Comscore Tracker

8 Rekor Dunia Video Game Paling Unik yang Pernah Ada!

Mainin Mega Man X, X2, X3 secara bersamaan dan menamatkannya? Ini nih rekor dunia video game yang unik!

Semua orang pasti ingin nama mereka tertulis dalam sejarah, dan para gamer juga pastinya memiliki impian tersebut. Dalam Guiness World Record 2017 Gamers Edition, ternyata ada beberapa rekor dunia dalam bermain game yang sangat unik dan menakjubkan. Ingin tahu apa saja rekor tersebut? Yuk, kita simak bersama!

[page_break no="1" title="Menamatkan Mega Man X, X2 dan X3 Secara Bersamaan"]

8 Rekor Dunia Video Game Paling Unik yang Pernah Ada!

Mega Man adalah salah satu franchise legendaris yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Dengan gameplay yang sederhana dan desain level yang unik, harus diakui bahwa Mega Man adalah salah satu game platformer yang sangat menantang dan sulit untuk dikuasai.

Jika memainkan satu game tersebut sudah membuat kamu kewalahan, maka bayangkan bagaimana bisa seseorang memainkan tiga game Mega Man sekaligus dan menamatkannya.

Inilah rekor dunia yang berhasil dipecahkan oleh f agwawa setelah berhasil menamatkan Mega Man X, X2, dan X3 secara sempurna dalam waktu 43 menit dan 51 detik menggunakan sebuah controller yang sama.

Walaupun waktu tersebut masih berada di bawah rekor dunia speedrun, belum pernah ada orang yang mencoba menamatkan tiga buah game secara bersamaan. Jika kamu ingin melihat langsung perjuangan f agwawa dan mempelajari cara dia memecahkan rekor tersebut, kamu bisa melihatnya langsung di"> sini.

[page_break no="2" title="Sesi Bermain World of Warcraft Terpanjang"]

8 Rekor Dunia Video Game Paling Unik yang Pernah Ada! Sumber: Guiness World Record[/caption]

Kalau kamu adalah seorang anak warnet, pastinya kamu pernah membeli paket begadang dan menghabiskan semalam suntuk bermain game, namun, apakah kamu bisa melakukan hal tersebut selama 29 jam non-stop? Inilah yang dilakukan oleh seorang gamer bernama Hectaerina "Kinumi Cati" Iglesias pada 29 - 30 Maret 2014 demi memecahkan rekor sesi bermain World of Warcraft terlama.

[read_more id="366599"]

Iglesias merekam setiap detik permainannya di YouTube yang hingga saat ini masih bisa kamu saksikan. Selain memegang rekor dunia tersebut, ternyata Iglesias juga memegang rekor dunia memainkan Final Fantasy X selama 39 jam. Jangan ngaku anak warnet atau pecinta Final Fantasy sejati kalau kamu tidak memiliki dedikasi seperti ini!

[page_break no="3" title="Menamatkan Dark Souls Dengan Sembilan Controller yang Berbeda"]

8 Rekor Dunia Video Game Paling Unik yang Pernah Ada! Sumber: Guiness World Record[/caption]

Salah satu alasan mengapa Dark Souls adalah franchise yang sangat populer adalah tingkat kesulitannya yang membuat semua orang merasa penasaran. Jika menamatkan game tersebut menggunakan sebuah controller biasa saja sulit, tetapi seorang gamer asal Kanada telah berhasil melakukannya dengan alat musik Rock Band, drum dari Donkey Kong, dan beberapa peralatan unik lainnya.

Benjamin "Bearzly" Gwin adalah seorang gamer asal Kanada yang berhasil memecahkan rekor dunia setelah dirinya menamatkan Dark Souls menggunakan sembilan controller yang berbeda. Gwin mengatakan bahwa dirinya sangat menyukai tantangan, dan dia bahkan berminat untuk mengulangi kembali tantangan tersebut dengan menggunakan Kinect, Powerglove, dan dua buah pisang. Bagaimana caranya yah?

[page_break no="4" title="Maraton Halo Terpanjang"]

8 Rekor Dunia Video Game Paling Unik yang Pernah Ada! Sumber: Popelotto[/caption]

Franchise Halo memiliki sejarah yang sangat panjang dengan Microsoft, apalagi jika kita mengingat reputasinya sebagai salah satu game unggulan dari Xbox generasi pertama. Game tersebut juga dikenal sebagai salah satu pelopor multiplayer yang paling berpengaruh, dan hingga saat ini masih ada banyak orang yang senang berkumpul bersama dan memainkannya selama berjam-jam.

Hal inilah yang terjadi pada tahun 2011, di mana empat orang gamer asal Irlandia: Mark Gethings, Tony Flynn, Lorcan McKenna, dan Pierce McKenna berhasil memecahkan rekor dunia maraton Halo: Reach terpanjang selama 42 jam bersama-sama.

Sayangnya, rekor tersebut berhasil dipecahkan pada tahun 2015 oleh gamer Finlandia Paavo Niskala saat  merayakan perilisan Halo 5: Guardians. Dalam rekornya, Niskala telah memainkan Halo 1 - 3 dalam tingkat kesulitan Heroic, Halo 4 dan dalam mode Legendary, dan Halo 5 secara multiplayer dengan total permainan selama 50 jam, 4 menit, dan 17 detik.

Apakah ada game lainnya yang membuat kamu mampu bermain secara non-stop?

Ingin tahu lebih banyak lagi rekor dunia paling unik lainnya dalam video game? Yuk, lanjut ke halaman berikutnya!

[page_break no="5" title="Kemenangan Beruntun Terbanyak Dalam Turnamen Super Smash Bros."]

8 Rekor Dunia Video Game Paling Unik yang Pernah Ada! Sumber: Kotaku Australia[/caption]

Bagi sebagian orang kompetisi bukanlah suatu hal yang dianggap remeh, termasuk dalam hal bermain game. Setelah kemunculan dari acara besar seperti Major League Gaming, berbagai turnamen game dalam skala besar mulai bermunculan, dan banyak orang semakin ingin untuk menunjukan kebolehan mereka bermain game di hadapan banyak orang.

Salah satu orang tersebut adalah Gonzalo "ZeRo" Barrios, yang memegang rekor dunia setelah memenangkan 53 turnamen Super Smash Bros di Wii U. Sayangnya, kemenangan Barrios harus berakhir di tangan Nairoby "Nairo" Quezada setelah kekalahannya dalam acara final Major League Gaming di bulan Oktober 2015.

Walaupun memiliki jumlah kemenangan yang cukup tinggi, rekor dunia kemenangan terbanyak masih dipegang oleh Jason "Mew2King" Zimmerman dengan jumlah 339 kemenangan sepanjang karirnya.

[page_break no="6" title="Skor Tetris Tertinggi"]

8 Rekor Dunia Video Game Paling Unik yang Pernah Ada! Sumber: JoshDykgraaf[/caption]

Walaupun tidak disadari oleh banyak orang, Tetris adalah game paling populer yang pernah ada hingga saat ini. Dengan total jumlah port yang mencapai 65 platform berbeda semenjak perilisannya di tahun 1984, siapapun yang pernah menyentuh komputer atau konsol dalam bentuk apapun pasti setidaknya pernah memainkan game legendaris tersebut. Namun, berapa banyak dari kamu pernah menamatkannya?

[read_more id="364641"]

Pada bulan April 2009, Harry Hong adalah orang"> pertama yang berhasil mendapat nilai tertinggi dalam Tetris: 999,999. Setelah memainkan game tersebut hingga level 29, nama Hong sempat membuat ricuh komunitas Tetris hingga memicu Adam Cornelius untuk membuat film dokumenter tentang pencapaian Hong yang luar biasa.

Namun, rekor tersebut tidak bertahan lama karena pada bulan Januari 2012 Matthew Buco, seorang gamer asal New York, berhasil memecahkan rekor"> tersebut dengan mencapai skor maksimal 3 level lebih cepat daripada Hong.

[page_break no="7" title="Skor Sempurna Terbanyak Dalam Wii Sports"]

8 Rekor Dunia Video Game Paling Unik yang Pernah Ada! Sumber: Facebook[/caption]

Wii Sports memang bukanlah sebuah game yang sulit, namun bukan berarti tidak menghibur. Variasi permainannya yang sangat sederhana membuat Wii Sports bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluargamu, namun, apakah kamu tahu kalau game tersebut memiliki rekor dunia yang hingga saat ini masih dipegang oleh seorang kakek berusia 94 tahun?

Semenjak bulan April 2008, John S. Bates yang pada waktu itu berumur 85 tahun mulai merekam tiap permainan sempurnanya dalam Wii Sports Bowling yang telah mencapai angka 14,000. Semangat Bates sebagai seorang gamer juga ternyata tidak berhenti sampai di situ, karena pada tahun 2015 dirinya telah mengumpulkan lebih dari 5,000 permainan sempurna sehingga total pencapaiannya mencapai angka 20,000.

Dedikasi Bates untuk mengumpulkan dan merekam setiap kemenangan sempurnanya harus diacungi jempol, apalagi dengan umurnya yang hampir melebihi 90 tahun!

[page_break no="8" title="Mesin Arcade Terbesar"]

8 Rekor Dunia Video Game Paling Unik yang Pernah Ada! Sumber: Guiness World Record[/caption]

Pada zaman sekarang mesin arcade adalah suatu hal yang mulai jarang terlihat, apalagi dengan banyaknya jumlah konsol yang terus bermunculan. Produksi dari mesin tersebut memang masih berjalan, dan beberapa orang bahkan bisa membeli untuk memasangnya dirumah sendiri. Namun, bagi seorang gamer asal Chicago memiliki mesin arcade standar ternyata tidak cukup untuk memuaskan dirinya, sehingga dia memutuskan untuk membuat sebuah mesin arcade terbesar di dunia.

Seorang gamer asal Chicago, Jason Camberis, berhasil membuat mesin ">arcade terbesar di dunia dengan tinggi 4.41 meter dan lebar 1.06 meter atau seukuran gajah Afrika pada tahun 2015. Camberis mengatakan bahwa alasan dia ingin merasakan sensasi bermain arcade saat dirinya masih muda, dan setelah menciptakan mesin tersebut Camberis juga menambahkan bahwa dia masih memiliki rencana untuk membuat sebuah mesin lainnya.

Dari delapan rekor dunia tersebut, apakah ada yang mau kamu coba pecahkan? Atau justru kamu memiliki pencapaian tersendiri yang sangat luar baisa dalam bermain game? Berikan pendapatmu di komentar ya!

Diedit oleh Snow

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game