Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Bagi kamu yang sudah mencapai TH 9, kamu bisa mencoba kombo serangan baru yang lebih mematikan yaitu menggunakan kombo Lavaloon.

Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Bagi kamu yang sudah mencapai TH 9, kamu bisa mencoba kombo serangan baru yang lebih mematikan yaitu menggunakan kombo Lavaloon, untuk menghancur leburkan markas Clash of Clans musuhmu!

[read_more id="274116"]

Bertambahnya level Town Hall di Clash of Clans akan mempengaruhi bangunan lain termasuk Barrack yang membuka prajurit baru. Semakin tinggi TH yang kamu miliki, maka semakin beragam prajurit yang bisa kamu pakai untuk bertempur. Bagi kamu yang sudah memasuki TH 9, kini kombo seranganmu pun akan semakin beragam, karena kamu akan membuka prajurit Lava Hound (Dark Barrack level 6) yang bisa digunakan untuk melancarkan kombo Lavaloon (Lava Hound dan Balloon).

Jika GoVaHo fokus pada serangan darat yang cepat, maka kombo Lavaloon ini terfokus pada serangan udara yang melumpuhkan pertahanan udara mereka (fokus utamanya air defense)! Jadi Lava Hound dan Balloon yang kamu miliki bisa bebas berakti tanpa bahaya dari Air Defense.

Cara Kerja Lavaloon

Tugas utama yang pertama adalah melumpuhkan seluruh Air Defense yang dimiliki musuh. Bangunan pertahanan udara tersebut sangat membahayakan Balloon, sehingga kamu perlu menghancurkannya untuk mempertahankan Balloon hingga akhir perang. Tugas utama Lava Hound adalah menjadi tanker bagi Balloon. Ia memiliki HP tinggi, dan mampu mengecoh Air Defense dengan meledak menjadi Lava Pups. Sedangkan tugas utama Balloon adalah melumpuhkan Air Defense secepatnya sebelum Lava Hound mati. Setelah semua Air Defense lumpuh, viola, tinggal melihat bagaimana markas musuhmu rata dengan tanah!

Kelebihan Lavaloon

  • Sangat mudah untuk digunakan, tidak memerlukan langkah-langkah yang banyak.
  • Tak perlu lama untuk scouting dan menentukan arah serangan (karena tujuan utamanya hanya Air Defense).

Kekurangan Lavaloon

  • Biaya meningkatkan level Lava Hound mahal dan cukup lama, jika kamu berada di awal TH 9.
  • Memerlukan Hero level tinggi

Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Persiapan Lavaloon

Kombo Lavaloon tentu saja kamu perlu Lava Hound dan Balloon yang sudah memiliki level maksimal. Biasanya di TH 9, membawa 2 Lava Hound saja sudah cukup. Sedangkan di TH 10 dan 11, memerlukan 4 Lava Hound. Setelah itu kamu isi semua prajurit dengan Balloon. Bagi kamu yang ingin menggunakan Minion sebagai back-up juga bisa, karena mereka sama-sama unit udara.  Kamu juga memerlukan beberapa spell dan Hero level tinggi, untuk mendukung kemenangan mereka. Oh ya, kamu juga bisa membawa beberapa Healer untuk melakukan strategi Queen Walk, sangat cocok untuk melumpuhkan Air Defense musuh yang terbuka.

Untuk Spell, kamu bisa memilih komposisi berikut:

  • 2 Lightning Spell + 1 Earth Quake Spell (melumpuhkan 1 Air Defense) + Haste Spell
  • 3 Rage Spell + 1 Freeze Spell
  • 1 Rage Spell + 1 Freeze Spell + 1 Clone Spell

Simak tips lanjutannya di halaman berikut!

Cara Penggunaan

Ada lima langkah penting yang bisa kamu perhatikan untuk menggunakan kombo Lavaloon ini. Masing-masing dari langkah tersebut akan menentukan kemenanganmu. Meskipun ada lima langkah, kombo Lavaloon ini sangat mudah kamu gunakan kok. Berikut langkah yang harus kamu perhatikan:

[page_break no="1" title="Cari celah Air Defense"]

Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Cara pertama yang harus kamu perhatikan dalam penyerangan menggunakan kombo Lavaloon adalah "scouting." Sangat mudah menentukan arah penyerangan, karena tujuanmu adalah Air Defense. Perhatikan dimana dan level berapa Air Defense mereka terlebih dahulu. Juga perhatikan apakah arah Air Sweeper mereka mengancam unit udaramu atau tidak.

Kamu bisa melumpuhkan Air Sweeper yang berdekatan dengan Air Defense menggunakan Spell atau kamu bisa menyerangnya dari arah belakang. Kamu juga perlu memperhatikan apakah X-Bow musuh tersebut dalam mode menyerang udara atau tidak. Jika iya, kamu perlu memperhatikan seranganmu juga. Langkah pertama ini menjadi kunci strategimu berikutnya. Jika kamu sudah mantap untuk menyerang, lakukan langkah berikutnya.

[page_break no="2" title="Optional: Gunakan Queen Walk"]

Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Bagi kamu yang berada di TH 10 dan 11 dimana pertahanan musuh semakin solid, kamu bisa melumpuhkan Air Sweeper dan Air Defense menggunakan strategi Queen Walk. Hampir sama dengan sebelumnya, strategi ini mengirim Archer Queen dari sudut sambil didukung beberapa Healer di belakang. Jadi ia akan aman dari serangan pertahanan musuh. Karena Archer Queen memiliki basis serangan tinggi, kamu bisa menghancurkan Air Defense musuh dengan mudah.

[page_break no="3" title="Kirim Lava Hound!"]

Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Air Defense selalu berada di lini pertahanan belakang (lapis dua atau tiga), untuk itu kamu harus mengirim Lava Hound untuk melumpuhkannya terlebih dulu. Satu Air Defense memerlukan dua Lava Hound, agar efektif untuk menghancurkannya. Ingat, jangan pernah sekali-kali kamu menyerang satu arah dan berdekatan, karena hal itu akan membuat dua Lava Hound yang kamu miliki cepat dilumpuhkan bersama. Cara yang paling baik adalah menyerang dari dua sisi, kanan dan kiri dari Air Defense.

[page_break no="4" title="Kerahkan seluruh prajurit dan spell"]

Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Saat Air Defense sibuk menyerang Lava Hound, saatnya kamu beraksi menggunakan Balloon untuk melumpuhkan Air Defense yang ada. Balloon akan menghabisi banyak bangunan diluar terlebih dahulu sebelum bisa menyentuh Air Defense dibelakang. Balloon sangat lambat sehingga kamu memerlukan Haste Spell atau Rage Spell untuk mendukungnya bergerak.

Oh ya, perlu kamu perhatikan, untuk menyerang menggunakan Balloon, pastikan kamu menyerang segaris lurus dengan bangunan musuh. Jika kamu menyerang dari ujung, maka semua Balloon-mu akan mengumpul dan mudah ditaklukan. Jika kamu menggunakan Minion, summon mereka di belakang Balloon.

Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Jika kamu memiliki kombo Spell 2 Lightning Spell + 1 Earth Quake Spell, gunakan untuk melumpuhkan satu Air Defense lain yang belum tersentuh Lava Hound. Jika semua Air Defense sudah lumpuh, kini musuh utamamu hanya Inferno Tower (TH 10 keatas),X-Bow,Wizard Tower, dan Hidden Tesla. Dua Hero yang kamu miliki akan sangat membantumu dalam menghabisi sisa tower yang ada.

Strategi Clash of Clans TH 9: Leburkan Markas Musuh dengan Kombo Lavaloon!

Kamu juga bisa menggunakan Freeze Spell untuk membantumu dalam melumpuhkan Inferno Tower. Kombo Rage Spell dan Freeze Spell untuk menyerang TH 10 dan TH 11 ini sangat membantumu!

[page_break no="5" title="Pembersihan"]

Jika kamu masih menyimpan prajurit dari Clan Castle, pakai saja jika keadaannya memungkinkanmu untuk mendapatkan 3 bintang. Sisa prajuritmu dalam bertempur pun sebenarnya sudah membantumu dalam mendapatkan 3 bintang. Tinggal tunggu saja, satu per satu bangunan musuh diratakan.

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU