Comscore Tracker

Twitch Diblokir oleh Pemerintah Cina. Apa Alasannya?

Twitch akhirnya diblokir di negeri Tirai Bambu, namun atas alasan apa?

Cina memiliki regulasi mereka sendiri perihal gaming, dimulai dari diblokirnya penjualan konsol dari negara lain hingga pemblokiran game karena dianggap terlalu berbahaya bagi mental anak muda. Kali ini, terdengar kabar bahwa Twitch diblokir di negara tersebut.

Sebagai negara yang ketat, Cina memiliki aturan khusus yang membedakan mereka dari negara-negara lainnya. Aturan ini terkesan ketat dan memaksakan para penduduknya.

Tidak sedikit dari aturan ini yang mengarah pada sisi gaming. Tentunya, ada banyak sekali kasus-kasus yang terjadi di Cina karena game, dan Pemerintah Cina berupaya untuk meminimalisir permasalahan ini.

Ada banyak regulasi yang ditegakkan, seperti melakukan pemblokiran atas distribusi konsol dari negara lain, seperti Nintendo yang sebelumnya tidak bisa mendistribusikan konsol mereka. Solusinya? Nintendo bekerjasama dengan Wei Yen untuk merilis konsol mereka di bawah nama iQue.

Twitch Diblokir oleh Pemerintah Cina. Apa Alasannya? Nintendo sebelumnya menjual N64 di Cina menggunakan nama iQue Player, Sumber: IGN.[/caption]

Beberapa permasalahan juga datang dari salah satu game battle royale paling fenomenal saat ini, PlayerUnknown's Battlegrounds. Game ini sebelumnya terancam akan diblokir karena memberikan dampak yang buruk bagi anak muda di negeri tirai bambu.

Kasus yang mirip datang dari sebuah situs livestreaming populer Twitch. Kabarnya, situs populer Twitch diblokir oleh pemerintah Cina. Ya, Twitch saat ini merupakan situs paling populer yang digunakan oleh para streamer hingga Youtuber ternama sebagai wadah untuk bermain dan berkomunikasi dengan penggemarnya.

Dilansir oleh PCGamer, banyak penonton yang kecewa atas diblokirnya Twitch. Pasalnya, para penonton di negeri Tirai Bambu tidak memiliki akses untuk menonton segmen esport yang diadakan pada ajang Asian Games 2018. Hingga saat ini, Twitch merupakan satu-satunya situs yang menyediakan tayangan tersebut.

Twitch Diblokir oleh Pemerintah Cina. Apa Alasannya? Twitch memberikan banyak sekali opsi livestream untuk ditonton, dari kompetisi esport hingga menonton seseorang bermain alat musik.[/caption]

Entah atas alasan apa Twitch diblokir oleh pemerintah Cina, namun ini bisa saja merupakan tahap selanjutnya dari regulasi yang tengah dijalankan. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali game yang bisa ditonton pada saluran Twitch, bahkan untuk game seperti GTA V yang diperuntukkan untuk pemain dewasa.

Twitch pada saat ini mengetahui mengenai pemblokiran ini, namun tentu saja mereka tidak bisa melakukan apa-apa hingga ada penjelasan lebih lanjut dari pemerintah Cina.

Diedit oleh Doni Jaelani

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game