Mulai Nabung! PlayStation 5 Meluncur di Tahun 2020!

Dilengkapi SSD dan upgrade DualShock

Mulai Nabung! PlayStation 5 Meluncur di Tahun 2020!

Sepertinya sudah bukan rahasia jika saat ini Sony dan Microsoft tengah mengembangkan konsol game terbaru mereka. Dari kubu biru sendiri, Sony sibuk menyiapkan PlayStation 5 dengan seabrek upgrade di dalamnya.

Kini, Sony mengumumkan kapan PlayStation 5 meluncur ke toko-toko, yaitu di tahun 2020! Selain mengumumkan waktu rilisnya, Sony juga membahas beberapa poin penting yang membuat PS5 jadi upgrade besar dari PlayStation 4. Ada apa saja update yang Sony siapkan untuk PS5?

1. Loading game semakin cepat dengan SSD

Mulai Nabung! PlayStation 5 Meluncur di Tahun 2020!pushsquare.com

Salah satu poin yang jadi fokus utama dalam pengembangan konsol game generasi selanjutnya adalah hard disk. Dengan semakin terjangkaunya teknologi solid state drive, bisa dipastikan PlayStation 5 akan menggunakan SSD untuk menyimpan data game.

Hasilnya, loading setiap game akan jauh lebih singkat dengan SSD dibandingkan hard disk biasa. Selain itu, SSD juga jauh lebih awet karena minim komponen fisik yang bergerak.

2. Ray Tracing bukan sekedar meme!

Selain SSD, konsol game generasi selanjutnya juga akan mengandalkan teknologi ray tracing. Dengan ray tracing, tampilan grafis bakal jadi semakin realistis karena mampu menampilkan pencahayaan yang lebih kompleks.

PlayStation 5 bakal ditenagai CPU produksi AMD yang berasal dari keluarga Ryzen, dan dilengkapi GPU dari lini Navi. Menariknya, spesifikasi CPU dan GPU PS5 ternyata tidak jauh berbeda dengan spesifikasi konsol Project Scarlett dari Microsoft. Kira-kira bagaimana cara Sony mengalahkan Microsoft dari sisi teknologi ya?

3. Upgrade DualShock

Mulai Nabung! PlayStation 5 Meluncur di Tahun 2020!psu.com

Selain itu, joystick DualShock khas PlayStation juga akan mendapatkan upgrade signifikan. Pertama adalah mengganti teknologi getar rumble yang sudah usang dengan teknologi getar haptic. Dengan teknologi ini, DualShock bisa bergetar dengan intensitas berbeda. Misalnya ketika menabrak dinding dengan truk atau melakukan sliding tackle di lapangan bola, maka kedua aksi tersebut akan memicu getaran berbeda di DualShock.

Selain itu, ada pula teknologi adaptive trigger. Dengan adaptive trigger, maka tombol trigger L2-R2 bisa mengeras dan melunak sesuai keadaan di dalam game. Misalnya saat sedang memanah, tombol akan mengeras jika ditekan semakin dalam. Atau misal saat mengemudi di jalanan berlumpur, maka tombol harus ditekan lebih dalam lagi.

4. Hadir di musim liburan 2020

Seperti sudah disebutkan di atas, PlayStation 5 akan rilis pada tahun 2020, spesifiknya di musim liburan. Jika demikian, kemungkinannya bisa jadi di akhir tahun ya jika mengejar musim liburan di Amerika Serikat. PS5 bakal jadi konsol game yang cocok banget buat jadi hadiah natal.

Apakah kamu bakal membeli PS5 saat rilis di tahun 2020 nanti? Atau kamu akan menunggu daftar game yang akan hadir di konsol game tersebut?

Artikel terkait

Latest