Akhirnya, Download Pokémon GO Tersedia! Baca Dulu Guide Awalnya Berikut Ini!

Pokémon GO, game hape yang paling ditunggu ini akhirnya dirilis juga untuk Android dan iPhone! Sebelum memainkannya, baca dulu penjelasan sistem dasarnya berikut ini biar kalian tidak bingung!

Akhirnya, Download Pokémon GO Tersedia! Baca Dulu Guide Awalnya Berikut Ini!

Akhirnya, Download Pokémon GO Tersedia! Baca Dulu Guide Awalnya Berikut Ini!

[read_more id="246473"]

Saat ini walaupun belum jelas kapan Pokémon GO bakal dirilis (kabarnya sih pertengahan atau kuartal ketiga tahun ini), namun Niantic Labs sudah menjalankan field test-nya, yang hanya dijalankan di Jepang mulai akhir Maret 2016 ini. Field test bertujuan untuk menguji seperti apa kinerja game ini, dan hanya bisa dimainkan oleh gadget mobile dengan versi OS minimal Android 4.3 serta iOS minimal iPhone 5. Itu bisa disimpulkan juga kebutuhan sistem smartphone kalian untuk memainkannya. Selain itu, Gmail atau akun Google pun juga dibutuhkan lho untuk verifikasi dan download Pokémon GO ini. Wajar, secara Google juga berada di balik pengembangan game download Pokémon GO.

Khusus pengguna Android, kalian sudah bisa mengunduh Pokémon GO APK-nya melalui Akhirnya, Download Pokémon GO Tersedia! Baca Dulu Guide Awalnya Berikut Ini!

[read_more id="245061"][clearboth]

Selain itu, selama Gaming Panel dalam event tahunan South by Southwest (SXSW) yang digelar 11-20 Maret 2016 kemarin, Nintendo juga mendemokan game ini. Event yang berlangsung di Austin, Texas, Amerika Serikat tersebut menjadi saksi pertama gameplay Pokémon GO video didemokan kepada publik, meskipun hanya terbatas saja yang bisa menyaksikkannya. Namun tentu saja, kita tidak perlu susah-susah datang ke Texas, berikit video rekaman yang memperlihatkan ketika Pokémon GO video didemokan selama Gaming Panel SXSW.

Akhirnya, Download Pokémon GO Tersedia! Baca Dulu Guide Awalnya Berikut Ini!

[read_more id="244798"]

Nintendo sendiri melalui The Pokémon Company, telah membeberkan seperti apa gameplay Pokémon GO ini. Kalian para pemain dari seluruh dunia, bakal menjelajahi lingkungan di sekeliling kalian tinggal, menemukan dan menangkap Pokémon liar yang bersembunyi dari mata kita, hanya bisa dipantau melalui layar smartphone. Beberapa Pokémon liar muncul hanya di lingkungan asli mereka, misalnya, Pokémon tipe Water hanya muncul di dekat danau atau laut. Saat kalian mendekati habitat asli mereka, maka smartphone bakal bergetar, untuk memberikan notifikasi jika ada Pokémon yang berada di dekatnya. Begitu mereka menjumpai Pokémon, kalian bisa menangkapnya menggunakan layar sentuh smartphone, dengan cara melemparkan Poke Ball. Poke Ball dan item spesial lainnya bisa dibeli melalui PokeStops yang tersebar di beberapa tempat umum dalam game.

Seiring kalian melanjutkan perjalanan memainkan Pokémon GO, level Trainer mereka meningkat, dan itu menjadi syarat untuk menangkap Pokémon yang lebih kuat, serta mendapatkan akses ke lebih banyak item lainnya. Beberapa Pokémon juga bisa dievolusikan seandainya ada spesies yang sama kalian tangkap pada lokasi yang berbeda. Pokémon Egg, yang bisa ditemukan di PokeStop, bisa digunakan untuk menetaskan Pokémon seandainya kalian berjalan dan mencapai jarak tertentu. Kalian juga bisa juga memamerkan pada teman achievement berupa medal yang didapatkan dengan menyelesaikan beragam challenge.

Akhirnya, Download Pokémon GO Tersedia! Baca Dulu Guide Awalnya Berikut Ini!

Selama gameplay, kalian para pemain Pokémon GO juga bisa bergabung ke dalam salah satu dari ketiga tim yang ada, dan melakukan oertarungan Gym dengan tim lainnya. Setelah mereka bergabung dengan satu tim, kaliam bisa menempatkan Pokémon yang dimiliki di salah satu Gym yang kosong. Seperti PokeStop, Gym bisa ditemukan di lokasi nyata (maksudnya, disekitar tempat kalian berada saat ini). Dan karena hanya satu Pokémon yang bisa kalian tempatkan pada satu Gym tertentu, maka anggota tim juga perlu bekerjasama untuk membangun pertahanan yang kuat agar menang selama pertarungan Gym. Gym yang diklaim oleh salah satu tim, bisa ditantang oleh kedua tim lainnya untuk direbut.

Dengan dukungan lingkungan nyata di sekeliling kalian menjadi setting petualangan Pokémon kalian ini, Pokémon GO merupakan game yang unik, dan merepresentasikan platform augmented reality dunia nyata yang selama ini dibangun Niantic Labs melalui Ingress.

Berikut video gameplay Pokémon GO lainnya yang muncul pasca berlangsungnya field test di Jepang!

Lanjut ke halaman 2...

Akhirnya, Download Pokémon GO Tersedia! Baca Dulu Guide Awalnya Berikut Ini!

[read_more id="227364"]

Pokémon GO mengawali babak baru masuknya Nintendo ke bisnis game mobile. Pokémon GO juga menandai wujud pemanfaatan yang paling tepat dari salah satu fitur handheld mereka 3DS, yaitu augmented reality. Dipadukan dengan konsep permainan dari Niantic dan Google yang mengklaim sebagai game dengan setting dunia terluas, yaitu Ingress, Pokémon GO membuka peluang menjadi sumber uang bagi Nintendo dan Google. Tidak heran jika mereka berdua menseriusi pengembangannya, dan bahkan Nintendo tidak segan mengucurkan dana hingga $20 juta, atau sekitar Rp. 270 milyar melalui The Pokémon Company Group selaku pemegang hak atas franchise Pokémon, bersama Google, untuk mendukung pengembangannya.

Akhirnya, Download Pokémon GO Tersedia! Baca Dulu Guide Awalnya Berikut Ini!

Proyek Pokémon GO sendiri dikembangkan oleh Niantic bekerjasama dengan The Pokémon Company dan Nintendo. Pokémon GO menjadi proyek game mobile Pokémon yang sangat ambisius, serta bisa memicu penggemar Pokémon untuk keluar dari rumah mereka, bahkan sampai menjadi alasan berkeliling dunia untuk mencari Pokémon secara augmented reality, yang memang hanya bisa didapatkan jika kalian datang dan mencarinya di lokasi tertentu. Kami sendiri menduga, bakal ada banyak Pokémon yang sangat susah mendapatkannya, ditawarkan sebagai in-app purchase sebagai bagian monetisasi dari game yang bakal eksis di Apple App Store dan Google Play Store tahun 2016 mendatang ini. Spekulasi lainnya menyebutkan, jika semua aksi yang kalian lakukan membutuhkan duit. Dan jika kalian ga mau bayar, karakter yang kalian kendalikan bakal lebih lemah dari musuh (yang dimainkan pemain lainnya, yang mau membayar tentunya). Konsep pay-to-win ini bakal menjadi kebutuhan utama selama memainkannya. Kalian perlu memasukkan duit untuk membuat karakter Pokémon tetap aktif. Misalnya, jika kalian mengirim Pokémon dalam sebuah quest, dan dia kembali, maka kalian akan diminta mengurangi waktu tunggu dengan membeli energy drink. Kecuali, kalian mau menunggu. Developer juga bisa memasukkan opsi kustomisasi seperti kostum untuk karakter.

Sumber

Artikel terkait

Latest