Film Metal Gear Solid akan Digarap oleh Sutradara Kong: Skull Island!
Tidak ingin jadi G.I. Joe atau Mission: Impossible, sutradara Jordan Vogt-Roberts berusaha buat film Metal Gear Solid semirip mungkin dengan game-nya!
Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Setelah sempat hilang kabar, film Metal Gear Solid diumumkan akan kembali dibuat. Sebagai penggemar berat serial game ini, sutradara Jordan Vogt-Roberts ingin membuat film Metal Gear Solid seotentik versi game-nya.
[read_more id="238288"]
"Metal Gear Solid mungkin adalah waralaba paling penting bagi saya di planet ini," bilang sutradara muda Jordan Vogt-Roberts saat ditemui situs Collider tanggal 20 Februari kemarin. Wah, wah, ada apa ini?
Ya, tidak lain tidak bukan sutradara film King Kong anyar Kong: Skull Island tersebut baru saja "meresmikan" bahwa Hollywood masih tertarik mengerjakan film adaptasi dari serial game action-stealth Metal Gear setelah kabar pengerjaannya hilang-muncul belakangan ini.
"Kami sedang mengerjakan naskahnya. Ini adalah properti yang akan saya perjuangkan sekuat tenaga untuk memastikan dikerjakan dengan sepantasnya karena ini sangat mudah dikacaukan dan sangat mudah bagi studio untuk mencoba membuatnya menjadi G.I. Joe atau Mission: Impossible," bilang pria berjanggut tebal itu.
Sangat sulit rasanya "mendiskon" antusiasme dan semangat Vogt-Roberts terhadap Metal Gear dengan memotong-motong hasil wawancaranya, jadi saya akan menyantumkan kutipan lengkapnya saja.
https://twitter.com/HIDEO_KOJIMA_EN/status/757061138773192704
"Saya ingin membuat versi film yang setia dengan yang dibutuhkan, jadi jika [proyek] ini mengambil jalan Deadpool atau Logan di mana kamu bekerja dengan dana kecil dan mendapatkan rating [Dewasa], bagus. Tapi jika kamu perlu membuatnya lebih heboh dan mendapatkan dana besar dan mengambil [rating Remaja], saya rasa bisa saja memilih dua-duanya."
"Ada adegan-adegan sarat kekerasan di Metal Gear, namun saya tidak akan mengatakan bagian tersebut merupakan elemen utamanya dibandingkan dengan opini dan filosofi yang ditunjukkan oleh para karakter,"
"Karakter-karakter tersebut adalah filosofi berjalan, jadi saya rasa menangkap bagian itu jauh lebih penting daripada memikirkan rating, karena saat ini kami sedang membuat versi terbaik [dari adaptasi film]," lanjutnya.
"Saya rasa saat ini hal yang lebih penting dilakukan adalah mari cari suara yang cepat, mari buat cerita yang masuk akal," suatu isu yang memang sangat penting untuk diawasi mengingat orang-orang sempat ribut saat aktor Kiefer Sutherland menggantikan pengisi suara Snake David Hayter dalam Metal Gear Solid V.
"Kamu melihat cakupan dunia Metal Gear dan kamu mundur hingga tahun '60an silam dan ke belakang lagi dalam lore, kemudian kamu menuju game-game kontemporer yang mengambil masa menjelang-masa depan dan hal-hal seperti itu, kamu berhadapan dengan berdekade dan dekade dan dekade karakter,"
"Kamu berhadapan dengan oke bagaimana Snake dan Big Boss berinteraksi, bagaimana Zero dan orang-orang ini berinteraksi dengan satu sama lain? Bagaimana cara kamu memilih cyborg ninja dan Sniper Wolf dan semua orang ini dan membuat mereka masuk dalam kisah yang masuk akal?"
Masalah ini pastinya tidak dihadapi oleh penggemar berat yang sudah mengikuti serial ini dari zaman Metal Gear dan berbagai informasi mengenai game ini sudah mengendap di kepalanya, namun saya rasa ini memang masalah nyata yang harus dihadapi jika membawa sebuah "sejarah panjang" ke ranah mainstream yang dipenuhi oleh orang-orang awam.
Dulu saja saya sempat kebingungan soal hubungan Solid, Liquid, Solidus, dan Naked Snake sampai akhirnya menamatkan Metal Gear Solid 2 dan 3.
"Ini merupakan pekerjaan yang jenius, istimewa dan bisa menghabiskan waktu bersama [Hideo] Kojima belakangan ini seperti di dalam mimpi. Dia sangat hebat dan seluruh anggota timnya sangat hebat."
Meski Vogt-Roberts mengerjakannya langsung bersama sang pencipta game tersebut, kemungkinan besar Kojima tidak akan terlibat banyak dalam proyek film Metal Gear Solid ini mengingat dia telah keluar dari Konami dan secara resmi berpisah dengan sang "buah hati".
Belum lagi dia dan tim Kojima Productions pasti juga sedang sibuk jualan figur-- eh, mengerjakan Death Stranding bersama Norman Reedus, Madds Mikkelsen, dan Guillermo del Toro.
Namun tetap saja, sangat keren melihat seseorang menghargai sumber adaptasi film layar lebar sampai seperti itu. Semoga Kojima bisa memberikan input sebanyak mungkin ke dalamnya -- atau setidaknya mengerjakan trailer-nya deh, karena jujur lah, trailer Metal Gear Solid V satu ini berhak disebut sebagai trailer game paling keren dan sinematik sepanjang masa.
[duniaku_adsense]
Sampai detik ini, trailer Metal Gear Solid V barusan masih membuat bulu kuduk saya merinding. Trailer ini juga yang akhirnya mendorong saya membeli dan menamatkan Metal Gear Solid 2, 3, dan Peace Walker!
Kita doakan saja yang sebaiknya untuk proyek ini. Semoga pengerjaan film Metal Gear Solid bisa berjalan dengan baik dan meluncur ke pasaran. Terutama kalau kita melihat sejarah hidupnya yang dipenuhi oleh film, mulai dari memasukkan motif-motif atau referensi film (Blade Runner dalam Snatcher dan Escape from L.A. di Metal Gear) hingga mengatakan kalau dirinya "70% terbuat dari film".
Pastinya melihat karyanya bisa hidup sukses di layar lebar adalah salah satu impian terbesar dalam kehidupan pria kelahiran 24 Agustus 1963 yang juga sempat mengerjakan tiga game lain selain serial Metal Gear: Snatcher, Policenauts, dan Zone of Enders selama berada di Konami.
[duniaku_baca_juga]
Simak sejarah pengerjaan film Metal Gear Solid yang sudah dimulai sejak 10 tahun lalu di halaman 2!
Sumber: Metal Gear Solid V/Konami[/caption]
Kisah panjang adaptasi film Metal Gear Solid sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak satu dekade lalu. Pada ajang E3 2006, Kojima mengumumkan bahwa dia telah bernegosiasi dengan pihak Hollywood dan akan membawa game Tactical Espionage Action buatannya ke layar lebar.
Tahun berikutnya Sony Picture dikabarkan terlibat dalam proses produksi, menggandeng Michael De Luca (Boogie Nights, Austin Powers: The Spy Who Shagged Me) sebagai produser proyek tersebut.
Dikabarkan Sony juga sempat melirik Kurt Wimmer, penulis naskah dan sutradara Equillibrium (kalau belum pernah nonton, sebaiknya kamu segera setel sekarang juga!) dan Ultraviolet, namun Wimmer mengatakan kalau dia hanyalah salah satu dari sekian orang yang didekati untuk menjadi sutradara tetap film ini.
Setelah tiga tahun berjalan tanpa adanya kabar lagi, tiba-tiba pada Januari 2010 De Luca mengungkapkan kekecewaannya, mengatakan bahwa proyek menjadi sulit dikerjakan karena "tidak ada keinginan terkoordinasi dari pihak-pihak tertentu untuk melihat film ini jadi dibuat," yang kemungkinan merujuk pada pihak Konami yang cukup keras kepala.
"Perusahaan video game sangatlah protektif terhadap properti mereka dan ada beberapa kebebasan yang dibutuhkan studio untuk memasarkan dan mendistribusi sebuah film secara efektif di pasar global [...] Sangat hampir tidak mungkin untuk menyatukan agenda [studio film dan game]," tambah De Luca.
Masalah lain juga datang dari sisi produksi dengan beredar kabar kalau Sony Pictures bersedia membiayai proyek film Metal Gear Solid sekitar 40 sampai 80 juta dolar AS namun baik Kojima Productions dan Konami menginginkan lebih.
Sumber: Gamers.vg[/caption]
[duniaku_adsense]
Kemudian secercah harapan kembali datang pada 30 Agustus 2012. Kali ini Avi Arad, sutradara dan pendiri Marvel Studios, mengambil alih sebagai produser serta membuatnya menjadi proyek kolaborasi antara Kojima Productions dan Columbia Pictures. Kojima sendiri sempat menunjukkan keinginannya memilih Hugh Jackman sebagai pemeran Solid Snake.
Di tahun-tahun ini lah nama Jordan Vogt-Roberts sudah mulai disebut-sebut akan bertanggung jawab sebagai sutradara. Tiga tahun kemudian pada 30 Maret 2015, Jay Basu (Monsters: Dark Continent) juga ikut ditarik ke dalam proyek ini sebagai penulis naskah. Sampai akhirnya kita sampai pada pernyataan di halaman pertama barusan.
Kita lihat saja apakah Vogt-Roberts mampu menepati janji-janji manisnya jika film Metal Gear Solid akhirnya berhasil tayang di bioskop-bioskop terdekat!
[duniaku_baca_juga]
Untungnya Paul W.S. Anderson (yang terkenal akan serial film Resident Evil) nggak terpilih jadi sutradara. Dia katanya sempat tertarik menangani film ini, lho! Hiiiii!
Sumber: Collider melalui Gamespot / Metal Gear Wikia. Diedit oleh Febrianto Nur Anwari