Prototype Nintendo PlayStation Terjual Seharga Rp. 5,4 Miliar!

Awalnya merupakan add-on CD untuk SNES

Prototype Nintendo PlayStation Terjual Seharga Rp. 5,4 Miliar!

Kita semua tahu bahwa PlayStation merupakan konsol game unggulan dari Sony. Namun tahukah kamu bahwa sebelum Sony PlayStation, konsol ini dulu namanya Nintendo PlayStation? Ya, konsol PS yang kamu kenal sekarang ternyata berawal dari kerja sama antara Sony dan Nintendo.

Sony membuat beberapa prototype konsol ini, dan kini barang tersebut menjadi incaran para kolektor. Salah satu konsol Nintendo PlayStation bahkan bernilai hingga miliaran Rupiah!

1. Kerja sama dan pengkhianatan

Nintendo PlayStation bermula saat Sony berminat untuk masuk ke industri game. Sebelumnya, mereka sudah memproduksi chip untuk SNES, sehingga Nintendo mengajak Sony bekerja sama untuk memproduksi sistem add-on CD untuk SNES. Sony juga berkesempatan membuat konsol SNES mereka sendiri ala-ala konsol JVC X'Eye yang bisa memainkan game cartridge dan CD Sega Genesis.

Di acara CES 1991, Sony mengumumkan prototype PlayStation yang bisa memainkan game cartridge SNES dan game CD. Namun, Sony terkejut karena di acara yang sama, Nintendo justru memilih Phillips sebagai rekannya. Alasannya, Sony memonopoli teknologi chip-nya sehingga developer dan Nintendo harus membayar lisensi untuk menggunakannya. Sakit hati, Sony akhirnya membuang rencana konsol Nintendo PlayStation dan memulai lagi dari nol sehingga menjadi PlayStation yang kita kenal sekarang.

Baca Juga: Kemahalan? Sony Kesulitan Tentukan Harga PlayStation 5

2. Penemuan Nintendo PlayStation

Ada sekitar 200-300 unit konsol Nintendo Playstation yang diproduksi sebagai prototype, dan keberadaan konsol tersebut menjadi misteri tersendiri. Di tahun 2015, salah satu konsol tersebut akhirnya ditemukan berada dalam kepemilikan Terry Diebold yang mendapatkannya dalam lelang pailit Advanta di tahun 2009.

Diebold memastikan konsol tersebut bisa memainkan berbagai game SNES, namun tidak mengeluarkan suara serta terdapat kerusakan pada CD drive. Diebold kemudian mengirimkan konsol tersebut kepada YouTuber dan hacker Ben Heck, dimana Heck kemudian membuat video teardown serta berhasil memperbaikinya.

3. Dibeli desainer Oculus Rift

Prototype Nintendo PlayStation Terjual Seharga Rp. 5,4 Miliar!uploadvr.com

Di bulan Februari ini, Diebold melelang konsol Nintendo PlayStation-nya melalui Heritage Auctions. Dengan deadline tanggal 6 Maret, saat ini penawar tertinggi berada pada harga $350.000. Karena Heritage Auctions membebankan fee sebesar 20% kepada pemenang, maka nilai lelangnya mencapai $420.000 atau lebih dari Rp. 5,4 miliar!

Siapakah penawar tertinggi Nintendo PlayStation saat ini? Ternyata orangnya adalah Palmer Luckey, pendiri perusahaan militer Anduril Industries serta desainer Oculus Rift. Tujuan Luckey membeli konsol tersebut adalah untuk diabadikan di "tempat penyimpanan video game paling canggih di dunia."

Hmmmm, menurut kamu harga Rp. 5,4 miliar cocok gak untuk membeli konsol Nintendo PlayStation itu?

Baca Juga: Absen di E3 2019, Sony Lagi-lagi Tak Akan Hadir di E3 2020?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU