What We Wants on the Next Metal Gear

Kemungkinan besar MGS5 atau MGS apapun itu sedang dalam pengerjaan, melalui artikel ini kami menyuguhkan elemen-elemen apa saja yang sebaiknya ada di MGS berikutnya...!!!

What We Wants on the Next Metal Gear

Seri Metal Gear sudah menjadi legenda tersendiri dan dianggap sebagai sebuah masterpiece yang bisa disejajarkan dengan Mario, Final Fantasy, Gran Turismo dan lain sebagainya. Pada instalasi terakhir kita disuguhi asal muasal Outer Heaven dan misi-misi masa lalu yang dijalani oleh Jack sehingga akhirnya Jack mau memakai kode nama The Big Boss.

Pada E3 kemarin kita memperoleh pengumuman bahwa seri MGS akan memperoleh polesan HD, bahkan termasuk MGS Peace Walker yang ada di PSP. Selain pengumuman tersebut, Kojima juga memperkenalkan Engine terbarunya yang bertajuk “Fox Engine”. Selain terlihat sangat impresif, besar kemungkinan engine tersebut akan dipakai oleh instalasi Metal Gear berikutnya.

Melalui artikel ini bagaiman kalau kita berandai-andai materi apa saja yang sekiranya akan dijejalkan Kojima pada MGS 5 ataupun prekuelnya. Siapa tau Kojima membaca artikel ini dan benar-benar memasukannya ke dalam MGS berikutnya. Kalau benar-benar sampai terjadi “ Kojima, your bahasa it’s realy-realy good!”.

1. Prototype Weapon/Equipment

MGS benar-benar sebuah seri yang hobi memasukan senjata-senjata purwarupa ke dalam gamenya. Sudah tidak terhitung banyaknya senjata purwarupa ataupun senjata-senjata yang memiliki nasib absurd di dunia nyata dipakai Kojima sebagai elemen dalam game. Sebut saja Railgun yang masih dalam pengembangan, Beta C-Mag yang jarang dipakai didunia nyata kecuali oleh pasukan khusus, Fulton System ciptaan Robert Edison Fulton, Jr dan masih banyak lagi.

What We Wants on the Next Metal Gear[/caption]

Bagaimana kalau pada MGS berikutnya Kojima menyelipkan sistem nuklir portable, senjata kimia yang memanfaatkan alergi manusia, SU-47 Berkut,  atau Hypersonic Rocket, dan Kalau MGS berikutnya berupa prekuel  maka kami ingin APS (senjata api bawah air), Senjata-senjata agen rahasia CIA, atau purwarupa Patriot’s AI.

What We Wants on the Next Metal Gear[/caption]

2. Epic Story

Alur cerita Solid Snake tampaknya telah ditutup rapat-rapat oleh Kojima di MGS4, hal ini dipertegas dengan hadirnya MGS: Rising yang konon kabarnya akan  menceritakan perjuangan Raiden mencari tubuh The Big Boss. Dengan kondisi seperti ini besar kemungkinan kalau MGS berikutnya akan berupa prekuel seperti MGS 3 atau Peace Walker. Lalu kira-kira cerita apa yah yang akan diusung Kojima?

What We Wants on the Next Metal Gear[/caption]

Kami berandai-andai bagaiman kalau MGS berikutnya lebih banyak menceritakan sisi The Boss, saat dia membentuk tim Kobra misalnya. Siapa sih yang tidak ingin mengendalikan dan merasakan ketangguhan mentor The Big Boss? Lagian MGS dengan karakter utama seorang wanita bisa menjadi terobosan tersendiri. Atau bagaimana kalau MGS berikutnya menceritakan kiprah Solid Snake dan Liquid Snake di dunia militer, pasti game tersebut akan memiliki fitur co-op yang mengasyikan. Bayangkan seorang klone gagal berdampingan dengan klone yang mewarisi kemampuan The Big Boss secara utuh. Akan ada intrik-intrik dan letupan emosi seperti apa ya di antara mereka.

 

3. Realistic Movement and Combat System

Bayangkan, sebuah dunia di mana pistol tidak bisa membunuh musuh dalam satu tembakan, atau kamu adalah seorang tentara super hasil rekayasa genetika yang tidak bisa melompati pagar atau sebatang kayu, terdengar konyol bukan? Tapi itulah yang kita hadapi di seri MGS. Kami berharap di seri-seri MGS berikutnya sistem pertempuran berjalan lebih realistik, yah tidak usah lah menggunakan sistem one shoot kill seperti mode ekstrim di BFBC2, bagaimana kalau memperbaiki keluwesan gerakan karakter  dan kemampuan meloncat. Kami sudah cukup bosan dengan gerakan kaku ala mesin giling atau buldozer milik Snake. Apa Kojima harus belajar membuat animasi gerakan yang luwes seperti miliki Nathan Drake dari seri Uncharted? (walau kadang-kadang lebay sih).

Tidak Perlu Sampai Begini Sih

4. More Scandals

Selain senjata dan perlengkapan, Kojima juga gemar memasukan kejadian-kejadian di dunia baik yang sifatnya rahasia, skandal, ataupun teori konspirasi. Rata-rata yang dipakai Kojima berhubungan dengan skandal politik, war economy, nuklir, kelompok rahasia dan kemajuan teknologi. Kami menginginkan lebih banyak skandal-skandal dunia yang rumit dan penuh intrik. Siapa sih yang tidak ingin membaca kisah-kisah MGS yang semakin epik di setiap serinya. Kalau perlu masukkan dark side of moon ke dalam cerita MGS, wong The Big Boss saja bisa memburu para monster dari Monster Hunter, masak Solid Snake tidak bisa bertemu dengan para Autobot?

[/caption]

5. Adaptable AI

Waktu MGS keluar pertama kali di PSone, kami cukup terpesona dengan kemampuan AI-nya untuk mengenali suara langkah kaki, mengikuti jejak di salju ataupun mendengar. Sayangnya kemampuan AI di seri MGS berikutnya seperti mandek begitu saja dan tidak mengalami perkembangan yang berarti. Coba kalau AI di MGS bisa melakukan flanking, membuat umpan, bergerak melambung, menjepit dari dua arah atau melakukan prosedur standar militer saat menghadapi situasi yang mengancam (misalnya melempar flashbang terlebih dahulu saat memasuki ruangan yang mencurigakan).

Haduh....!!!

Dari yang sudah-sudah semua pasukan musuh di MGS bisa kita lewati hanya dengan berbekal kesabaran dan pistol bius (dalam tingkat kesulitan tertentu pistol bius tidak bisa digunakan). Bagaimana kalau AI yang kita hadapi sangat jeli dan memiliki kemampuan layaknya tentara sungguhan yang bisa beradaptasi pada setiap kondisi, pasti kita jadi berhati-hati dan lebih mengedepankan unsur stealth.

6. Less Raiden Moar Snake

Semua pasti setuju, walaupun Raiden sudah tampil sangat jantan di MGS4 tetapi image boysbandnya masih terlalu kental. Kami tidak membenci Raiden tapi tolonglah, MGS itu game tactical espionage action yang serius, yang melibatkan sejarah-sejarah keren, bukan tempat seorang cowok cantik yang perlu memasang ini itu ditubuhnya hanya untuk kehilangan kedua tangan dan bersuara seperti orang yang tidak minum selama 5 tahun. Give us moar Snake!!.

What We Wants on the Next Metal Gear[/caption]

7. Big Boss Battle

Kita sudah cukup puas melawan Rex, Ray, Chrysalis, Shagohod dan banyak lagi, tapi kami masih menginginkan pertempuran yang jauh lebih besar lagi. Bila pada MGS1 Snake digambarkan setinggi pergelangan kaki Rex, bagaiamana kalau bos yang baru memiliki ukuran yang sangat besar sehingga Snake terlihat seperti remah-remah roti di hadapannya. Bila perlu bos yang baru bisa membawa Rex dan Ray di atas pundaknya lengkap dengan 10 unit Rail Gun plus peluncur rudal nuklir sejenis Mintueman, Peacekeeper atau MOAB.

[/caption]

Bila kamu merasa spesifikasi di atas mirip dengan Arsenal Gear, bagaimana kalau kita imbuhi kemampuan membawa pesawat tempur atau kendaraan lapis baja kelas MBT sebanyak satu divisi. Bila masih kurang sadis, kita buat bos ini memiliki kemampuan mengarungi langit sehingga mirip dengan salah satu bos di Ace Combat 6: Fire Liberations.

Nah itulah tadi tujuh elemen yang kami inginkan di next MGS, sebenarnya masih banyak sih elemen-elemen lain yang sebaiknya dimasukan Kojima pada MGS5 ataupun MGS apapun itu. Kami hanya memasukan tujuh buah agar pembaca bisa menambahkan sendiri elemen-elemen apa saja yang sekiranya cocok di MGS. Sebagai penutup bagaimana kalau kita nikmati lagu Sing dari The Carpenters yang menjadi lagu penutup Peace Walker.

Artikel terkait

Latest