Review Fuser: Wujudkan Impianmu Menjadi DJ Virtual!

Mix and match lagu favorit kamu menjadi sebuah lagu baru!

Review Fuser: Wujudkan Impianmu Menjadi DJ Virtual!

Jika mendengar kata rhythm game, apa yang terlintas di kepala? Biasanya cara memainkannya adalah dengan menekan tombol note setepat mungkin tanpa meleset. Namun bagaimana jika ada rhythm game yang tidak memiliki note untuk ditekan?

Inilah konsep utama dari Fuser, game rhythm baru ciptaan developer Guitar Hero dan Rock Band, Harmonix. Dalam Fuser, kamu bisa membuat lagu mashup dari ratusan judul lagu populer. Seperti apa gameplay dari Fuser, dan bagaimana caranya lagu mashup di dalamnya terdengar sangat bagus?

1. Memulai karier sebagai DJ festival

Dalam Fuser, kamu memainkanseorang DJ yang memulai kariernya sebagai musisi pembuka. Semakin banyak show yang kamu selesaikan, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi DJ headliner yang tampil di malam hari. Penampilan DJ kamu bisa dikustomisasi dengan berbagai item pakaian.

Memainkan Fuser cukup mudah. Kamu mendapatkan 4 track yang bisa diisi berbagai instrumen seperti drum, bass, melodi, hingga vokal. Tugasmu adalah mengisi 4 track itu dengan instrumen dari lagu-lagu yang sudah kamu pilih sebelum memulai game. Untuk mendapatkan skor maksimal, cocokkan momen kamu memasukkan track dengan beat lagu.

2. Kendalikan penuh musik ciptaanmu

Di sinilah poin menarik dari Fuser. Kamu bisa menyusun track secara gado-gado alias campur aduk. Misalnya kamu bisa mencampurkan drum dari Billie Eilish, bass dari Zedd, gitar dari Maroon 5, hingga vokal dari Smash Mouth.

Kamu juga bisa mempercantik musik kamu dengan membubuhkan efek pada setiap track, memainkan instrumen musik sendiri, mengatur nada dasar, tempo, serta mode mayor-minor, hingga melakukan mute dan fade in-out di setiap track.

3. Membuat penonton tergila-gila

Untuk membuat penonton terkesan dan bersemangat, kamu harus memainkan setiap track dengan apik. Dalam mode campaign, kamu akan diminta untuk menyelesaikan beberapa tugas seperti memutar track vokal atau memainkan drum dari lagu country. Kamu juga harus sering-sering memainkan track baru dan memainkan efek agar hype penonton terjaga.

Semakin jauh campaign kamu, tugas yang diberikan akan semakin rumit dan punya jeda waktu untuk diselesaikan. Belum ditambah ada juga rekues dari penonton yang ingin diputarkan track tertentu. Namun jika kamu bisa menyelesaikan semua itu, kamu bisa mendapatkan skor yang sangat besar serta rating yang diukur dengan 5 bintang.

Baca Juga: Rayark Perlihatkan Visual Baru Anime Deemo The Movie

4. Teknologi di balik Fuser

Saya mencoba membuat mashup sendiri baik dengan terencana atau asal mengkombinasikan setiap track. Ajaibnya, semuanya terdengar sangat bagus dan punya sinergi antara setiap track-nya. Kenapa bisa demikian, padahal kita hanya drag-and-drop lagunya saja?

Rupanya teknologi di balik Fuser sudah jauh dikembangkan Harmonix lewat sebuah board game bernama Dropmix. Kedua game itu memungkinkan kamu membuat remix dan mashup lagu dengan konsep serupa. Setiap lagu dipisah menjadi elemen-elemen berbeda, dan ketika track dari lagu berbeda dikombinasikan, game akan mengatur setiap track secara otomatis agar cocok satu sama lain.

5. Membuat remix sendiri dan bersama teman

Jika kamu sudah puas memainkan campaign dan ingin mencoba membuat remix sendiri, kamu bisa memainkan mode Freestyle. Di sini kamu bebas mengkombinasikan track sesuka hati tanpa mengkhawatirkan waktu, tugas, atau rekues penonton. Kamu kemudian bisa merekam dan meng-upload hasil karyamu untuk mendapatkan XP point.

Fuser juga memiliki mode multiplayer yang terdiri dari dua mode berbeda. Pertama adalah mode Freestyle dimana setiap gamer bergiliran membuat sebuah remix. Kemudian dalam mode Battle 1v1, dua orang gamer bertarung menciptakan lagu remix dengan aturan main yang terinspirasi Dropmix.

6. Kesan-kesan bermain Fuser

Selama memainkan Fuser, saya sangat terkesan dengan sistem game dan juga tingkat kesulitannya yang tidak terduga. Game ini tidak mengandalkan ketangkasan menekan tombol, namun akan menguji pengetahuan musikmu serta kemampuan mengatur waktu.

Mekanika gameplay Fuser dari permukaan terlihat cukup simpel, namun menyembunyikan berbagai fitur lebih teknis untuk membuat setiap lagu terasa unik. Lewat Fuser, Harmonix seakan membuat sebuah software DJ untuk orang awam yang tak tahu banyak soal ilmu nge-DJ.

Fuser mungkin kurang cocok dimainkan buat pemain rhythm game konvensional, namun jika kamu adalah pecinta musik atau gamer yang senang mengasah kreativitas, Fuser adalah game yang sangat cocok untuk kamu mainkan.

Fuser pantas mendapatkan nilai 3,5 dari 5 bintang karena mampu memberikan fantasi DJ kepada para gamer biasa yang tidak tahu caranya menjadi seorang DJ. Gimana, tertarik untuk memainkan Fuser? Remix lagu seperti apa yang ingin kamu buat?

Fuser tersedia untuk PS4, Xbox One, Nintendo Switch, PC, serta forward-compatible dengan PS5 dan Xbox Series X.

Baca Juga: Review DJMAX RESPECT V: Rhythm Game Klasik Kembali ke PC! 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU