Apa Itu Wordle? Bukan Cuma Tebak Kata Biasa!

1 hari, 1 kata!

Apa Itu Wordle? Bukan Cuma Tebak Kata Biasa!

Worlde merupakan permainan tebak kata sederhana di browser, namun ada yang membedakannya dengan permainan biasa selain dari menjadi viral dan populer di berbagai media sosial! Apa itu Wordle? Temukan di sini!

1. Bedanya gimana, tuh?

Apa Itu Wordle? Bukan Cuma Tebak Kata Biasa!Wordle

Berbeda dengan permainan tebak kata biasa, Wordle khusus menjaga soal tebakannya menjadi satu kata per hari, dan lima huruf maksimum menjadi karakteristik permainan itu hingga saat ini!

Menariknya, game tersebut didesain menggunakan kata-kata sederhana, sehingga tingkat kesulitan kuisnya justru mudah untuk didekati pemain dari segala usia, dan tentunya kerahasiaan antar sesama pemain sangat dihargai ketika membagikan hasil!

2. Awalnya untuk sesama kerabat!

Berdasarkan New York Times, Josh Wardle, seorang software engineer di Brooklyn memiliki seorang partner yang menyukai permainan kata, sehingga ia menciptakan sebuah game tebak-tebakan yang bermula khusus untuk mereka berdua saja, yang dinamakan berdasarkan plesetan nama belakangnya!

Pada tanggal 1 November 2021 mulanya jumlah pemain hanya 90 orang, namun di bulan Januari 2022, sudah lebih dari 300.000 orang bermain game ini. Ide di balik grid hijau, kuning dan hitam emoji yang kamu dapatkan ketika membagikan hasilmu sendiri datang dari Wardle yang menyadari berbagai pemain membagikan hasil mereka secara rahasia melalui kode grid tersebut, sehingga ia membangun versi otomatisnya di kemudian hari!

Baca Juga: Ini 7 Fakta Silent Hill, Game yang Sudah Lama Tidak Kedengeran!

3. Ada versi bahasa Indonesianya!

Apa Itu Wordle? Bukan Cuma Tebak Kata Biasa!Katla

Berkat kepopuleran game ini, ada pula adaptasi berbahasa Indonesianya yang dinamai sebagai Katla, yang bisa diakses melalui situs katla.vercel.app dengan 5 kata, enam kali percobaan yang sama, namun dengan kosakata bahasa Indonesia!

Tujuan versi paralel inipun sama, namun yang membuatnya menarik adalah tingkat kesulitannya yang lebih tinggi dengan memanfaatkan setiap 5 kata yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daripada kata-kata bahasa Indonesia yang sederhana!

Apa opinimu sendiri tentang apa itu Wordle? Sampaikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: 7 Fakta Tekken 7, Game "Penghabisan" Saga Mishima!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU