Duh, Apple Memblokir Aplikasi Steam Link di iOS

Sebenarnya ada caranya biar bisa menggunakan Steam Link ini, pake Android!

Duh, Apple Memblokir Aplikasi Steam Link di iOS

Apple berulah lagi? Bagi kamu pengguna Steam mungkin ada yang menunggu sebuah fitur baru dari Steam, yang bernama Steam Link yang rilis pada bulan ini. Sayangnya, Apple memblokir secara penuh aplikasi Steam Link ini.

Steam Link sendiri adalah sebuah aplikasi dari Valve untuk mendukung layanan Steam. Aplikasi ini menjadikan para pengguna Steam dapat memainkan game-game di Steam secara remote di iPhone ataupun perangkat iOS lainnya.

Belum ada keterangan jelas mengenai alasan Apple melakukan pemblokiran, hanya saja pada salah satu tuitan dari akun SteamDB, Valve merilis sebuah surat terbuka mengenai kekecawaan mereka terhadap Apple.

Di surat terbuka tersebut, ada hal lucu yang menyatakan bahwa pada awal bulan perilisan Steam Link ini, Apple telah mengonfirmasi untuk merilis aplikasi Steam Link di App Store.

Setelah Valve merilis pengumuman perilisan Steam Link, tiba-tiba Apple langsung melakukan pemblokiran aplikasi ini. Dari pihak Apple merasa bahwa ada kemungkinan konflik bisnis dalam platform Apple, dan hal tersebut ternyata terlewati oleh petugas reviewer dari Apple.

Valve memang menyatakan bahwa Steam Link ini memiliki fungsi melakukan remote play dari ponsel ke PC melalui koneksi LAN. Dengan hal tersebut para pengguna Steam tetap memainkan game di PC hanya saja melalui ponsel.

Steam Link tidak hanya rilis pada iOS, ponsel dengan sistem operasi Android juga kebagian untuk bisa menggunakannya. Kamu bisa langsung mengunduh dan menggunakan aplikasi Steam Link for Android di Play Store.

Meskipun telah rilis, status aplikasi ini memang masih BETA atau masih dalam tahap percobaan. Para pengguna tetap bisa menggunakan aplikasi ini, hanya saja mungkin kamu akan menemukan beberapa bug pada saat penggunaannya.


Jika kita lihat masalahnya, mungkin Apple tidak ingin adanya konflik bisnis pada App Store mereka. Ya semoga saja para pengguna iPhone tetap bisa memainkan remote play game-game di Steam.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

Latest