11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? 

Lebih kuat Wanda atau Doctor Strange?

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? 

Siapa penyihir terkuat di film Marvel? Hingga artikel ini ditulis (28/1/2022), inilah 11 sosok yang kekuatan sihirnya paling besar! Siapa saja? 

11. Frigga

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Frigga dari Thor. (Dok. Marvel Studios/Thor)

Frigga ini sejak awal dibesarkan penyihir, jadi pengalaman sihirnya memang bagus. Dia juga yang melatih Loki sihir. 

Bukan hanya sihir, Frigga ini juga jago berpedang, seperti yang ia perlihatkan dalam pertarungannya menghadapi Malekith.

Meski begitu sayang, kekuatan sihir Frigga terasa kurang diperlihatkan di film Marvel, jadi saya tidak bisa menaruh dia lebih tinggi. Padahal berhubung statusnya adalah Asgardian, dia mungkin lebih kuat dari beberapa penyihir Bumi yang saya tempatkan di daftar ini. 

Baca Juga: Siapa Beyonder di Komik Marvel? Ini Dia Sosoknya yang Sangat Kuat!

10. Wong

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Adegan Wong dari Infinity War. (Dok. Marvel Studio/Avengers: Infinity War)

Uniknya, Spider-Man: No Way Home mengungkap kalau Wong adalah Sorcerer Supreme di MCU saat itu.

Mengingat fakta itu, peran Wong untuk membicarakan Sepuluh Cincin Shang-Chi di mid-credits film Shang-Chi jadi terasa masuk akal. Karena dia Sorcerer Supreme, bukan Strange, penanggung jawab urusan seperti itu ya dia.

Wong ini memang sosok yang disiplin dan bisa diandalkan. Meski begitu, potensi sihir dan kekuatan dia secara keseluruhan terasa masih di bawah Mordo dan Strange. 

9. Mordo

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Adegan Mordo dari Doctor Strange. (Dok. Marvel Studio/Doctor Strange)

Mordo di Doctor Strange terasa sebagai salah satu penyihir yang kemampuannya paling menonjol. 

Di akhir Doctor Strange, dia juga menunjukkan kekuatan menarik untuk mencuri kemampuan sihir orang lain. Masalahnya dia menggunakan kekuatan itu untuk mencuri sihir dari orang yang bahkan bukan ancaman, seperti Jonathan Pangborn. 

Jadi penasaran Mordo akan melakukan apa di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

8. Loki (Varian L1130)

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Adegan Loki dari serial Loki. (Dok. Marvel Studio/Loki)

Loki varian L1130 adalah varian yang jadi tokoh utama seri Loki.

Dia ini pada dasarnya adalah Loki dari era Avengers (2012) yang mengalami nasib berbeda. 

Beda dengan Loki utama, Loki varian L1130 masih hidup statusnya saat ini. Jadi meski untuk saat ini kemampuan ilusi Loki masih kalah dari varian Classic Loki, dia mungkin masih bisa berkembang lebih jauh lagi. 

Bahkan saya rasa, dia bisa saja terinspirasi dari aksi Classic Loki dan melakukan sihir yang lebih fantastis di season 2 seri Loki

Dia juga seharusnya masih memegang pedang pemberian Kid Loki, Laevateinn, yang membuat dia lebih bisa jaga diri dalam duel. 

7. Kaecillius

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Adegan Kaecillius di Doctor Strange. (Dok. Marvel Studios/Doctor Strange)

Sejak sebelum dia memperoleh kekuatan dari Dormammu, Kaecillius sudah dianggap sebagai penyihir hebat.

Lalu dia memperoleh kekuatan dari Dormammu, dan dia pun menjadi penyihir yang bahkan bisa bertarung menghadapi Ancient One. 

6. Agatha Harkness

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Agatha Harkness di episode 6 WandaVision. (Dok. Marvel Studio/WandaVision)

Agatha Harkness menjadi musuh yang menarik untuk Wanda Maximoff di WandaVision.

Sementara Wanda itu punya potensi sangat besar tapi tidak memperoleh pelatihan penyihir, Agatha Harkness ini adalah sosok yang sudah memahami betul trik-trik dan ilmu-ilmu sihir. 

Sayang bagi Agatha, itu pada akhirnya tidak cukup untuk mengalahkan Wanda. 

5. Classic Loki

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Richard E. Grant sebagai Classic Loki. (Dok. Marvel Studio/Loki)

Seluruh Loki memiliki kemampuan sihir yang menarik. Tapi Classic Loki menunjukkan level sihir ilusi yang bahkan tampaknya belum bisa dilakukan Loki (varian L1130) dan Sylvie: membuat replika sempurna Asgard untuk menarik perhatian Alioth.

Loki ini juga mengaku bisa menipu Thanos dengan begitu sempurna. Karenanya dia bisa hidup sampai usia tua.

Di kejadian yang mirip dengan situasi di awal film Infinity War, dia dapat menyamar menjadi puing-puing, sementara Thanos hanya membunuh versi ilusi dirinya. 

4. Ancient One

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Ancient One di Doctor Strange. (Dok. Marvel Studios/Doctor Strange)

Sebelum Wanda dan Stephen Strange menjadi penyihir kuat, Ancient One terasa sebagai penyihir paling kuat dan berpengalaman di film Marvel.

Dari segi pengalaman, ia bahkan mungkin masih lebih unggul dari Strange hingga akhir hayatnya, gara-gara usia Ancient One ini diperkirakan sudah 700 tahun. Meski begitu, Strange dengan kreativitiasnya bisa saja berkembang melampaui mentornya ini. 

3. Doctor Strange

Stephen Strange adalah salah satu penyihir terkuat di film Marvel. Dia tahu banyak sihir yang luar biasa, dan tidak ragu untuk menggunakannya.

Dibanding Ancient One, Strange ini kadang terasa lebih kreatif. Dia juga punya potensi berkembang jadi lebih kuat. 

Untuk saat ini, yang jadi masalah bagi Strange adalah setelah Infinity War ia kehilangan Time Stone. Tanpa itu, ia jadi tidak bisa menggunakan trik membalik waktu seperti yang dilakukannya saat melawan Dormmamu. Atau yang bisa dilakukan oleh Strange Supreme, versi dirinya dari realita lain. 

Kita lihat apa nanti di Doctor Strange in the Multiverse of Madness ia akan jadi lebih kuat atau lebih lemah! 

2. Wanda Maximoff

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Wanda Maximoff di WandaVision. (Dok. Marvel Studios/WandaVision)

Wanda Maximoff sudah terasa sebagai salah satu penyihir terkuat di dunia sejak sebelum WandaVision. Terutama saat di Endgame dia bisa mendesak Thanos sendirian saja. 

Lalu di WandaVision, kekuatan Scarlet Witch Wanda tampak bangkit sepenuhnya dan dia terlihat lebih memahami sihir. 

Wanda pun menjadi salah satu penyihir terkuat di film Marvel. Bahkan, saya rasa kalau kita hanya menghitung versi live-action saja (bukan termasuk What If?) maka dia ini penyihir terkuat.

1. Strange Supreme

11 Penyihir Terkuat di Film Marvel! Siapa Saja Nih? Strange Supreme, yang luar biasa kuat. (Dok. Marvel Studios/What If?)

Strange Supreme terasa sebagai versi Doctor Strange yang paling kuat. Ini adalah Doctor Strange yang telah menyerap berbagai makhluk mistis untuk menyelamatkan Christine Palmer.

Bahkan dia bagi saya lebih terasa seperti monster sekarang, bukan manusia. 

Saat Guardians of the Multiverse harus melawan Ultron, Strange Supreme jadi MVP. Salah satu aksinya yang paling berkesan adalah memberikan sihir perlindungan pada seluruh anggota Guardians, hingga mereka bisa bertahan dari serangan Ultron. 

Lalu ada juga momen dimana Ultron mencoba memusnahkan galaksi tempatnya bertarung, dan Strange Supreme memundurkan waktu dan menelan ledakan itu. 

Selain itu, Strange Supreme juga masih punya Time Stone. Dia masih bisa memanipulasi waktu untuk membantunya.

Nah itu 11 penyihir terkuat di film Marvel saat ini. Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: 4 Anggota Avengers yang Mati di Film Marvel Sejauh Ini 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU