Detail Battle System Atelier Shallie: Alchemists of the Dusk Sea
Atelier Shallie: Alchemists of the Dusk Sea dirilis di Jepang 17 Juli besok. Sebelum dirilis, seri Atelier ke-16 ini mendapatkan trailer terbarunya, yang menunjukkan banyak fitur-fitur barunya.
Atelier Shallie: Alchemists of the Dusk Sea merupakan seri terbaru Atelier yang akan dirilis di Jepang 17 Juli besok. Game RPG ini dikembangkan oleh Gust Co. Ltd. eksklusif untuk PlayStation 3. Sebagai bagian seri Atelier, Alchemists of the Dusk Sea merupakan seri ketiga di tengah skenario cerita Dusk, sekaligus menjadi game Atelier ke-16. Sebelum game ini dirilis, developer merilis trailer terbarunya, yang bisa kalian lihat di bawah:
[youtube id="T4nMdxa9ZKs"]
Jalan cerita game ini mengambil setting sekitar 10 tahun pasca permulaan event Atelier Ayesha: The Alchemist of Dusk, dan 6 tahun setelah awal event Atelier Escha & Logy: Alchemists of the Dusk Sky. Seiring persediaan air di sebuah oasis mengering, tanaman layu dan hewan-hewan pun menjadi kepalaran. Melihat keadaan tersebut dua ahli alkimia dengan dua metode berbeda untuk menyelamatkan kehidupan. Karena itulah, keseluruhan dalam game ini kalian akan melihatnya dari sudut pandang dua protagonis.
Sementara Shallistera bertujuan untuk menyelamatkan desanya dari kematian, Shallotte Elminus menjalani hidupnya dengan tujuan menjadi alchemist yang handal. Karena itulah kalian akan melihat perjalanan game ini dengan dua sudut pandang. Cerita Shallistera akan mengungkap kebenaran dan misteri yang selama ini menyelimuti keseluruhan cerita Dusk, sedangkan Shallotte terfokus pada aktivitas kesehariannya di dunia. Namun setelah keduanya bertemu, Shallistera dan Shallotte akan bekerjasama dalam mencapai tujuan, dan persahabatan keduanya menjadi satu elemen cerita dimana game ini terfokus.
Sebagian besar fitur gameplay game ini sudah kami ulas sebelumnya. Seperti bagaimana kalian bebas memilih antara dua karakter, mereka memiliki layar belakang cerita dan petualangan yang berbeda, namun progress permainnya tetap sama. Developer juga membuat field map-nya mejadi luas, dan di sana ditemui lebih banyak dipanen variasi item atau raw material untuk digabungkan. Setiap karakter memiliki Field Action (aksi selama menjelajahi field) sendiri-sendiri. Juga ada sistem manajemen karakter, yang disebut Life Task System, dan berfungsi menunjukkan tugas yang harus diselesaikan pada waktu tertentu. Gagal menyelesaikan terlalu banyak "life task" akan berimbas pada kinerja karakter selama eksplorasi atau saat mengumpulkan item.
Sedangkan untuk sistem pertarungannya, masih sama seperti seri Dusk sebelumnya. Di sini kalian membangun tim dengan enam karakter, dimana melakukan serangan koperatip terus-menerus akan memenuhi gauge Burst, yang bisa memicu kondisi Burst, dan memungkinkan karakter membangun efek boost melalui serangan berantai dan memanfaatkan special skill. Dengan satu tim ada enak karakter, tentunya tidak susah membangun gauge Burst tersebut.
Dalam Burst Mode, rangkaian seranganmu tidak akan terputus, dan itu artinya kalian bisa melancarkan lebih banyak hit serangan yang lebih kuat melalui Assist Attacks dari kedua karakter lainnya. Namun ketika karakter ketiga masuk mendukung dengan Assist Attack, maka kamu mendapat kesempatan melakukan gerakan assist yang lebih kuat melalui Variable Strike.
Variable Strike diawali dengan dua karakter melakukan lebih banyak serangan, diikuti serangan ketiga yang lebih kuat, dengan animasi spesial yang menarik. Kerusakan serangan ketiga tersebut bergantung pada berapa banyak rangkaian serangan yang dilakukan karakter. Melalui Burst Mode dan rangkaian serangan serta Variable Strike, kamu bisa menimbulkan damage yang besar pada musuh.
Kalian bisa melihat seperti apa adegan pertarungan game ini lebih jelas, termasuk serangan Variable-nya (video kedua) melalui trailer berikut:
[youtube id="CTpqhUA35A8"]
[youtube id="x6UXoCw6knE"]
Sedangkan aspek penggabungan item, di sini kalian perlu menemukan dulu blueprint dan item yang diperlukan sebagai bahan untuk membuat item baru. Kemudian kalian bisa memilih, item apa yang akan dibuat melalui daftar yang diperlihatkan ketika mengakses ketel di atelier. Selain memilih bahan, juga bisa menemtukan bahan mana yang dimasukkan terlebih dahulu, dan nantinya karakter juga bisa menggunakan skill untuk meningkatkan efek item tersebut.
Saat level karakter cukup tinggi, mereka juga bisa mengakses Chain. Dengan menggunakan skill dengan elemen yang sama, Chain akan terbangun. Nilai dari Chain akan mempengaruhi efek dari suatu skill. Efek tambahan juga bisa ditambahkan di langkah akhir selama proses membuat item. Senjata dan armor juga dibuat dengan cara yang sama, namun harus ditangani oleh Miruca di atelier-nya, karena Shallistera dan Shallotte tidak bisa membuat item jenis tersebut.
Miruca juga bisa mempelajari skill dan membagi level untuk membuat item dengan kedua protagonis, namun akan ada perbedaan antara skill Miruca, Shallotte, dan Shallistera. Item yang bisa digunakan untuk membuat item yang lain bisa ditemukan di field map, namun item terseut bisa saja menghilang dari suatu lokasi ketika diambil terlalu sering.
Selain membuka Chain, level karakter yang cukup tinggi, tepatnya pada level 40 juga bisa mengakses sistem Growth. Sistem ini diwakili oleh poin Growth yang bertambah seiring karakter naik levelnya, dan digunakan untuk meningkatkan ability dan status, seperti power, speed, dan lainnya. Menggunakan Growth, kamu bisa mengkustomisasi karakter sesuai keinginanmu, menjadikan mereka kuat, atau menyeimbangkan saja statusnya.
Kemudian lebih lanjut mengenai Life Task, selama melakukan tugas hidup tersebut protagonis bisa meningkatkan meter Motivation, yang akan memberi mereka beragam bonus. Sedangkan jika meter Motivation terlalu rendah, juga bakal menimbulkan efek negatif. Misalnya, ketika meter Motivation terlalu rendah, selama mencari item atau material hasilnya tidak akan sebesar ketika meter tersebut tinggi. Juga akan ada beerapa bonus yang kalian dapatkan dari Motivation yang tinggi, seperti pergerakan karakter menjadi lebih cepat, dan menjaga gauge Burst tetap terisi setelah pertarungan. Motivation yang rendah juga berefek pada gagalnya proses alkimia.
Lebih jelasnya megenai Growth, Motivation dan juga Life Task bisa kalian lihat melalui trailer di bawah:
[youtube id="5mEYdlfOkQ8"]