Meski Bukan Prioritas Sony, PS5 Tetap Laris Manis di Jepang

PS5 berhasil terjual sebanyak 118 ribu unit di Jepang

Meski Bukan Prioritas Sony, PS5 Tetap Laris Manis di Jepang

Pertarungan konsol game next-gen di Jepang merupakan kompetisi yang unik. Sony fokus menjual PS5 di Amerika sehingga pasar Jepang sedikit ditelantarkan. Sementara itu, Microsoft berniat mengisi kekosongan dengan menggalakkan promosi Xbox Series X di Jepang.

Nah, setelah kedua konsol rilis di pasaran, bagaimana performa penjualan mereka di minggu pertama di Jepang?

1. Penjualan PS5 di Jepang

Menurut data yang dirilis oleh Famitsu, PS5 berhasil terjual sebanyak 118 ribu unit dari tanggal 12-15 November. Sebagai perbandingan, Xbox Series X terjual sebanyak 20,5 ribu unit dari tanggal 10-15 November.

Dari sisi software game, Spider-Man: Miles Morales menjadi game PS5 terlaris dengan penjualan mencapai 18,64 ribu kopi, diikuti dengan Demon's Souls sebanyak 18,60 ribu kopi.

Baca Juga: Ini Dia 11 Game di Hari Launch PS5 yang Wajib Kamu Tahu!

2. Perbandingan minggu pertama PS5 dengan PS4 di Jepang

Meski Bukan Prioritas Sony, PS5 Tetap Laris Manis di Jepangfreegametips.com

Bagaimana performa penjualan PS5 dibandingkan dengan kakak-kakaknya di Jepang? Di generasi sebelumnya, PS4 terjual sebanyak 322 ribu kopi dari tanggal 22-23 Februari 2014. Meskipun penjualan PS4 lebih banyak dibanding PS5, Sony merilis PS4 3 bulan lebih lambat di Jepang sehingga mereka bisa mengumpulkan lebih banyak stok.

Perlu dicatat pula bahwa PS5 dan Xbox Series X dijual dalam jumlah terbatas di Jepang. Stok kedua konsol pun berhasil sold out melalui pre-order.

3. Unit terbatas, sold out cepat

Meski Bukan Prioritas Sony, PS5 Tetap Laris Manis di Jepangvideogameschronicle.com

Sekilas PS5 kelihatan mengalahkan Xbox Series X dari sisi penjualan. Namun seperti yang sudah disebutkan di atas, kedua konsol dijual dalam jumlah terbatas dan berhasil ludes terjual. Pembuktian sebenarnya baru tiba nanti saat kedua konsol mendapatkan restock.

Meski demikian, keduanya masih harus melawan hegemoni Nintendo dengan konsol Switch-nya. Musim liburan natal mendatang akan menjadi ajang pembuktian ketiga raksasa konsol ini untuk menarik perhatian para gamer.

Baca Juga: Nintendo Switch Jadi Barang Langka Selama Wabah Corona

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU