Unik! Ada Wartawan yang Melakukan Reportase dari Dunia Game!

Liputan Watch Dogs: Legion dilakukan di dalam dunia game

Unik! Ada Wartawan yang Melakukan Reportase dari Dunia Game!

Media massa mulai menaruh perhatian pada industri video game. Berita tentang video game kini kedudukannya sama dengan berita bisnis dan ekonomi. Stasiun TV BBC menyadari hal itu dan mereka memutuskan untuk naik satu level dalam pemberitaan mereka: yaitu merekam reportase dan liputan berita di dalam dunia video game!

1. Pertama kali dalam sejarah

Ini bukan sekedar marketing stunt untuk sebuah video game, namun BBC benar-benar merekam segmen acara TV mereka, Click, di dalam dunia video game. Liputan berita dan wawancara di dalam dunia video game ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah pertelevisian!

Untuk mewujudkan hal itu, tim Click yang dikepalai presenter Marc Cieslak terbang ke studio Ubisoft di Toronto untuk meliput game Watch Dogs: Legion. Sebelum masuk ke dalam dunia game, Cieslak harus melakukan scan bentuk serta penampilan wajahnya agar bisa tampil semirip aslinya di dalam dunia Watch Dogs: Legion. Baru setelah itu, ia melakukan motion capture sekaligus wawancara dengan tim developer.

Baca Juga: Semua NPC di Watch Dogs: Legion Bisa Dikendalikan? Begini Caranya!

2. Motion capture sambil wawancara

Marc Cieslak kemudian mengenakan seragam motion capture dan direkam di studio bersama Clint Hocking selaku creative director dari Watch Dogs Legion. Keduanya melakukan sesi wawancara secara alami, bagaikan liputan berita live betulan.

Data gerakan dan suara yang sudah direkam kemudian dimasukkan ke dalam game Watch Dogs: Legion sehingga menjadi sebuah adegan wawancara yang benar-benar terjadi di dalam dunia game.

3. Ubisoft menangkap suasana Inggris paska Brexit

Penasaran dengan rekaman wawancara di dalam dunia game Watch Dogs: Legion? Kamu bisa menyaksikannya lewat video di atas. Simak juga detil-detil kecil bagaimana drone dan mobil tanpa awak melintas saat mereka membicarakan tentang bagaimana fenomena drone di dunia nyata mempengaruhi game tersebut.

Fokus liputan Marc Cieslak adalah bagaimana masyarakat Inggris menanggapi game Watch Dogs: Legion yang bersetting di London paska keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Clint Hocking menanggapinya dengan normal dan menganggap keputusan setting Watch Dogs: Legion sebagai ekspresi seni. "Membuat video game sama seperti membuat film atau novel, kita harus memperhatikan apa yang terjadi di sekitar kita lalu memberikan sudut pandang kita terhadap hal tersebut," ujarnya.

Watch Dogs: Legion akan rilis di PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X, dan PC di tahun 2020 ini.

Baca Juga: Menurut Ubisoft, PS5 Bisa Mainkan Hampir Seluruh Game PS4

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU