Nostalgia Lagu Van Halen di 6 Judul Video Game Populer

Van Halen, grup rock veteran yang punya game mereka sendiri

Nostalgia Lagu Van Halen di 6 Judul Video Game Populer

Dunia musik kembali kehilangan salah satu maestro. Eddie Van Halen, gitaris dari band hard rock Van Halen, meninggal dunia di usia 65 tahun. (6/10/2020). Eddie Van Halen memiliki kontribusi yang sangat besar dalam dunia rock, dimana ia menjadi pelopor teknik-teknik bermain gitar listrik untuk menciptakan melodi yang kencang dan juga keras.

Pengaruh Van Halen tidak hanya terasa di dunia musik saja, namun juga salah satunya video game yang menampilkan lagu-lagu mereka. Berikut ini adalah 6 game yang menampilkan lagu-lagu Van Halen, mulai dari rhythm game hingga game olahraga dan balapan.

1. Vid Grid

Vid Grid merupakan sebuah game puzzle musik untuk PC dan Atari Jaguar. Tujuan kamu di dalam game ini adalah menyelesaikan jigsaw puzzle yang akan menampilkan video klip lagu. Puzzle harus diselesaikan sebelum lagu selesai.

Van Halen menampilkan lagu "Right Now" di Vid Grid. Mereka juga turut ditemani artis lain seperti Aerosmith, Jimi Hendrix, Red Hot Chilli Peppers, Guns 'N' Roses, dan lain-lain.

2. Wakeboarding Unleashed featuring Shaun Murray

Dalam puncak popularitas genre game extreme sport, Wakeboarding Unleashed featuring Shaun Murray merupakan salah satu game yang mengusung genre tersebut. Dalam game ini, kamu akan bermain selancar sambil ditarik oleh perahu. Trik-trik bisa diluncurkan ala Tony Hawk's Pro Skater.

Lagu Van Halen yang berjudul "Unchained" menjadi soundtrack dari game ini, bersama musik lain dari The Stooges, Pixies, The Flaming Lips, dan lain-lain.

3. Karaoke Revolution

Karaoke Revolution menjadi game pertama dimana mereka bekerja sama dengan developer Harmonix. Game ini dimainkan layaknya banyak rhythm game pada umumnya, dimana kamu harus menekan not tepat pada waktunya.

Lagu Van Halen yang tampil dalam game ini adalah "You Really Got Me". Selain Van Halen, Karaoke Revolution juga punya lagu-lagu hits dari Avril Lavigne, Jennifer Lopez, Kool & The Gang, Madonna, Michael Jackson, Simple Plan, Sixpence None The Richer, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Review DJMAX RESPECT V: Rhythm Game Klasik Kembali ke PC! 

4. Gran Turismo 4

Game Gran Turismo terakhir untuk PS2 ini menampilkan lebih dari 1000 mobil unik dengan puluhan variasi sirkuit. Gran Turismo 4 merupakan game balapan yang terkenal karena mampu memeras performa grafis PS2 hingga tetes terakhir.

Lagu Van Halen berjudul "Panama" terpilih sebagai theme song untuk Gran Turismo 4 versi Amerika Serikat. Meskipun tak sepopuler theme song resmi Gran Turismo yaitu "Moon Over the Castle", opening versi Van Halen juga disukai beberapa gamer yang senang memainkannya saat rilis.

5. Rock Band

Meski tak sepopuler Guitar Hero, Rock Band masih merupakan rhythm game jagoan Harmonix dimana kamu dan teman-teman kamu bisa memainkan lagu yang sama sebagai gitaris, basis, drumer, dan vokalis. Layaknya band betulan!

Awalnya, hanya lagu "Panama" yang bisa kamu mainkan di Rock Band 4 dan Rock Band VR. Namun lebih banyak lagu Van Halen ditambahkan sebagai DLC seperti "Runnin' with the Devil", "Dance the Night Away", "Ain't Talkin' 'Bout Love", dan lain-lain.

6. Guitar Hero

Jika kamu ngaku fan sejati Van Halen, maka kamu harus main Guitar Hero. Soalnya sejauh ini, baru game Guitar Hero saja yang mampu menyajikan pengalaman musik Van Halen terbaik.

Van Halen sudah muncul sejak game Guitar Hero II ("You Really Got Me"), dan berlanjut ke Guitar Hero World Tour ("Hot for Teacher"). Namun yang benar-benar harus dimainkan adalah game mereka sendiri yaitu Guitar Hero: Van Halen. Game ini menampilkan 25 lagu Van Halen, serta lagu lain dari 19 band tamu dan yang paling keren, ada 3 track berisi gitar solo dari Eddie Van Halen!

Meskipun Guitar Hero: Van Halen kurang mendapatkan review positif dibandingkan game Guitar Hero lainnya, game ini masih layak buat kamu mainkan. Apalagi jika kamu adalah fan Van Halen dan ingin mengenang karya-karya Eddie Van Halen. Rock in Peace!

Baca Juga: Death Stranding Selamatkan Band Low Roar dari Kondisi Memprihatinkan

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU