Review Need for Speed Heat: Seharusnya Diberi Nama Underground 3!

Jalani kehidupan ganda seorang pembalap jalanan!

Review Need for Speed Heat: Seharusnya Diberi Nama Underground 3!

Dalam beberapa tahun terakhir, serial Need for Speed seakan mengalami sebuah krisis eksistensi. Seri ini seperti tidak tahu seperti apa core gameplay-nya sendiri; apakah menjadi sebuah game yang fokus ke aksi pembalap lawan polisi, racing simulator, sistem kustomisasi dan tuning lengkap, atau sesuatu yang lain? Sebenarnya apa sih Need for Speed itu?

Ghost Games yang dalam 6 tahun terakhir berusaha mencari formula NFS yang tepat sepertinya telah berhasil dalam misinya lewat seri game NFS terbaru mereka, Need for Speed Heat. Alih-alih fokus ke satu aspek saja, Ghost Games mengambil elemen-elemen terbaik dari setiap game Need for Speed buatan mereka untuk merayakan 25 tahun serial game balapan ini. Apakah mereka berhasil menciptakan game NFS terbaik, setidaknya dalam dekade 2010-an ini? Jawabannya adalah IYA!

1. Di game ini, pembalap adalah kelompok tertindas

Need for Speed Heat membawamu ke Palm City, kota yang terinspirasi kawasan Miami dan area pesisir timur Amerika Serikat. Di kota ini ada balapan Speedhunters Showdown yang diadakan di jalanan tertutup. Meskipun sudah disediakan tempat balapan yang resmi, para pembalap masih suka berkeliaran di malam hari untuk mendapatkan mobil serta onderdil canggih dari kelompok The League.

Aksi pembalap jalanan ini menarik perhatian kepolisian Palm City. Dipimpin oleh Letnan Frank Mercer, ia dan satgas anti pembalapnya turun ke jalan untuk menangkap para pembalap liar. Anehnya, mobil sitaan para pembalap tiba-tiba menghilang tanpa bekas sehingga para pembalap menduga satgas milik Letnan Mercer punya agenda tersembunyi.

2. Siang balapan, malam cari perkara

Need for Speed Heat punya mekanisme unik dimana kamu bisa pergi balapan di siang dan malam hari secara terpisah. Tidak ada dynamic time proression karena kamu bisa mengganti waktu game dengan menekan beberapa tombol saja.

Di siang hari kamu akan balapan mengumpulkan uang di dalam berbagai sirkuit tertutup. Polisi akan mengejarmu jika mencari gara-gara, namun mereka lebih berhati-hati dan menggunakan SOP dalam aksi pengejaran. Kamu bebas berkeliaran di kawasan Palm City yang kini terlihat seperti kota betulan dan tidak tersekat-sekat berdasarkan daerah terpisah.

Situasi berubah di malam hari setelah satgas Letnan Mercer turun ke jalan. Malam hari adalah saatnya kamu menaikkan level karakter untuk membuka mobil dan onderdil yang lebih kuat. Namun, Rep Point alias experience yang didapatkan harus disimpan dulu di garasi. Jika mobil kamu hancur atau tertangkap polisi, maka Rep Point yang didapat akan hangus dan kamu juga akan kehilangan uang.

3. Di malam hari, polisi beraksi brutal

Polisi di malam hari beraksi dengan logika berbeda dari siang hari. Saat malam, polisi aktif mencari para pembalap dan berusaha menjatuhkan mereka dengan segala cara. Sistem Heat dari Most Wanted dan Carbon kembali dan digarap ulang mirip seperti Wanted Level di seri GTA.

Dalam Heat rendah, polisi dengan mobil standar masih menggunakan SOP biasa. Mulai dari Heat 3, polisi mulai menggunakan mobil yang lebih kuat seperti Dodge Charger dan Chevrolet Corvette. Puncaknya di Heat 5, polisi akan mengeluarkan semua senjata mereka mulai dari ranjau paku, killswitch untuk mematikan mesin, mobil baja Rhino yang selalu menyeruduk dari depan, hingga helikopter pelacak.

Mobil kamu pun tidak bisa bertahan lama dari serangan polisi. Kamu bisa mengatasinya dengan memperbaiki mobil di pom bensin, namun kamu hanya diberi 3 kesempatan. Lewat dari itu, kamu harus segera merampungkan aksi kejar-kejaran atau seluruh pencapaian di malam itu melayang pergi. Hal ini cukup sulit karena polisi di NFS Heat memang brutal meskipun bisa dikalahkan.

Baca Juga: 5 Potret Ramengvrl, Rapper Lokal Pengisi Lagu Need For Speed Heat!

4. Pilih fokus ke grip atau drift?

Sistem Speedcard dari NFS Payback akhirnya dihapus dan diganti ke sistem upgrade konvensional. Untuk upgrade kemampuan mobil, kali ini kamu bisa memilih berdasarkan komponen mulai dari turbo, piston, knalpot, rem, suspensi, ban, dan lain-lain. Gak ada microtransaction lagi!

Handling jadi aspek yang paling dikritik oleh gamer dalam beberapa seri NFS terakhir. Alih-alih fokus ke satu gaya antara grip atau drift, Ghost Games membiarkan gamer untuk memilih sendiri sistem handling mereka berdasarkan jenis upgrade yang dipilih. Misalnya jika ingin membuat mobil reli kamu bisa memasang suspensi reli dan ban offroad. Jika mobil sedikit susah untuk diajak belok, bisa memasang differential khusus drifting.

Dengan sistem upgrade dan handling ini, kamu bisa menentukan sendiri gaya handling yang cocok buat kamu. Apakah fokus ke grip atau drift? Optimal di aspal atau tanah? Atau di tengah-tengah?

5. Kamu bisa modifikasi mobil dengan NFS Heat Studio

Lalu bagaimana dengan NFS Heat Studio? Game mobile dimana kamu bisa bebas memodifikasi mobil sesuka hati ini akhirnya bisa kamu gunakan untuk meng-upload karya ke game NFS Heat. Jika masing-masing game ter-update di versi terbaru, NFS Heat bisa berkomunikasi dengan NFS Heat Studio untuk meng-upload hasil modifikasi dari ponsel ke game.

Masih ingat dengan mobil Mazda MX-5 kami yang dibuatkan trailer personal NFS Heat? Kini mobil tersebut bisa digunakan di dalam game NFS Heat! Semua jenis modifikasi mulai dari visual hingga cat dan livery tersalin dengan sempurna. Setelahnya kamu juga bisa menambahkan berbagai modifikasi unik seperti lampu neon, asap ban, hingga memodifikasi suara knalpot.

6. Kesimpulan

Banyak fans Need for Speed yang menginginkan reboot atau remake seri NFS Underground setelah Ghost Games gagal menarik perhatian lewat tiga game NFS sebelumnya. Namun, Need for Speed Heat sejauh ini sudah sangat pantas dianggap sebagai penerus seri Underground.

NFS Heat menyajikan beragam cara buat kamu memainkan game ini. Suka balapan di sirkuit dengan mobil yang sangat grippy? Atau senang bercanda dengan polisi sambil nge-drift? Semuanya bisa kamu lakukan. Ghost Games berhasil menemukan formula tepat untuk Need for Speed era modern, dan hasilnya mulai banyak fans yang menerima perubahan besar dalam serial game balapan ini.

Nilai akhir dari kami untuk NFS Heat adalah 3,5/5 bintang

Need for Speed Heat sudah bisa kamu mainkan di PS4, Xbox, dan PC.

Baca Juga: Mobil Kreasi Kami Dibuatkan Trailer NFS Heat Versi Personal!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU