Comscore Tracker

Inilah 3 Hal Terpenting yang Wajib Kamu Ketahui Saat Bermain Dota 2

Kamu masih sering kesulitan untuk membeli item di Dota 2? ataukah kamu masih kesulitan komunikasi dengan rekan tim? inilah ulasan yang cocok untukmu!

Jika kamu merasa bosan bermain MOBA di handphone dan membutuhkan sesuatu yang lebih menantang, maka Dota 2 adalah salah satu game yang bisa kamu coba. Namun, karena tingkat kesulitan yang pastinya sangat berbeda jauh, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui agar tidak dicap noob oleh semua orang. Berikut 3 hal yang wajib kamu ketahui saat mulai bermain Dota 2!

Inilah 3 Hal Terpenting yang Wajib Kamu Ketahui Saat Bermain Dota 2 Sumber: Dota Cinema[/caption]

Sesuai dengan namanya, fitur yang disematkan dalam Dota 2 ini berfungsi untuk melakukan komunikasi baik kepada rekan tim maupun kepada musuh. Pada umumnya untuk melakukan chat kita tinggal menekan tombol enter pada keyboard dan menulis tentang apa saja yang ingin kita bicarakan. 

Untuk dapat mengetik tersebut terkadang kita membutuhkan waktu yang terbilang lama sehingga hal ini cukup mengganggu momen-momen penting pada saat game berlangsung, apalagi jika kita masih kurang fasih dalam menulis bahasa Inggris.

Dengan Fitur Chat Wheel ini, maka hal-hal tersebut dapat dipermudah. Pihak developer Dota 2 telah menyiapkan beberapa perintah atau kata-kata yang sering digunakan pada saat bermain baik perintah seperti “get back!”, “missing bottom” dan perintah lainnya.

Pada aturan yang tersedia dalam bentuk defaultChat Wheel ini dapat kamu gunakan dengan menekan tombol ‘y’ pada Keyboard. Namun kamu juga dapat mengatur dan memindahkan tombol Chat Wheel sesuai dengan keinginan.

Inilah 3 Hal Terpenting yang Wajib Kamu Ketahui Saat Bermain Dota 2Caranya adalah tekan tombol roda gigi atau gear berbentuk bulat yang berada di pojok kiri layar. Setelah itu, carilah kata Chat Wheel dalam setting dan ubah tombol Chat Wheel dengan mengklik kotak yang berada di samping kanannya.

Apabila sudah kamu ganti tombol Chat Wheel dengan tombol yang kamu inginkan, kini kamu juga bisa mengganti perintah atau kata-kata yang ingin kamu katakan dalam game dengan mengeklik Costumize Chat Wheel.

Ada lebih dari 70 kata yang dapat kamu pilih baik kata-kata untuk request atau meminta sesuatu ataupun kata-kata permohonan maaf serta berbagai kata pujian yang dapat kamu berikan kepada rekan timmu. Dalam Chat Wheel, kamu hanya bisa menyisipkan 8 perintah, oleh karena itu pilihlah kata-kata yang seringkali kamu gunakan.

Inilah 3 Hal Terpenting yang Wajib Kamu Ketahui Saat Bermain Dota 2 Sumber: Techwalls[/caption]

Tombol Alt dalam keyboard merupakan salah satu tombol yang penting dan seringkali digunakan oleh pemain Dota 2. Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja kegunaan tombol Alt, berikut penjelasannya.

Sama halnya dengan Chat Wheel sebelumnya, fitur ini memungkinkan pemain untuk dapat menginformasikan kepada rekan-rekannya situasi yang sedang terjadi dalam game tanpa harus mengetiknya terlebih dahulu.

Tekanlah tombol Alt dan arahkan kursor ke arah kapasitas HP, dengan begitu kamu dapat memberitahukan rekan timmu mengenai berapa banyak HP dan mana yang tersisa yang kamu miliki. Fitur ini sangat cocok ketika kamu ingin memberitahukan teman bahwa kamu berada dalam kondisi sekarat ataupun saat mana yang tersisa sangat sedikit, begitupun sebaliknya.

Tombol Alt juga berfungsi untuk menginformasikan teman bahwa skill yang kamu miliki dalam keadaan siap digunakan ataupun sedang dalam waktu cooldown-nya. Caranya yaitu dengan menekan tombol Alt dan dibarengi dengan mengarahkan kursor ke arah skill yang diinginkan untuk diberitahu. Setelah kursor diarahkan kepada skill tersebut, klik kiri pada mouse.

Ketika hero musuh menghilang dari minimap, kamu juga dapat menginformasikan kepada teman dengan menggunakan fitur dalam tombol Alt ini. Caranya sama yaitu tekan tombol Alt kemudian arahkan dan klik kiri pada hero musuh yang hilang dari minimapDengan begitu, secara otomatis kamu akan menulis dialog pemberitahuan kepada teman satu tim.

Inilah 3 Hal Terpenting yang Wajib Kamu Ketahui Saat Bermain Dota 2Hal tersebut juga berlaku ketika musuh telah terbunuh. Dengan kita mengarahkan hero musuh yang telah mati, Kita juga dapat menginformasikan kepada rekan tim berapa lama waktu respawn musuh untuk dapat hidup kembali.

Ketika musuh telah hidup kembali (respawn) kamu juga dapat menginformasikan dengan cara klik secara bersamaan tombol Ctrl dan Alt dan mengarahkannya kepada hero musuh yang bersangkutan.

Fungsi lainnya pada tombol Alt yaitu mampu menginformasikan kepada rekan tim bahwa kita memiliki atau tidak buyback saat kita dalam kondisi respawn. Fitur Buyback sendiri berguna untuk dapat secara instan hidup kembali tanpa harus menunggu waktu respawn berakhir dengan membayar sejumlah gold tertentu.

Untuk mengetahui status buyback sendiri kamu hanya tinggal menekan tombol Alt dan mengarahkan kursor ke bagian gold dan langsung mengklik kiri pada mouse. Letak gold sendiri berada pada pojok bawah bagian kanan.

Beberapa item di Dota 2 memiliki item aktif yang memiliki efek-efek unik seperti Dagon, Scythe of Vyse, dan item lainnya.

Ketika item tersebut siap digunakan untuk diarahkan kepada musuh, kamu juga dapat menginformasikan kepada temanmu dengan cara yang sama yaitu tekan Alt dan arahkan kepada item tersebut kemudian klik kiri pada mouse. Dengan begitu, tombol Alt ini juga akan meminimalisir kesalahpahaman antar rekan satu timmu saat menyerang musuh.

Kamu juga dapat menginformasikan waktu yang sedang berjalan dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Sekilas terlihat aneh karena semua pemain baik teman maupun musuh dapat mengetahui waktu game yang sedang berlangsung.

Namun jangan menganggap penandaan waktu itu tidak ada gunanya. Penandaan waktu ini seringkali digunakan oleh para pemain profesional untuk menandai waktu Roshan yang telah terbunuh. Dengan begitu, baik musuh ataupun teman dapat memperkirakan kapan waktu Roshan untuk hidup kembali (respawn).

Penasaran dengan fitur penting lainnya untuk pemula Dota 2? Yuk simak lanjutannya di halaman kedua!

Inilah 3 Hal Terpenting yang Wajib Kamu Ketahui Saat Bermain Dota 2Salah satu kesulitan yang sering dialami oleh pemain pemula Dota 2 adalah sulitnya mencari item yang diinginkannya. Dengan icon dan ukuran gambar yang terbilang kecil seringkali terlewatkan dan pada akhirnya membuang cukup banyak waktu untuk dapat mencari item.

Hal tersebut semakin dipersulit dengan banyaknya item kombinasi di Dota 2 yang membutuhkan banyak item agar menjadi satu item yang diinginkannya seperti Eye of Skadi, Desolator, dan Sange and Yasha. Bagi yang sudah terbiasa mungkin hal ini bukanlah sesuatu yang sulit, namun bagi para pemain pemula hal ini merupakan salah satu hal yang tersulit dalam Dota 2 termasuk penulis sendiri pada waktu awal bermain Dota 2.

Untuk mempermudah kamu meracik item yang hendak dibuat, kamu dapat menggunakan fitur Quick Buy. Cara menggunakannya yaitu drag atau seret item yang kamu inginkan kedalam kotak persegi panjang yang berada tepat di bawah status gold berada. Dengan begitu secara otomatis resep item yang diperlukan dapat diketahui seluruhnya.

Selain itu sesuai dengan namanya, kamu juga dapat langsung membeli item yang telah dimasukkan kedalam kotak Quick Buy tersebut pada saat kamu memiliki gold yang cukup. Ketika gold yang kamu punya mencukupi kamu dapat langsung menekan tombol Quick Buy yang dapat diatur sesuai keinginanmu. Dengan begitu kamu tidak perlu takut salah dalam meracik item yang hendak ingin dibuat.

Cara mengatur tombol Quick Buy sama seperti pengaturan Chat Wheel yaitu tekan tombol roda gigi atau gear berbentuk bulat yang berada di pojok kiri layar pada awal layar lobby. Setelah itu, carilah kata Purchase Quick Buy. Setelah itu ganti tombol yang diinginkan sesuai keinginanmu.

Fitur Quick Buy kerapkali digunakan oleh para pemain profesional Dota 2. Umumnya fitur ini digunakan agar mengurangi waktu sedikit mungkin untuk membeli suatu item. Selain itu, terkadang pada momen-momen tertentu fitur ini sangat penting, misalnya pada saat kita memperoleh gold tambahan dari hasil membunuh hero musuh, sementara kondisi hero yang kita mainkan hampir tidak mungkin selamat dari hero musuh lainnya.

Sebelum hal tersebut terjadi dan gold yang  kamu peroleh akan hilang ketika kamu terbunuh, kamu dapat langsung menekan tombol Quick Buy. Dengan begitu kamu dapat terhindar dari berkurangnya gold yang cukup banyak terlebih ketika gold yang telah kamu gunakan untuk membeli item dari hasil Quick Buy telah habis atau di bawah 50 gold.

Ketika kamu mati dan gold yang kamu miliki berkisar dibawah 50 gold maka gold yang kamu miliki akan berkurang hingga 0. Itu berarti gold yang terbuang karena kamu terbunuh oleh hero musuh hanya sebesar 50 gold. Bayangkan jika kamu tidak sempat membeli item yang kamu inginkan dan kamu terbunuh oleh hero musuh, maka kamu akan kehilangan gold hingga sebesar 250 gold bahkan lebih.

Itulah ketiga hal yang wajib kamu ketahui dalam bermain Dota 2, dan kamu juga bisa melihat apa saja hero yang cocok untuk para pemula di sini. Apabila kamu memiliki tips lain untuk pemula dalam bermain Dota 2, kamu dapat membagikannya di kolom komentar di bagian bawah ini.

Diedit oleh Doni Jaelani

Article Terkait

Latest Story

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game

Game