Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

Sebelumnya saya dan teman-teman kru Duniaku.net mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriyah. Dan di libur lebaran ini mungkin banyak di antara kamu yang berlibur atau mudik ke kampung halaman. Kali ini, Duniaku.net memberikan daftar game handheld untuk meramaikan libur lebaranmu kali ini.

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

Sebelumnya saya dan teman-teman kru Duniaku.net mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriyah. Dan di libur lebaran ini mungkin banyak di antara kamu yang berlibur atau mudik ke kampung halaman. Kali ini, Duniaku.net memberikan daftar game handheld untuk meramaikan libur lebaranmu kali ini.

Karena bisa jadi kamu suntuk ketika berada di dalam mobil sambil menempuh perjalanan mudik yang cukup jauh, di sela-sela itu dapat digunakan untuk bermain game-game handheld. Atau mungkin ketika pergi bersilaturrahmi ke saudara dan bertemu dengan saudara yang juga bermain game, langsung saja main bersama-sama sehingga suasana menjadi lebih akrab dan hangat hehe.

Langsung saja yuk kita lihat bersama daftar game handheld yang asyik untuk dimainkan ketika berlibur lebaran tahun ini.

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

10. Donkey Kong Country Returns 3D (3DS)

Menjadi versi port dari Wii, game ini sekali lagi menghadirkan petualangan Donkey Kong dan Diddy Kong untuk melawan sekumpulan makhluk jahat bernama Tiki Tak Tribe. Gameplay-nya sendiri tetap sama seperti Donkey Kong Country yang dulu dirilis untuk SNES, berupa 2D action plaftorm. Banyak elemen dari Donkey Kong Country kembali hadir di sini, seperti level dengan kereta tambang, berpindah dari sulur pohon ke sulur yang lain, mengumpulkan pisang, hingga kepingan puzzle emas bertuliskan “KONG”.

Memainkan game ini di saat libur lebaran tentu bisa mengurangi penat setelah beraktivitas di hari biasa, dan juga game ini memiliki fitur permainan multiplayer hingga dua orang pemain (di mana pemain pertama bermain sebagai Donkey Kong dan pemain kedua bermain sebagai Diddy Kong). Permainan multiplayer pastinya akan sangat meriah terutama memainkannya dengan saudara atau kerabat yang juga senang dengan serial Donkey Kong dan memiliki 3DS.

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

9. Toukiden (PSP, PS Vita)

Action RPG berburu demon dari Tecmo Koei ini benar-benar memikat hati terutama untuk para penggemar game-game action berburu, tipikal khas serial Monster Hunter. Meski baru dirilis di Jepang (pemilik PS Vita beruntung karena mendapatkan versi Amerika Utara, sedangkan pemilik PSP tidak), toh tidak mengurangi keasyikan bermain walaupun tidak mengerti jalan ceritanya keseluruhan.

Apa yang membuatnya berbeda dari serial Monster Hunter adalah penggunaan senjata yang simpel dan penghancuran bagian-bagian demon yang sedikit berbeda. Jadi kamu bisa memberikan damage ketika salah satu bagian demon sudah terputus. Terlebih dengan adanya sistem Mitama, yakni meminjam kekuatan jiwa para tokoh legendaris Jepang, yang memberikan beragam skill dan bisa kamu kustomisasi untuk mendapatkan skill-skill tertentu. Dan juga pastinya ada fitur permainan multiplayer, yang memberikan keasyikan sendiri ketika bermain bersama teman-teman atau kerabat dan saudara, sehingga permainan pun menjadi lebih ramai.

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

8. Mario Kart 7 (3DS)

Tokoh serial Mario bersaing dalam arena balap go-kart, itulah serial Mario Kart (MK). Dan MK7 di 3DS sukses kembali menawarkan keseruan dalam bermain go-kart secara beramai-ramai. Sama seperti serial MK yang kita kenal, di MK7 kamu dapat menggunakan beragam item power-up di sepanjang arena balap untuk mengganggu karakter lain atau malah membuat kita diuntungkan, sehingga bisa mencapai garis finish terlebih dahulu.

Dengan adanya penambahan fitur seperti hang-gliding dan kemampuan mengendarai di bawah air, memberikan pengalaman bermain yang baru. Dan tentu saja fitur permainan multiplayer baik lokal maupun online yang mendukung hingga delapan pemain untuk bertanding dalam arena balap yang sama, . Benar-benar membuat libur lebaranmu jadi makin asyik apalagi jika dimainkan beramai-ramai dengan saudaramu.

