Review DJMAX RESPECT V: Rhythm Game Klasik Kembali ke PC! 

Game musik hardcore dengan beberapa konten segar

Review DJMAX RESPECT V: Rhythm Game Klasik Kembali ke PC! 

Setelah melalui masa early access sejak tanggal 19 Desember 2019 lalu, Neowiz akhirnya merilis game DJMAX RESPECT V di Steam. Meskipun hanya berupa porting dari versi PS4, DJMAX RESPECT V punya berbagai konten baru yang tidak akan ditemukan di versi PS4. Apa saja yang membuat RESPECT V berbeda dari game pendahulunya?

1. Gameplay klasik dan paten

Review DJMAX RESPECT V: Rhythm Game Klasik Kembali ke PC! steampowered.com

RESPECT V menghadirkan gameplay rhythm game klasik yang sudah dikuasai banyak gamer. Tekan not yang sesuai jika berada di garis batas. Setiap not punya suara tersendiri, jadi jika kamu meleset maka bunyi yang dikeluarkan terdengar sumbang dan tidak ritmis.

Meskipun tergolong game ringan, kamu membutuhkan PC yang cukup kuat untuk memainkan RESPECT V dalam framerate 60 FPS dengan vsync. RESPECT V membutuhkan akurasi tinggi dari para pemainnya, sehingga meleset sedikit akan sangat berpengaruh dengan skor akhir yang didapat.

2. Online jadi kunci

V dalam judul RESPECT V artinya "Versus," sehingga konten multiplayer jadi fokus utama di game ini. Kamu bisa melawan gamer lain lewat mode kompetitif Ladder Match yang akan dijalankan dalam beberapa season dan memiliki ban/pick lagu tersendiri. Ada juga fitur Open Match dimana 7 orang bisa memainkan lagu yang sama dalam satu room.

Fitur online lainnya yang menarik adalah AIR Mode dimana kamu bisa meninggalkan pesan-pesan kepada gamer lain yang sedang memainkan lagu tersebut. AIR Mode merupakan mode online async yang artinya pesan yang kamu baca tidak tampil secara real time. 

Baca Juga: Kembali ke PC! DJMAX Respect V Akan Rilis di Steam

3. DLC dan konten

RESPECT V hadir di early access dengan beberapa lagu baru dari Porter Robinson, Marshmello, Yukika, hingga K/DA. Untuk merayakan peluncuran RESPECT V, Neowiz merilis beberapa DLC lagu dari game DJMAX lama dan juga lagu-lagu baru. Pemain early access akan mendapatkan DLC Emotional Sense secara gratis.

Jika kamu malas membeli DLC, koleksi lebih dari 140 lagu bawaan dengan ribuan jenis pattern dan tingkat kesulitan pastinya akan membuat kamu sibuk memainkan RESPECT V dalam waktu lama.

4. Kesimpulan

Secara keseluruhan, tidak ada perubahan kentara antara early access dan versi full dari DJMAX RESPECT V. Inti gameplay masih sama dengan sedikit update yang tidak terlalu merusak. Tambahan konten pun patut diapresiasi.

Namun sedikitnya update positif pada game juga berimbas pada kekurangan yang bahkan tidak disentuh sama sekali. RESPECT V masih mengandalkan koneksi online bahkan untuk bermain mode Freestyle dan Mission yang tidak membutuhkan internet sama sekali. Selain itu, konten yang seharusnya disertakan di dalam game dipecah menjadi DLC berbayar.

DJMAX RESPECT V adalah rhythm game yang sangat solid untuk PC, namun beberapa kekurangan kecilnya justru agak mengganggu pengalaman saat bermain. Bagi saya, DJMAX RESPECT V cukup pantas mendapatkan skor 3 dari 5 bintang. Bagaimana menurut kamu sendiri?

Baca Juga: Begini Jadinya Jika Dunia Musik Indonesia Diibaratkan Desa Konoha!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU