Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

Sebelum bermain, baca dulu tips Tales of the Rays berikut ini. Saya jamin, petualangan Ix dan Mileena akan semakin mudah kamu selesaiakan!

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

Sebelum bermain, baca dulu tips Tales of the Rays berikut ini. Saya jamin, petualangan Ix dan Mileena akan semakin mudah kamu selesaiakan!

[read_more id="319650"]

Kali ini saya akan membahas tips Tales of the Rays, salah satu game mobile baru dari Bandai Namco Games. Menariknya game ini masih menerapkan ciri khas dunia Tales yang saling terkait satu sama lain. Yap, meskipun memiliki cerita orisinal, game ini memiliki hubungan dengan seri Tales lainnya. Banyak karakter, mulai dari Cress Albane (Tales of Phantasia) hingga Velvet Crowe (Tales of Berseria) akan muncul untuk membantu tokoh utamamu dalam beraksi.

[duniaku_baca_juga]

Sekilas mengenai Tales of the Rays,  game ini sendiri mengambil tempat pada sebuah dunia fantasi yang bernama Tir Na Nog. Dunia fantasi ini penuh dengan kekuatan dan energi mistik yang membuat seseorang mampu menggunakan kemampuan tempur yang kuat. Salah satunya adalah munculnya sebuah kristal energi yang bernama Chiral Particle. Energi tersebut mampu memperkuat senjata dan juga Mirrage, sehingga mereka mampu membunuh monster sekuat apapun itu.

Dalam cerita utamanya, desa tempat tinggal sang tokoh utama Ix dan Mileena hancur karena hujan meteor. Kini ancaman baru mendatangi Tir Na Nog, seseorang ingin membangkitkan senjata terkuat untuk menghancurkan dan menguasai dunia tersebut. Perang antar pengguna Mirrage pun terjadi! Mampu kah Ix dan Mileena melindungi tanah kelahirannya itu?

Nah setelah membahas latar belakang ceritanya, kini saya akan masuk pada tips Tales of the Rays untuk pemula. Meskipun memiliki gameplay yang mirip dengan seri utamanya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk bisa sukses di misi susah lainnya. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memainkan game:

Selesaikan Story Mode dalam Mode Normal

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

Tips Tales of the Rays yang pertama adalah menyelesaikan Story Mode hingga akhir. Untuk menyelesaikan sebuah misi, kamu memerlukan AP (Action Point), sebutan untuk Energy di game ini. Saat kamu main di awal, kamu hanya memiliki 45 AP. Jika AP yang kamu miliki habis, kamu tidak bisa memasuki dungeon manapun.

Menariknya setiap kamu melakukan perjalanan dan mendapatkan event di Story Mode, kamu akan mendapatkan AP Orb. Ketika kamu berhasil mengumpulkan 3 Orb, AP kamu akan mendapatkan 1 poin maksimal AP dan juga AP ekstra sejumlah maksimal AP yang baru (terakumulasi dengan AP sebelumnya). Jadi kamu bisa melanjutkan Story Mode atau memasuki dungeon khusus lainnya.

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

Ketika kamu memulai sebuah chapter baru di Story Mode, kamu juga akan mendapatkan karakter baru. Tentu saja mereka bisa kamu pakai untuk melengkapi karaktermu dalam menjelajah dungeon. Ketika kamu berhasil menyelesaikan chapter tersebut, kamu juga akan mendapatkan Mirage khusus untuk mereka, jadi mereka bisa menggunakan kemampuan ultimate mereka bernama Mirrage Arte!

Upgrade Senjata Mutlak untuk Memperkuat Karakter

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

Tips Tales of the Rays berikutnya adalah cara terbaik untuk memperkuat karakter. Bagi kebanyakan pemain, meningkatkan level merupakan jalan untuk memperkuat suatu karakter di sebuah RPG. Namun hal itu tidak begitu berlaku di game ini. Meningkatkan level hanya memberikan perubahan signifikan pada HP. Sedangkan kekuatan serangan fisik dan Arte lebih dipengaruhi oleh equipment yang mereka pakai.

Game ini haya menerapkan sistem senjata sebagai equipment utama. Ada empat grade senjata yang bisa kamu dapatkan. Senjata dengan grade tiga bintang keatas akan memberikan tambahan Arte baru untuk karakter yang sesuai. Namun mereka juga bisa digunakan untuk karakter lain, hanya saja kamu tidak dapat menggunakan Arte mereka (hanya menambah serangan fisik dan serangan Arte saja). Setiap senjata juga menambah CC, poin yang diperlukan untuk menggunakan Arte.


Selama permainan, kamu bisa mendapatkan banyak Chiral Crystal. Kamu bisa menggunakannya untuk meningkatkan level senjatamu. Setiap senjata memiliki tipe berbeda. Penggunaan Chiral dengan tipe yang sesuai akan meningkatkan EXP yang dibutuhkan untuk naik level lebih cepat.

Selesaikan Dungeon Yaw Bige Labyrint yang Kamu Butuhkan

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

[duniaku_baca_juga]

Tips Tales of the Rays berikutnya adalah memanfaatkan dungeon Yaw Bige Labyrinth untuk mendapatkan semua kebutuhanmu. Totalnya ada empat labirin yang bisa kamu selesaikan, masing-masing dari mereka memiliki berbagai hadiah menarik. Bahkan hadiah yang bisa kamu dapatkan dari menyelesaikan misi ini jauh lebih tinggi dibanding hadiah yang kamu dapatkan di Story Mode. Berikut ini keempat jenis Yaw Bige Labyrint yang disediakan di game ini:

Mirrist Training: Dungeon ini berisi banyak monster yang memiliki EXP tinggi. Cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan level karakter baru atau karakter level menengah lainnya. Level berguna untuk meningkatkan status karaktermu.

Golden Chamber: Sesuai dengan namanya, dungeon berisi banyak monster yang akan memberikan hadiah berupa Gald yang jumlahnya banyak setiap kali kamu berhasil mengalahkan mereka. Gald sangat berguna untuk membaya upgrade Weapon, Mirage, dan sebagainya.

Anima Orb Hunt: Untuk melakukan Enhance suatu Arte, kamu memerlukan Arte Material yang sesuai. Kamu bisa mendapatkannya dengan menukarkan Friend Point. Namun melalui dungeon ini, kamu bisa mendapatkan Art Material secara cepat!

Chiral Crystal Collect: Chiral Crystal merupakan item penting yang bisa kamu gunanakan untuk meningkatkan level Weapon. Semakin tinggi level suatu senjata, maka akan memberikan tambahan serangan fisik dan Arte yang lebih tinggi lagi. Oh ya, kamu juga bisa mendapatkan Chiral Crystal Super yang bisa kamu gunakan juga untuk meningkatkan Mirrage.

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

[duniaku_adsense]

Setiap Yaw Bige Labyrint memiliki empat tingkatan berbeda. Semakin tinggi tingkatan suatu dungeon, maka kamu memerlukan AP lebih tinggi. Musuh yang akan kamu hadapi pun juga akan semakin kuat, jadi kamu perlu mempersiapkan karaktermu lebih lagi. Jika semua karaktermu tewas dalam sebuah dungeon, maka AP yang kamu gunakan akan hilang dan item serta EXP yang kamu kumpulkan akan hilang. Jadi persiapkan dirimu sebelum memasuki dungeon terkait.

Jangan perhatikan Power Level yang dibutuhkan suatu Quest

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

Sebelum mengerjakan suatu Quest baik di Story Mode maupun di Yaw Bige Labyrint, kamu akan melihat angka Power Level Requirement untuk memasuki dungeon itu. Jika kamu memiliki Power Level yang sesuai, kamu bisa menyelesaikan misi itu dengan mudah. Namun kamu yang memiliki Power Level jauh di bawah rekomendasi pun bisa menyelesaikan misi itu kok.

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

Tentu saja kamu harus memperhatikan tips Tales of the Rays dari saya terlebih dahulu untuk bisa menyelesaikan dungeon yang jauh lebih kuat itu. Oke langsung masuk saja pada rahasianya:

  • Follow karakter yang memiliki Power Level jauh lebih kuat. Mereka akan menyumbang satu serangan Mirrage Arte kepada musuh. Simpan kemampuan ini untuk menghabisi Boss.
  • Gunakan karakter dengan skill ofensif yang mendukung. Ix merupakan salah satu karakter yang sangat kuat dalam pertarungan jarak dekat. Ia juga memiliki banyak serangan cepat dan mampu membingungkan lawannya.

Tips Tales of the Rays Untuk Pemula, Persiapkan Hero dan Senjatamu!

  • Ikut sertakan Mileena dengan kemampuan First Aid dan Mirrage pertamanya. Ia merupakan healer terbaik di game ini. Ubah strategi bertarungnya dalam mode bertahan, ia akan selalu melakukan heal pada kawan yang memiliki 75% HP atau kurang.
  • Untuk melawan Boss yang lebih kuat, gunakan strategi hit and run. Serangan mereka sangat kuat, tetapi dengan adanya First Aid dari Mileena, kamu akan selamat.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

Latest