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

7. Fire Emblem: Awakening (3DS)

Berkat promosi dari Nintendo yang memberikan kredit eShop setara dengan 30 US$ jika mendaftarkan game Shin Megami Tensei IV dan Fire Emblem: Awakening (FEA) region Amerika Utara, otomatis menjadikan FEA kembali populer meski telah dirilis oleh Nintendo pada tanggal 4 Februari 2013 lalu.

FEA sendiri adalah game ketiga belas dalam serial FE, dan menjadi game kedua dari Nintendo untuk 3DS yang mengoptimalkan fitur DLC. Banyak fitur lama khas serial FE kembali dihadirkan oleh Intelligent Systems di sini, termasuk tingkat kesulitan yang gila dan Classic Mode, mode di mana karakter yang meninggal di medan perang akan hilang untuk selamanya. Pastinya game ini cocok bagi kamu penggemar SRPG, dan cocok untuk menemani selama libur lebaran.

Meski SRPG cocoknya dimainkan sendirian, tapi game ini menghadirkan fitur multiplayer. Dua orang pemain bisa berinteraksi satu sama lain melalui fitur StreetPass, di mana party Avatar pemain akan muncul di kedua dunia pemain. Kamu bisa membeli item dari party atau merekrut pemimpin party dengan membayar atau bertarung dengan tim pemain tersebut. Mode multiplayer lokal bernama Dual Tag memungkinkan pemain untuk bekerja sama melawan musuh-musuh untuk mendapatkan renown dan item-item.

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

6. Muramasa Rebirth (PS Vita)

Action RPG dari Vanillaware yang di-port dari Wii ini mengisahkan dua cerita utama, yakni Kisuke sang kriminal yang kehilangan ingatannya, dan Momohime seorang putri yang dirasuki oleh arwah jahat. Versi PS Vita-nya sendiri dirilis oleh Aksys Games di Amerika Utara pada tanggal 25 Juni 2013 lalu. Tipikal khas Vanillaware, grafis sprite 2D yang kental dipadu dengan artwork khas George Kamitani yang cantik, membuat Muramasa Rebirth adalah salah satu pilihan action RPG yang tepat untuk para pemilik PS Vita.

Telebih untuk Muramasa Rebirth ini, Vanillaware menghadirkan empat skenario singkat baru dengan empat karakter playable baru melalui DLC. Yang sayangnya masih untuk versi Jepang, versi Amerika Utaranya masih belum ada konfirmasi dari Aksys Games. Toh meski demikian, di saat libur lebaran kali ini kamu bisa memiliki waktu cukup untuk menamatkan kedua sisi baik sisi Kisuke maupun Momohime, untuk bisa menikmati jalan ceritanya lebih dalam.

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

5. Shin Megami Tensei IV (3DS)

RPG terbaru besutan Atlus untuk 3DS dan sekaligus menjadikan tonggak kebangkitan serial Shin Megami Tensei utamanya di Amerika Utara. Bahkan Nintendo pun sampai mengadakan promosi yang memberikan kredit eShop setara dengan 30 US$ jika mendaftarkan game Shin Megami Tensei IV ini bersama dengan Fire Emblem: Awakening (FEA) region Amerika Utara.

Fitur khas serial Shin Megami Tensei kembali dihadirkan oleh Atlus di sini, mulai dari perekrutan demon, penggabungan demon, dan lainnya. Tentu yang paling terlihat adalah pemberian fitur kustomisasi, yang tidak hanya mengubah penampilan tapi juga mengubah status karakter utama. RPG ini saya rasa cocok untuk menemani libur lebaran. Dan meskipun kamu sudah menamatkannya, Atlus telah menyiapkan beberapa DLC yang bisa diunduh untuk membuatmu kembali bertualang ke Mikado dan menyelesaikan quest-quest Challenge baru serta mendapatkan resep untuk menggabungkan demon baru yang lebih kuat.

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

4. Monster Hunter 3 Ultimate (3DS)

Monster Hunter 3 Ultimate (MH3U) adalah versi upgrade dari MH 3 Tri~ yang dulu dirilis Capcom untuk Wii. Dan game ini menjadi versi Amerika Utara dari MH3G yang dirilis di 3DS, dan menjadi game pertama yang mendukung Circle Pad Pro. Penggemar setia MH dan pemilik 3DS patut bergembira karena Capcom merilis game ini untuk Amerika Utara pada bulan Maret 2013 lalu.

Fitur baru yang dihadirkan di sini adalah pertarungan di dalam air, serta beberapa senjata yang memulai debut di pertarungan dalam air (Gunlance, Bow, Hunting Horn, dan Dual Swords) Game ini juga memiliki G Rank, misi-misi berlevel tinggi yang menghadirkan sederet misi baru dengan tingkat kesulitan luar biasa. Dan tentu permainan multiplayer antar pemilik 3DS menjadikan libur lebaran kali ini menjadi lebih menyenangkan. Berburu bersama saudara-saudara atau kerabatmu pasti akan lebih asyik bukan?

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

3. God Eater 2 (Demo version) (PSP, PS Vita)

Versi demo God Eater 2 (GE2) ini telah dirilis Namco Bandai untuk PS Vita dan PSP pada awal bulan kemarin. Seperti yang sudah saya ulas sebelumnya, GE2 menghadirkan banyak fitur baru, yang paling mencolok adalah dua jenis Blade baru yakni Boost Hammer dan Charge Spear, serta kemampuan spesial tiap senjata bernama Blood Arts.

Tentu kehadiran Blood Arts mengubah jalannya permainan, karena membuat strategi melawan para Aragami jadi lebih mudah sekaligus menantang. Kehadiran Aragami baru juga tidak boleh diremehkan. Dan tentu saja yang membuat versi demo ini menarik adalah kemampuan bermain multiplayer via Ad-Hoc dan Namco Bandai memungkinkan permainan cross-play! Jadi kamu dan saudara-saudaramu yang memiliki PSP atau PS Vita pun bisa berburu Aragami bersama di libur lebaran ini. Menyenangkan bukan?

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

2. Animal Crossing: New Leaf (3DS)

Game simulasi kehidupan dari Nintendo ini menuai sukses besar di seluruh dunia, mulai dari Jepang, Amerika Utara, hingga Eropa. Bahkan berkat perilisan Animal Crossing: New Leaf, nilai saham Nintendo pun meningkat perlahan dan mencatatkan nilai tertinggi dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Banyak fitur baru ditambahkan di sini, mengingat kamu berperan sebagai seorang walikota di dalamnya (memungkinkan mengatur hal-hal tertentu untuk desamu sendiri). Waktu permainan pun disamakan dengan waktu dunia nyata, sehingga kamu benar-benar merasa hidup di desa tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, seperti membangun dan mengkustomisasi rumah, memancing, mengumpulkan serangga, menjual beragam buah-buahan, dan lainnya. Fitur multiplayer via online memungkinkanmu untuk berkunjung ke desa teman atau saudara-saudaramu, atau bisa menjadi ajang pamer desa masing-masing hehe.

Ultralist: Daftar Game Handheld untuk Menemani Libur Lebaran

1. Dragon’s Crown (PS Vita)

Dan inilah dia, action RPG terbaru dari Vanillaware yang dirilis oleh Atlus untuk PS Vita. Gameplay-nya sendiri mengingatkan pada game-game action beat-‘em up 2D di era tahun 90-an, bergerak dari kiri ke kanan dan bisa menjelajah sisi atas atau bawah layar. Unsur RPG-nya pun kental, di mana kamu bisa mengkustomisasi persenjataan dan skill karakter, bahkan tampilan senjata tersebut akan berubah sesuai dengan yang dipakaikan kepada karakter.

Jelas fitur multiplayer tersedia di Dragon’s Crown ini. Hingga empat orang bisa bermain bersama untuk menjelajahi dungeon-dungeon dan mengalahkan boss yang ada. Pastinya permainan multiplayer ini semakin seru jika kamu mengajak saudara-saudara atau kerabatmu yang juga mencintai action RPG dan artwork khas Vanillaware hasil goresan tangan George Kamitani (pembuat Odin Sphere, Grim Grimoire, dan Muramasa Rebirth).

Bagaimana menurutmu, apa kamu punya daftar game handheld lain yang jauh lebih asyik untuk dimainkan di libur lebaran atau dimainkan bersama-sama? Langsung saja bagikan pendapatmu ya di kolom komentar di bawah.

Review

Latest