Comscore Tracker

Review Dynasty Warriors 9: Open World Tetapi Sepi!

Dynasty Warriors 9 menjadi game serial Dynasty Warriors pertama yang open world. Namun sayangnya, game ini masih jauh dari kata bagus. Simak review-nya di sini!

Note: Kami memainkan Dynasty Warriors 9 di konsol PlayStation 4 untuk membuat review ini.

Game Ini Tentang Apa?

Seperti Dynasty Warriors terdahulu, Dynasty Warriors 9 menceritakan tentang dataran China kuno yang dilanda kekacauan dan perang sipil. Kamu akan memainkan salah satu dari para tokoh terkenal yang sempat bersinar dalam era Tiga Kerajaan di China.

Banyak Pilihan Karakter

Review Dynasty Warriors 9: Open World Tetapi Sepi!

Kita mulai dari beberapa poin positif dari Dynasty Warriors 9. Yang pertama adalah banyaknya karakter yang ditawarkan dalam game ini. Total, ada 83 karakter yang bisa kamu mainkan di dalam game ini. Jumlah yang sangat fantastis!

Jumlah ini diimbangi dengan penampilan-penampilan mereka yang menarik dan sedap dipandang oleh mata. Desain-desain bajunya juga secara keseluruhan bagus, terutama karakter perempuan seperti Sun Shangxiang, Guan Yinping, dan pendatang baru yang tampak imut. Heheh.

Peningkatan dari Segi Gameplay

Review Dynasty Warriors 9: Open World Tetapi Sepi!

Dalam Dynasty Warriors sebelumnya, cukup banyak gamer yang mengeluhkan fitur tipe senjata yang berdasarkan batu-gunting-kertas: senjata tipe tertentu kalah terhadap tipe ini, tetapi menang melawan tipe itu. Nah, fitur tersebut dihilangkan dalam game ini. Sebagai gantinya, kamu bisa mengustomisasi senjatamu dengan lebih dari satu elemen. Menarik!

Selain itu, kamu juga bisa melancarkan combo-combo mematikan khas Dynasty Warriors dengan menggunakan tombol R1. Menjadi one man army dalam game ini sangatlah menyenangkan. Kamu bisa seorang diri menghabisi hingga lebih dari seribu pasukan musuh, mem-bully mereka dengan gerakan dan combo yang indah.

Terdapat beberapa QTE yang digunakan untuk meng-counter serangan musuh. Fitur ini, meskipun bukan fitur baru, tetapi cukup membantu dalam pertempuran.

Sekarang, kita akan membicarakan kekurangan dari game ini…

Grafis yang Tidak Stabil

Review Dynasty Warriors 9: Open World Tetapi Sepi!

Masalah utama dari game ini adalah grafisnya yang tidak stabil. Ketika memainkan Dynasty Warriors 9 menggunakan PlayStation 4, grafis yang ditawarkan masihlah sangat kasar dan kaku. Pergerakan kamera yang tersendat-sendat—apalagi ketika kita bertarung dengan banyak orang—membuat game ini terasa seperti dimainkan menggunakan PC dengan spesifikasi ecek-ecek.

Meskipun kita tidak memainkannya melalui PC, tetapi tampaknya grafis ini juga menjadi salah satu masalah utama yang dialami para gamer PC. Jika kalian melihat review pengguna di Steam, maka mayoritas para gamer di sana akan mengeluhkan masalah grafis yang susah untuk stabil di 30 FPS.

Saya sendiri sebenarnya merupakan salah satu gamer yang tidak mempermasalahkan rendahnya FPS atau grafis, tetapi pergerakan kamera dan animasi yang tersendat-sendat ini agak mengganggu pengalaman saya selama bermain.

Lanjut ke halaman 2!

Navigasi yang Kacau!

Review Dynasty Warriors 9: Open World Tetapi Sepi!

Karena open world, tentu saja game ini memiliki dunia yang sangat luas. Tentunya, seperti berpergian di dunia nyata yang memerlukan Google Maps, kamu juga akan membutuhkan navigasi yang baik untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lain. Sayangnya, seperti Google Maps pula, navigasi dalam game ini begitu kacau—bahkan lebih parah daripada Google Maps.

Dataran China dalam Dynasty Warriors 9 tentunya tidak penuh dengan gedung-gedung seperti sekarang, tetapi navigasi dalam game ini akan selalu mengarahkanmu menuju jalan setapak. Padahal, kamu bisa langsung menembus hutan atau sungai supaya sampai ke tujuan. Navigasi ini akan memaksamu untuk berjalan di jalan setapak jika kamu menggunakan fitur Auto Run.

Fitur Auto Run ini bisa kamu gunakan ketika mengendarai kuda. Nah, kudamu ini akan dipaksa mengikuti jalan setapak yang malah membuat jarak menjadi lebih jauh. Belum lagi, AI yang menggerakan kudamu ini terasa bodoh. Jika kamu tinggal, maka ada kemungkinan kudamu akan nyangkut entah itu di pepohonan, pagar, atau base.

Sebenarnya ada fitur fast travel, tetapi fitur ini—meski mempermudah—juga menimbulkan masalah lain yang akan saya bahas di poin selanjutnya.

Open World Tetapi Tidak Menawarkan Banyak Kebebasan

Review Dynasty Warriors 9: Open World Tetapi Sepi!

Sebuah game open world adalah game yang memberikan banyak kebebasan untuk pemainnya. Dynasty Warriors 9 memang memberikan kebebasan pada gamer ketika memainkan game ini. Akan tetapi, kebebasan tersebut sangatlah terbatas.

Kamu masih diharuskan mengikuti story yang linear dari game ini dan ketika berpindah chapter atau ke pertempuran selanjutnya, tanah yang kamu pijak akan berbeda dengan sebelumnya. Kamu akan merasa seperti dipindahkan ke stage selanjutnya secara tiba-tiba—transisi yang kurang smooth.

Ketika mengambil quest baru—termasuk side quest—maka kamu akan ditunjukan arah menuju quest tersebut. Tidak ada masalah sampai sini. Hanya saja, ketika kamu melewati quest tersebut, kamu akan cukup kebingungan untuk menyelesaikannya. Pasalnya, titik quest yang ada tidak ditunjukkan di peta. Kamu bisa mencarinya lewat options, tetapi kamu akan langsung dilempar (fast travel) menuju tempat quest.

Open World yang ada di sini, tak ada bedanya dengan stage yang sering kita temui di game-game Dynasty sebelumnya.

Saya pribadi, berharap Open World yang diusung dalam Dynasty Warriors 9 akan memberikan kebebasan untuk membangun sebuah kerajaan layaknya Dynasty Warriors seri Empires. Bukankah sesuatu yang menarik jika Empires disatukan dengan Open World? Sayangnya, game ini tidak demikian.

Masih banyak hal lain yang terasa kurang dengan tema Open World dari game ini, mulai dari penduduk kota yang minim dan bisa diajak interaksi, lalu medan tempur yang terasa kosong, dan masih banyak lagi. Intinya, masih banyak hal yang bisa diisi dan dikembangkan oleh Toei untuk game ini.

Kesimpulan:

Dunia yang Luas Tetapi Sepi – 60/100

Review Dynasty Warriors 9: Open World Tetapi Sepi!

Koei Tecmo mengambil langkah yang cukup berani dengan membuat Dynasty Warriors 9 sebagai sebuah game open world. Keputusan ini sendiri patut dipuji. Hanya saja, game-nya masih minim inovasi dan tidak bisa dibilang bagus untuk standar game modern serta tampak seperti game yang belum jadi. Tetapi, mungkin Dynasty 9 bisa menjadi pelajaran bagi Koei sebelum merilis game Dynasty Warriors sebelumnya.

Para penggemar Dynasty Warriors mungkin akan sedikit menikmati game ini. Tetapi rasanya sulit bagi para gamer yang baru mengenal game ini, rasanya akan cukup sulit untuk menikmatinya.

Dynasty Warriors 9 kini telah rilis dan bisa kamu mainkan melalui PlayStation 4, Xbox One, dan PC.

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game