Tamagotchi: Sejarah dan Perkembangannya, Sudah Tahu Belum?

Yuk, mari bernostalgia!

Tamagotchi: Sejarah dan Perkembangannya, Sudah Tahu Belum?

Sebelum kepopuleran game konsol atau playstation, generasi anak 90-an pasti sudah tidak asing dengan mainan Tamagotchi. Pemain akan merawat binatang bernama Tamagotchi muncul di dalam layar secara digital.

Mainan yang dirilis di Jepang pada tahun 1996 ini sangat mendunia dan memiliki banyak peminat. Ingin mengenal lebih jauh mengenai Tamagotchi dan cara memainkannya? Simak penjelasan berikut.

1. Apa itu Tamagotchi?

Tamagotchi merupakan mainan yang diproduksi oleh Bandai Namco pada tahun 1996. Mainan ini merupakan ide dari Akihiro Yoki dan programer Aki Maita.

Pemain akan memelihara Tamagotchi, yakni hewan virtual, dengan memberinya makan, membersihkan ruangannya, dan bermain dengan Tamagotchi agar ia tidak mati.

Memiliki bentuk seperti telur, Tamagotchi berasal dari Bahasa Jepang yaitu Tamago yang berarti telur, dan -tch dari Bahasa Inggris watch atau jam yang ditambahkan huruf i dalam pengucapan bahasa Jepangnya.

2. Cara bermain Tamagotchi

Saat pertama kali menyalakan Tamagotchi, kamu akan melihat sebutir telur yang menetas. Telur tersebut akan berubah menjadi hewan peliharaan. Kamu, sebagai pemain, harus merawat hewan tersebut agar tetap hidup.

Pemain bertugas untuk memberinya makan, menuntunnya untuk buang air atau merawatnya saat sakit. Jika kamu berhasil, hewan tersebut akan tumbuh dewasa.

Namun, permainan Tamagotchi tidak menyediakan fitur pause, sehingga dapat mati jika kamu biarkan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Apa itu RP? Cara Bermain dan Dampaknya

3. Sejarah Tamagotchi

Tamagotchi pertama kali dirilis pada tahun 1996 di Jepang. Mainan ini sangat mendunia, hinggal dirilis untuk global pada tahun 1997.

Berkat kepopulerannya, mainan Tamagotchi berhasil dijual 79 juta unit ke seluruh dunia hingga tahun 2010. Namun, seiring hadirnya PlayStation dan game online, kepopuleran Tamagotchi mulai meredup.

4. Perkembangan Tamagotchi hingga saat ini

Meski kepopuleran Tamagotchi digeser oleh permainan lainnya di berbagai platform. Permainan Tamagotchi kini dapat kamu mainkan dalam smartphone kesayanganmu di iOS atau Android.

Caranya cukup mudah, cukup instal aplikasi Tamagotchi Classic dan kamu bisa langsung memainkannya. Game ini memiliki tampilan yang cukup mirip dengan format Tamagotchi aslinya.

Nah, itu dia sejarah dan perkembangan Tamagotchi yang sangat populer pada tahun 90-an. Apakah kamu pernah memainkannya?

Baca Juga: Apa itu Biji Saga dalam Film Pengabdi Setan?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU