Waduh, Rilis Cyberpunk 2077 Diundur Lagi Jadi 10 Desember!

CD Projekt Red masih melakukan testing di 9 platform berbeda

Waduh, Rilis Cyberpunk 2077 Diundur Lagi Jadi 10 Desember!

Ada sebuah kutipan populer dari Shigeru Miyamoto yang mengatakan bahwa "Game yang di-delay pada akhirnya akan jadi bagus, namun game yang dirilis terburu-buru akan selamanya buruk." Meskipun kutipan tersebut kurang akurat, Shigeru Miyamoto berpendapat bahwa penundaan rilis video game bisa saja dibutuhkan developer.

Cyberpunk 2077 merupakan game yang telah mengalami beberapa kali penundaan tanggal rilis. Bahkan setelah CD Projekt Red menjanjikan tanggal rilis baru, tuntutan akan kualitas video game tertinggi memaksa mereka untuk terus menunda perilisan game-nya. Kini, mereka kembali menunda rilisan Cyberpunk 2077 untuk ketiga kalinya.

1. Bukan pengunduran pertama

Waduh, Rilis Cyberpunk 2077 Diundur Lagi Jadi 10 Desember!hothardware.com

Pengunduran tanggal rilis Cyberpunk 2077 ini bukan yang pertama kali. Awalnya CD Projekt Red menyebutkan game-nya hanya akan rilis jika sudah siap. Bahkan ketika mereka merasa sudah siap, ada beberapa masalah yang memaksa mereka untuk men-delay game tersebut.

Pengumuman tanggal rilis resmi Cyberpunk 2077 pertama ada pada event E3 2019. Target rilis 16 April 2020 kemudian delay ke tanggal 17 September karena membutuhkan lebih banyak polishing. Dari September, game-nya di-delay lagi ke tanggal 19 November untuk memperbaiki bug. 

Baca Juga: Ikuti Jejak Cyberpunk 2077, Spider-Man: Miles Morales Raih Gold Status

2. Delay ke bulan Desember

Bahkan setelah game Cyberpunk 2077 meraih gold status dan CD Projekt Red menjanjikan tidak akan ada delay lagi, delay masih tetap terjadi. Kali ini Cyberpunk 2077 akan rilis tanggal 10 Desember, 3 minggu melewati tanggal rilis sebelumnya.

Adam Badowski dan Marcin Iwinski selaku kepala CD Projekt Red menyebutkan bahwa 3 minggu delay ini akan digunakan untuk mengetes game dalam 9 platform berbeda: Xbox One, Xbox One X, PS4, PS4 Pro, Xbox Series S, Xbox Series X, PS5, PC, serta Stadia.

3. Reaksi dari para gamer

Meskipun beberapa gamer bisa memahami alasan dan keterbukaan CD Projekt Red, sebagian lain tentunya juga merasa kecewa dengan pengunduran tanggal rilis Cyberpunk 2077. Selain karena CD Projekt Red tidak menepati janji mereka, para gamer juga sudah menyiapkan rencana cuti untuk memainkan game tersebut.

Sebagian gamer juga mengungkapkan perasaan mereka lewat berbagai kreasi meme yang lucu dan kreatif. Media sosial Cyberpunk 2077 pun merespon meme tersebut dengan positif.

Bagaimana pendapat kamu tentang delay game Cyberpunk 2077 yang ketiga ini?

Baca Juga: CD Projekt Red Umumkan Anime Cyberpunk: Edgerunners

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU