Dari Versus XIII sampai XV, Beginilah Sejarah Panjang Final Fantasy XV!

Kalau kamu ingat, Final Fantasy XV pertama kali hadir di mata publik sebagai Final Fantasy Versus XIII 10 tahun lalu. Apa yang terjadi selama itu? Yuk kita cari tahu sejarah panjangnya bersama-sama di sini!

Dari Versus XIII sampai XV, Beginilah Sejarah Panjang Final Fantasy XV!

Dari Versus XIII sampai XV, Beginilah Sejarah Panjang Final Fantasy XV! Desain Noctis sekarang dan dulu[/caption]

Sudah lewat seminggu sejak peluncuran Final Fantasy XV ke pasaran. Duniaku.net pun Dari Versus XIII sampai XV, Beginilah Sejarah Panjang Final Fantasy XV!

"Sama sekali belum ada yang dikerjakan pada skenario [cerita Versus XIII]," Dari Versus XIII sampai XV, Beginilah Sejarah Panjang Final Fantasy XV!

Square Enix pun menargetkan Final Fantasy XV untuk Xbox One dan PS4 serta dirilis pada tahun 2016. Demi memastikan game ini bisa rilis, CEO Yoichi Wada menunjuk Hajime Tabata -- sutradara Final Fantasy Type-0 yang dianggap sebagai ahli deadline -- sebagai kepala proyek menggantikan Nomura, yang dialihkan ke Kingdom Hearts 3.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2016/11/30/waktu-permainan-ffxv-guide/" title="Dibuat Selama 10 Tahun, Ternyata Waktu Permainan FFXV Hanya Beberapa Jam Saja!"]

Final Fantasy Type-0 sendiri merupakan hasil akhir dari Final Fantasy XIII Agito, yang bernasib serupa dengan Versus XIII, mengalami masalah selama pengembangan, meninggalkan platform targetnya yaitu mobile, dan akhirnya rilis sebagai game PSP pada 27 Oktober 2011.

Diambil alih Tabata, pada pertengahan 2012 dia merombak tim dan pengembangan Final Fantasy XV. Dalam upayanya mengejar "deadline rilis 2016" Tabata terpaksa memotong berbagai macam konten -- termasuk fitur berganti karakter, sistem pertempuran yang dibuat lebih sederhana, bahkan mengubah pasangan Noctis dari Stella menjadi Lunafreya.

Toh semua pengorbanan itu terbilang kecil mengingat setelah merasakan cuplikan dari demo pendek sepanjang tahun 2016 melalui Episode Duscae dari port Final Fantasy Type-0 di PS4 dan Platinum Demo, kemudian beberapa kali mengundur tanggal peluncurannya, Final Fantasy XV akhirnya hadir di pangkuanmu dan penggemar setia Final Fantasy pada 28 November kemarin.

Mengesampingkan pendapat pribadimu mengenai game-nya sendiri (apakah bagus, jelek, masih setengah matang, atau mengecewakan), Final Fantasy XV terbukti sangat ditunggu-tunggu oleh gamer dari seluruh dunia hingga menjadi judul Final Fantasy dengan penjualan tercepat -- terjual 5 juta kopi di Amerika Serikat saja hanya dalam tiga hari.

Sumber: GamesRadar / USGamer / Digital Foundry / Unseen64

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

Latest