia 2017 yang digelar hari Kamis, 18 Mei 2017 lalu, DNC membeberkan kisah di balik salah satu aktivitasnya tahun ini yang memberikan investasi ke Toge Productions. Irene Umar (Co-founder dan Managing Partner DNC), Kris Antoni (CEO Toge Productions) dan Eka Pramudita (Mojiken Studio) membeberkan pengalaman mereka dalam investasi ini.

Kris Antoni mengungkapkan manfaat investasi yang diberikan oleh DNC ini bukan semata-mata hanya dari segi materi saja. Akan tetapi, Kris merasakan manfaat lainnya seperti mendapatkan jaringan baru di beberapa negara lain, serta gambaran mengenai bagaimana kondisi pasar Cina yang besar, tapi cukup sulit ditembus oleh developer dari Indonesia. Harapannya, dengan pengetahuan-pengetahuan baru ini bisa mempercepat pertumbuhan Toge Productions yang baru-baru ini mulai merambah ke Apa yang Dicari Investor Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Game?

Sedangkan Irene Umar sendiri mengungkapkan bagaimana pengalamannya saat "membujuk" Kris untuk berkolaborasi. Irene mengungkapkan kuncinya adalah di komunikasi, sama-sama terbuka untuk menyampaikan pendapat satu dengan yang lainnya. Irene juga menyebutkan dengan komunikasi yang baik ini, diskusi yang terjadi antara dirinya dengan Kris menjadi lebih menyenangkan dan juga Irene bisa tahu lebih banyak mengenai kondisi internal di perusahaan tanpa harus ditutup-tutupi.

Karena menurut Irene, investor sejatinya berinvestasi untuk perusahaan, bukan ke game ataupun produk yang dihasilkan.

Sedangkan Eka sendiri mengungkapkan pengalamannya saat Apa yang Dicari Investor Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Game?

[duniaku_adsense]

Eka juga setuju bahwa kolaborasi ini sangat penting untuk Mojiken Studio yang sebagian besarnya berprofesi sebagai artist. Selain itu, investasi yang diberikan oleh Toge ini juga membantu mereka untuk menyelesaikan proyek-proyek yang saat ini tengah dikembangkan, termasuk She and the Light Bearer yang menyabet satu gelar di Indie Prize Asia 2017 kemarin.

[read_more id="312656"]

Di akhir sesi, Irene menyampaikan alasan lain di balik investasinya ke Toge. Irene dan Kris sama-sama memiliki visi dan misi untuk memajukan ekosistem industri game Indonesia maju. Selain itu, Irene juga percaya bahwa Toge bisa menjadi pemain utama yang mendukung pertumbuhan ekosistem industri game Indonesia tersebut.

Selain itu, Irene juga menyampaikan rencana DNC ke depan untuk industri game Indonesia. Rencananya, DNC akan menggelar program inkubator untuk mengakomodasi talenta-talenta yang ada di Indonesia agar bisa berkontribusi untuk pertumbuhan ekosistem industri game Indonesia ini. Selain itu, DNC juga berencana untuk membuat akademi untuk mencetak artist-artist baru yang siap untuk industri.

Di sisi lain, Kris mengungkapkan bahwa Toge juga berkeinginan untuk berkolaborasi dengan developer-developer game dari negara lain di Asia Tenggara. Namun untuk saat ini, bisnis publishing Toge masih difokuskan untuk membantu developer game Indonesia terlebih dahulu.

[read_more id="311997"]

Semoga ke depan bakal ada lebih banyak kolaborasi-kolaborasi seperti ini untuk memajukan industri game Indonesia ya!

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game