Waktunya Nostalgia! Berikut Daftar 5 Game Online Jadul Terbaik yang Nggak Ada Matinya!

Game online zaman sekarang sudah tak terhitung jumlahnya, tapi 5 game online terbaik ini nggak bakal ada matinya!

Waktunya Nostalgia! Berikut Daftar 5 Game Online Jadul Terbaik yang Nggak Ada Matinya!

Waktunya Nostalgia! Berikut Daftar 5 Game Online Jadul Terbaik yang Nggak Ada Matinya! Sumber: findonesia.com[/caption]

Gamers pasti punya masa-masa sering ke warnet cuma buat main game online dong? Saya inget banget zamannya tiap pulang sekolah pergi ke warnet cuma buat main Ragnarok Online sambil makan mie rebus, hehehe.

Nah biar nggak nostalgia sendirian, yuk ikutan juga mengingat masa-masa bahagiamu di warnet yang penuh asap rokok bersama-sama. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah daftar game online terbaik keluaran 2000 awal yang masih bertahan sampai sekarang!

[page_break no="5" title="Audition AyoDance"]

Waktunya Nostalgia! Berikut Daftar 5 Game Online Jadul Terbaik yang Nggak Ada Matinya!

Salah satu game bergenre Multiplayer Online Casual Rhythm yang pertama kali masuk di Indonesia di tahun 2006, dan langsung nge-hits di kalangan anak muda. Nggak heran lah, karena gaya permainan game musik ini juga gampang beken, kayak Dance Dance Revolution di arcade misalnya.

Selain permainannya yang cocok buat permainan santai maupun serius, beragam fitur kustomisasinya juga bikin baik cowok dan cewek pada betah. Karena populasinya tersebut, AyoDance pun dianggap sebagai game online terbaik untuk mencari teman kencan, hihihi.

Download: Audition AyoDance Indonesia

[page_break no="4" title="Seal Online"]

Waktunya Nostalgia! Berikut Daftar 5 Game Online Jadul Terbaik yang Nggak Ada Matinya!

Game online terbaik yang rilis pada tahun 2007 ini cukup menarik perhatian karena maskot aneh berupa kelinci lucu sangar yang membawa-bawa golok. Tapi keunggulan Seal Online yang bisa membuat gamers betah main berjam-jam bukan hanya di situ saja tentunya.

Nggak cuma didukung quest yang beragam, grafis yang penuh warna dan imut, tapi juga gaya permainannya yang terbilang unik: dimana kamu bisa membuat kombo-kombo dengan kombinasi tombol keyboard A, S, dan D.

Download: Seal Online Plus Indonesia

[page_break no="3" title="RF Online"]

Waktunya Nostalgia! Berikut Daftar 5 Game Online Jadul Terbaik yang Nggak Ada Matinya!

Rilis pada 2006, bisa dibilang RF Online adalah game online terbaik yang mempopulerkan sistem pertempuran antara dua pihak atau lebih. Game ini sendiri menyediakan tiga: Accretia Empire, ras cyborg yang sangat kuat tapi tidak bisa memakai sihir; Bellato Union, ras manusia dalam game ini dan memiliki robot MAU raksasa; dan Holy Alliance Cora, semacam elf luar angkasa yang tinggi dan ramping.

Juni kemarin bahkan game ini baru mendapatkan update terbaru, Age of Patron. Yah, sebenarnya sistem serupa sudah didahului oleh Risk Your Life sekitar dua tahun sebelumnya, tapi toh nama RF Online yang lebih lekat di ingatan para gamer. Saya sendiri nggak bakal lupa sama game ini, saat baru keluar dari markas Accretia tiba-tiba langsung dibantai roket sama cheater. Padahal sama-sama Accretia, lho!

Download: RF Online Indonesia

Cek 2 game teratas pada halaman berikutnya!

[page_break no="2" title="Pangya"]

Waktunya Nostalgia! Berikut Daftar 5 Game Online Jadul Terbaik yang Nggak Ada Matinya!

Game online keluaran 2004 inilah yang mempopulerkan permainan golf di kalangan anak muda. Dengan ilustrasi cewek-cewek cantik nan moe, dan tidak ketinggalan juga permainan golf yang dibalut gaya fantasi serta kustomisasi karakter, nggak heran deh kalau Pangya digandrungi berbagai kalangan.

Tidak cuma hadir sebagai game MMO saja, tetapi game online terbaik bertema golf ini juga muncul di beberapa platform lainnya:

  • Super Swing Golf - 2006, Wii.
  • Super Swing Golf: Season 2 - 2007, Wii.
  • Pangya: Fantasy Golf - 2009, PSP.
  • Pangya Mobile - 2014, Android dan iOS.

Download: Pangya Online

[page_break no="1" title="Ragnarok Online"]

Waktunya Nostalgia! Berikut Daftar 5 Game Online Jadul Terbaik yang Nggak Ada Matinya!

Nomor satu tidak lain dan tidak bukan adalah Ragnarok Online! Pertama kali rilis di Korea pada tahun 2002 dan kemudian hadir di Indonesia pada tahun berikutnya, game online terbaik garapan Gravity dan diterbitkan Lyto ini langsung booming di kalangan anak warnet. Bahkan sampai sekarang, acara Ragnarok Online Festival 2016 bahkan bakal hadir di INDOCOMTECH tahun ini.

Pastinya kamu masih ingat dong, petualanganmu di dunia Rune Midgard bersama teman-teman se-Guild? Musik-musiknya yang sangat memorable? Susahnya mencari Kafra Morroc di tengah lautan manusia? Wah, banjir nostalgia langsung memenuhi ingatan saya nih.

Saking suksesnya, Ragnarok Online tidak hanya kedapatan sekuel berjudul Ragnarok Online 2: Legend of the Second yang kurang sukses -- atau sebelumnya dikenal juga sebagai Ragnarok Online 2: The Gate of the World (2007) dan kemudian dirombak total -- di tahun 2012, tetapi juga berbagai spin-off di berbagai macam platform berbeda:

  • Ragnarok Battle Offline - Genre: Multiplayer Action - 2004, PC.
  • Ragnarok Mobile Mage, Thief, Swordsman, Archer - Genre: RPG - 2006, HP.
  • Ragnarok DS - Genre: Multiplayer RPG - 2010, Nintendo DS.
  • Ragnarok: Imperial Princess Of Lights And Darkness - Strategy RPG - 2011, PSP.
  • Ragnarok Odyssey - Genre: Action RPG - 2012, PS Vita.
  • Ragnarok Odyssey Ace - Genre: Action RPG - 2013, PS3 dan PS Vita.
  • Ragnarok Online Valkyrie Uprising - Genre: MMORPG - 2013, Android dan iOS.
  • Ragnarok Online Dream - Genre: MMORPG - 2016, Android dan iOS.

Download: Ragnarok Online Indonesia


Wah, kangen banget ya sama masa-masa dulu. Waktu yang lebih polos, lebih bahagia. Sekarang mikirin skripsi lah, deadline tugas lah, pulang malem bukan dari warnet lagi lah...

Tertarik memainkan game-game ini lagi, entah karena kangen saja atau memang sebenarnya game favoritmu seru?

Sumber: upstation.unipin.co.id

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

Latest