Nunggu Cyberpunk 2077? Cobain 7 Game Cyberpunk Ini!

Ada cyborg, hacker, hologram, dan lampu neon!

Nunggu Cyberpunk 2077? Cobain 7 Game Cyberpunk Ini!

Jika bicara soal cyberpunk, apa yang terlintas di kepalamu? Hacker? Cyborg? Korporasi? Konspirasi tingkat tinggi? Gedung pencakar langit penuh hologram dan lampu neon? Kehidupan post-humanity?

Saat ini, cyberpunk jadi ngetren lagi berkat game Cyberpunk 2077. Ditambah dengan tren retro yang makin ramai akhir-akhir ini, membuat game Cyberpunk 2077 jadi game yang paling hype buat tahun 2020 ini.

Sambil menunggu game Cyberpunk 2077 yang akan rilis sebentar lagi, kamu bisa mencoba 7 game bertema cyberpunk berikut ini!

1. Far Cry 3: Blood Dragon

Nunggu Cyberpunk 2077? Cobain 7 Game Cyberpunk Ini!mobygames.com

Spinoff dari game Far Cry 3 ini membuang semua elemen survival action di game-nya menjadi sebuah parodi film 80-an dan genre cyberpunk.

Sebagai prajurit cyborg Rex Power Colt, tujuanmu adalah menghentikan rencana jahat dari Colonel Sloan yang berambisi mengembalikan peradaban manusia ke zaman prasejarah! Kalahkan pasukan Sloan sambil menguak misteri dari Blood Dragon!

2. Blade Runner

Ya, film legendaris yang meng-kickstart genre cyberpunk, Blade Runner, juga memiliki adaptasi game-nya sendiri. 

Game point-and-click adventure ini memperluas plot dalam film-nya. Kendalikan McRoy, seorang Blade Runner muda yang harus memburu para Replicant liar. Game ini dibuat Westwood yang memproduksi seri Command & Conquer.

3. Remember Me

Nunggu Cyberpunk 2077? Cobain 7 Game Cyberpunk Ini!theverge.com

Remember Me adalah game pertama yang dibuat Dontnod yang kemudian terkenal lewat seri game Life is Strange. Di dalam game ini, orang-orang ketagihan dengan alat Sensen yang bisa meng-upload -download ingatan manusia.

Kamu akan memainkan Nilin, seorang Errorist yang melawan produsen Sensen yaitu Memorize yang telah menguasai kota Neo-Paris. Ia memiliki kekuatan unik yang bisa mencuri dan menggabungkan ingatan-ingatan berbeda.

4. System Shock

Nunggu Cyberpunk 2077? Cobain 7 Game Cyberpunk Ini!steampowered.com

System Shock adalah salah satu game petualangan klasik yang mengusung tema cyberpunk. Game ini memiliki puzzle menantang serta musuh yang cukup sulit untuk dikalahkan.

Di game ini, kamu bermain sebagai seorang hacker yang harus mencegah AI jahat bernama SHODAN untuk menguasai dunia sebagai seorang dewa cyber.

Baca Juga: Populer Sampai Unik, Ini 10 Rekomendasi RPG Barat Dengan Cerita Bagus!

5. Ruiner

Nunggu Cyberpunk 2077? Cobain 7 Game Cyberpunk Ini!pcgamer.com

Sebagai salah satu game cyberpunk generasi baru, Ruiner menyajikan gameplay shooter dari perspektif top-down. Kamu bisa bergerak bebas sambil menembak ke segala arah untuk mengalahkan musuh dan menghindari serangan.

Kamu akan memainkan Puppy, seorang pembunuh yang diperintah Wizard untuk membunuh Boss. Namun di tengah jalan, hacker bernama Her mengontakmu untuk membunuh Wizard lebih dulu.

6. Syndicate

Nunggu Cyberpunk 2077? Cobain 7 Game Cyberpunk Ini!moddb.com

Satu lagi game cyberpunk klasik, yaitu Syndicate. Game ini adalah sebuah tactical shooter dimana kamu mengendalikan pasukan khusus milik konglomerasi cyber untuk menylesaikan berbagai misi.

Di tahun 2012, EA merilis reboot Syndicate yang genre-nya berubah drastis menjadi game FPS. Sayangnya reboot ini kurang sukses di pasaran.

7. Deus Ex

Nunggu Cyberpunk 2077? Cobain 7 Game Cyberpunk Ini!pcmag.com

Belum afdol rasanya kalau belum bahas Deus Ex dalam daftar game cyberpunk. Di game perdananya, kamu memainkan agen JC Denton yang bisa memodifikasi tubuhnya dengan berbagai implan cyber.

Sementara di game prekuel Human Revolution dan Mankind Divided, kamu memainkan Adam Jensen selaku kepala keamanan Sarif Industries. Kedua game mengangkat isu korporasi hingga organisasi rahasia selevel Illuminati.

Itu dia beberapa game bertema cyberpunk yang bisa kamu coba sebelum memainkan Cyberpunk 2077. Adakah game yang menurutmu paling menarik?

Baca Juga: Sepi Gara-gara Cyberpunk 2077? Ini Daftar Rilisan Game Desember 2020

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU