Comscore Tracker

Membajak Nintendo Switch? Awas, Kalian Bisa Kena Ban Seumur Hidup!

Berpikiran untuk membajak Nintendo Switch? Awas, kalian akan terkena ban secara permanen!

Membajak suatu konsol bukanlah berita baru, setiap platform tidak akan luput dari jeratan para oknum nakal. Dengan semakin banyaknya tutorial yang beredar, Nintendo akan semakin ketat dengan para pemain yang mencoba membajak Nintendo Switch.

Pembajakan saat ini masih menjadi permasalahan besar bagi para pengembang game maupun perusahaan seperti Sony dan Nintendo. Hadirnya metode untuk membajak konsol menjadi permasalahan yang sangat besar.

Masalah ini tentu akan sangat berbahaya bagi Nintendo Switch. Pasalnya, para peretas sebelumnya telah menemukan exploit yang bahkan Nintendo sekalipun tidak bisa memperbaiki dengan update. Bermodalkan penjepit kertas saja, para pemilik Switch bisa mengakses celah dengan mudah dan cepat.

Positifnya, hal ini membangkitkan para pengembang kreatif untuk menghadirkan homebrew maupun game yang unik dan menarik. Negatifnya, pembajakan akan semakin mudah berkat metode ini. Nintendo tentu tidak bisa berbuat apa-apa selain mendistribusikan Nintendo Switch terbaru.

Lalu, apa solusi untuk mencegah permasalahan tersebut? Melalui sebuah thread Reddit, SciresM menemukan metode unik yang digunakan oleh Nintendo untuk membaca apabila game yang dimainkan merupakan game asli atau bajakan.

Caranya cukup simpel, Nintendo akan memeriksa secara online kode unik yang tersimpan di dalam game yang tengah dimainkan. Jika ketahuan, pemain tersebut tidak akan bisa memainkan game tersebut secara online, dan bahkan mereka tidak akan bisa mengakses Nintendo Network.

Membajak Nintendo Switch? Awas, Kalian Bisa Kena Ban Seumur Hidup!

Metode ini bukanlah cara terbaru yang telah dijalankan oleh Nintendo untuk mengatasi pemain dari membajak Nintendo Switch. Sebelumnya, Nintendo menggunakan cara yang sama untuk mematikan para pemilik Nintendo 3DS yang kedapatan memainkan game bajakan.

Sayangnya, metode ini terasa terlalu kejam. Nintendo akan mematikan bukan hanya akun pemain, namun juga handheld tersebut! Alhasil, tidak sedikit para pendatang baru yang secara tidak sengaja membeli Nintendo 3DS bekas yang telah terkunci dari mengakses server milik Nintendo.

Kembali menuju ban yang dilaksanakan untuk Nintendo Switch, tidak jelas apakah hal yang sama juga akan berlaku untuk Switch. Apabila benar sistem yang sama diberlakukan, maka gamer nakal bisa saja menjual konsol tersebut dengan alasan sudah bosan dengan Switch.

Namun tentu saja, gamer yang pintar tidak akan pernah membajak Nintendo Switch sekalipun.


Jadi yang pertama cobain game-game seru buatan developer Indonesia, dan menangkan banyak hadiah menarik! Kunjungi BEKRAF Game Prime 2018, 13-15 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta, GRATIS! Klik bit.ly/GamePrime18DN untuk menjadi bagian dari event industri game terbesar se-Indonesia.

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game