Terungkap! Ini Dia Spesifikasi Resmi PlayStation 5!

Targetkan waktu loading super kencang

Terungkap! Ini Dia Spesifikasi Resmi PlayStation 5!

Setelah diam seribu bahasal berbulan-bulan lamanya, akhirnya Sony mulai buka suara tentang kemampuan teknis PlayStation 5. Dalam sebuah presentasi video bertajuk The Road to PS5, sang arsitek Mark Cerny mulai membuka kartu as dari PS5. Seperti apa kemampuan dari konsol game tersebut?

1. Tidak jauh berbeda dengan Xbox Series X

Ternyata, PS5 memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Xbox Series X. PS5 dilengkapi prosesor dan GPU custom dari AMD, yang menggunakan arsitektur Zen 2 serta RDNA 2. CPU-nya sama-sama memiliki 8 core, dan GPU-nya memiliki kemampuan komputasi hingga 10.28 TFLOPS.

Selain itu, PS5 juga dilengkapi RAM sebesar 16 GB serta SSD 825 GB yang bisa ditambah dengan SSD jenis NVMe.

Baca Juga: AMD Jelaskan Kemampuan RDNA 2 di PS5 dan Xbox Series X 

2. SSD jadi kunci

Dalam presentasinya, Mark Cerny sangat mendorong kemampuan SSD dari PS5. Berdasarkan input dari para developer game, Sony terus mengembangkan teknologi SSD dengan bandwidth lebar dan kecepatan baca-tulis tinggi.

Sony sendiri menargetkan SSD mereka harus mampu membaca data sebesar 2 GB dalam waktu 0.27 detik saja. Sangat kencang, kan? Namun hal ini akan berdampak pada SSD eskternal tambahan yang dituntut harus memiliki performa baca-tulis yang setara dengan SSD internal PS5.

3. Backward compatibility tambah library PS5

Mark Cerny juga memastikan bahwa 100 game PS4 terpopuler bisa dimainkan di PS5. Ia menjelaskan jumlah game terbatas karena Sony masih harus mengetes judul-judul tersebut secara manual. Saking kencangnya CPU dan GPU PS5, sebagian game PS4 tak kuat menanggung bebannya. 

Selain itu, game-game PS4 juga bisa dimainkan dari SSD, dan bisa dpikindahkan sesuka hati dari SSD internal ke eksternal. Hmm, menarik ya? Apakah kamu semakin tertarik untuk memiliki PS5?

Baca Juga: Sony Pamerkan Kecepatan Loading PlayStation 5! Hasilnya Bikin PS4 Malu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU