Comscore Tracker

Capek Dibilang Support Miskin Dalam Dota 2? Atasi dengan 5 Hal Ini!

Sering bermain support Dota 2 tapi selalu miskin dengan item yang seadanya? kamu harus baca tips yang satu ini. Dijamin kamu akan terhindar dari kemiskinan!

Selain jarang dipilih, hero support di Dota 2 juga paling dikenal sebagai kaum rakyat jelata karena selalu kekurangan gold. Namun, jika kamu mengikuti saran di bawah ini dijamin akan terhindar dari kemiskinan dan bahkan mendapat pujian dari teman satu tim!

Mengingat banyaknya pemain support yang mengalami kesulitan finansial dalam Dota 2, ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan agar bisa menjadi pemain support yang lebih efektif. Apa saja sih hal tersebut? Yuk kita simak lebih lanjut!

Capek Dibilang Support Miskin Dalam Dota 2? Atasi dengan 5 Hal Ini! Sumber: Dota 2 Blog[/caption]

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar kamu tidak kekurangan gold saat menjadi support adalah memilih hero support dengan talent penambah gold. Talent yang belum lama rilis pada patch 7.00 ternyata dapat membantu beberapa support untuk mendapat lebih banyak gold dibanding sebelumnya.

Setelah kehadiran patch tersebut, ternyata hampir setengah dari hero support yang sering dimainkan oleh para support memiliki talent penambah gold! Beberapa hero tersebut memiliki opsi penambah gold di level yang bervariasi antara level 10 hingga level 20. Begitu pula dengan jumlah gold yang diberikan yaitu antara 60 gold/min hingga 120 gold/min.

Beberapa rekomendasi dari hero dengan talent tree penambah gold, kamu bisa memilih antara Distruptor, Ancient Apparition, atau Ogre Magi. Namun, sebelum memilih hero tersebut, pastikan kamu terbiasa melakukan last hit karena menaikan level hingga mendapatkan talent tersebut memerlukan waktu yang cukup lama.

Apabila kamu tidak menyukai ketiga hero tersebut kamu dapat memilih hero lain yang juga memiliki talent tree penambah gold, seperti Oracle, Winter Wyvern, Crystal Maiden, Silencer, Lion, dan Jakiro.

Capek Dibilang Support Miskin Dalam Dota 2? Atasi dengan 5 Hal Ini! Sumber: Reddit[/caption]

Bounty rune atau gold rune adalah salah satu jenis rune yang dapat memberikan tambahan gold dan experience atau exp pada saat kamu berhasil mengambilnya. Bounty Rune ini akan terus muncul pada setiap 2 menit sekali.

Besarnya gold yang diterima saat kita mengambilnya yaitu hingga 100 gold. Letak munculnya berada di 4 tempat yang berbeda. 2 tempat di hutan Radiant, dan 2 tempat lainnya berada di hutan Dire.

Bagi kamu yang kesulitan memperoleh gold ada baiknya untuk terus mengambil gold dan berjalan menuju tempat munculnya Bounty Rune sebelum waktunya karena hero support musuh kerap kali mencuri gold yang berada di wilayah hutan tim-mu.

Jika kamu ingin mencuri gold musuh yang berada di hutan tim lawan, incarlah gold rune yang berada dekat dengan posisi offlane musuh. Alasannya, karena di posisi tersebut hero offlane musuh sering sibuk untuk mencari gold dan exp saat membunuh creep milik kita, sementara kedua support yang dimiliki musuh umumnya berada bersama sang carry musuh.

Posisi Bounty Rune di tempat tersebut kerapkali lengang tanpa pengawasan. Dengan begitu kamu dapat lebih leluasa untuk mengambilnya. Untuk jaga-jaga pastikan membawa Town Scroll Portal dan menggunakannya pada saat terdesak dan hero musuh banyak bermunculan. Namun, apabila hero offlane musuh ditemani satu support-nya, maka sangat disarankan untuk tidak mencuri Bounty Rune tersebut.

Capek Dibilang Support Miskin Dalam Dota 2? Atasi dengan 5 Hal Ini! Sumber: The Flying Courier[/caption]

Salah satu cara yang paling baik untuk mendapatkan gold tanpa harus melakukan farming gold yaitu dengan membeli item Hand of Midas. Item ini akan memberikan investasi besar kepada penggunanya termasuk support Dota 2 hingga berakhirnya game. Ketika diaktifkan, item ini akan memberikan gold sebesar 200 gold dan akan kembali aktif setiap 100 detik sekali.

Hand of Midas terbilang item yang cukup mahal untuk dapat dibeli oleh hero support Dota 2, apalagi jika kamu adalah satu-satunya support yang ada dalam tim. Apabila kamu menjadi satu-satunya support, maka item ini tidak bisa menjadi prioritas utamamu.

Pembelian Hand of Midas untuk hero support harus diperhitungkan dengan tepat, sebab support harus membeli item penting lainnya untuk menunjang tim seperti Observer Ward, Sentry Ward, dan item lainnya. Jika kamu lebih mementingkan Hand of Midas dan meninggalkan kewajiban kamu untuk membeli item support lainnya, maka bersiaplah untuk dibenci dan dicaci-maki oleh rekan timmu sendiri.

Penasaran dengan tips agar kamu menjadi lebih kaya dengan menggunakan support lainnya ? yuk simak lanjutannya di halaman kedua!

Capek Dibilang Support Miskin Dalam Dota 2? Atasi dengan 5 Hal Ini! Sumber: GetToTheKeyboard[/caption]

Salah satu ‘penyakit’ yang sering melanda hero support yaitu seringkali terbunuh oleh musuh. Support kerap kali menjadi incaran utama bagi para carry musuh. Selain karena mudah dibunuh dengan HP yang sangat minim, support juga kerap kali menyulitkan lawan timnya untuk membunuh hero lainnya yang sedang diincar.

Ketika kamu terbunuh oleh musuh, musuh akan memperoleh gold, sementara gold yang kamu miliki akan berkurang. Semakin banyak kamu terbunuh oleh musuh, maka sama saja dengan kamu sengaja memberikan gold secara gratis kepada musuh.

Pada kasus tertentu jika kamu terbunuh dengan jumlah kematian yang banyak, kamu akan dilabeli dengan seorang ‘feeder‘ yang akan berujung pada report yang dapat membuatmu terkena sanksi Abandon dalam game

Oleh karena itu, untuk dapat mengurangi jumlah kematian yang diderita saat kamu menjadi support yaitu tetap berada bersama rekan timmu lainnya. Pastikan kamu untuk berada di posisi belakang setelah carry-mu. Jika memungkinkan, bersembunyilah di beberapa tempat tertutup seperti di dalam hutan atau tempat dengan dataran yang lebih tinggi (high ground)

Capek Dibilang Support Miskin Dalam Dota 2? Atasi dengan 5 Hal Ini! Sumber: Anonforge[/caption]

Inilah tips terakhir yang harus kamu lakukan sebagai seorang support Dota 2. Membunuh hero musuh bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan namun bukan hal mustahil untuk dilaksanakan. Seorang support tidak harus melulu membiarkan carry untuk membunuh musuh, tapi kamu masih boleh untuk membunuhnya.

Hal yang tidak boleh dilakukan oleh support adalah kill steal atau yang lebih dikenal dengan istilah KSKill steal ini merupakan istilah yang sering digunakan ketika seorang membunuh musuhnya hanya ketika musuh tersebut sekarat. Ciri khas seorang KS antara lain cenderung menahan serangan agar orang tersebut dapat membunuh musuh dan memperoleh gold lebih banyak daripada rekan timnya yang lain.

Dengan hero support kamu dapat membunuh musuh dengan berbagai cara antara lain dengan cara ganking dan meminta rekan lainnya untuk membunuh musuh tersebut. Ketika kamu memiliki skill yang dapat memberikan efek stun dan efek lainnya kepada musuh, pastikan untuk langsung menggunakannya dan gunakanlah skill lainnya tanpa harus menahan serangan yang dapat kamu berikan kepada musuh.

Beberapa cara lainnya agar hero support yang kamu mainkan tidak miskin secara finansial adalah dengan membeli Ward secara efisien. Hal ini sangat berguna bagi kamu terutama ketika kamu menjadi solo-support. Apabila kamu tidak mengetahui secara pasti di mana letak Observer Ward musuh berada, jangan memaksakan diri untuk membeli Sentry Ward.

Itulah beberapa tips agar kamu lebih kaya saat kamu menjadi support. Apabila kamu memiliki tips lainnya terkait dengan menjadi support, kamu bisa sampaikan di dalam kolom komentar di bawah ini!

Diedit oleh Doni Jaelani

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game