Menurut Ubisoft, PS5 Bisa Mainkan Hampir Seluruh Game PS4

CEO: (Backward compatibility) sajikan hal baru di industri

Menurut Ubisoft, PS5 Bisa Mainkan Hampir Seluruh Game PS4

Dengan kemunculan konsol next-gen PlayStation 5 dan Xbox Series X, beberapa gamer merasa khawatir koleksi game lama mereka tidak bisa dibawa ke konsol baru. Namun ada kabar baik bahwa kedua konsol next-gen dari Sony dan Microsoft akan memiliki fitur backward compatibility.

Namun, untuk berapa banyak game? Setiap konsol punya aturan mereka sendiri tentang backward compatibility sehingga tidak semua game lama bisa dimainkan di konsol baru. Namun untuk PS5, konsol ini diklaim bisa memainkan hampir seluruh game PS4!

1. Backward compatibility jadi fitur utama konsol next-gen

Backward compatibility adalah fitur yang memungkinkan sebuah game dari konsol lama dimainkan di konsol paling baru. Hal ini umumnya diwujudkan lewat sistem emulasi konsol lama yang disematkan di konsol baru. Contohnya PS2 bisa memainkan sebagian besar game PS1.

Praktik backward compatibility masih terus berlangsung hingga hari ini. Xbox merupakan contoh perusahaan game yang memiliki program backward compatibilitynya sendiri. Secara rutin Xbox menambah kompatibilitas game-game lama mereka agar bisa dimainkan di Xbox One. Game-game Xbox dan Xbox 360 tersebut juga akan bisa dimainkan di Xbox Series X, plus nantinya tidak akan ada judul game eksklusif Xbox Series X di tahun pertama; semuanya bisa dimainkan pula di Xbox One.

Lalu bagaimana dengan Sony?

Baca Juga: SSD PlayStation 5: Diproduksi Samsung dan Berukuran 2 TB?

2. Ubisoft sambut hangat backward compatibility

Menurut Ubisoft, PS5 Bisa Mainkan Hampir Seluruh Game PS4bretagne-bretons.fr

Kemampuan PS5 memainkan game-game lama mereka ternyata tidak diungkap oleh Sony sendiri. Justru raksasa video game Ubisoft-lah yang menjabarkan kemampuan backward compatibility PS5 dalam laporan keuangan mereka.

Menurut CEO Yves Guillemot, PS5 mampu memainkan hampir seluruh game PS4 serta konsol-konsol Sony sebelumnya. "Ini (backward compatibility) akan jadi hal baru dalam industri video game," sambung Guillemot yang menyebutkan backward compatibility akan membantu para gamer generasi lama melakukan transisi ke konsol generasi baru.

3. Ubisoft akan rilis tiga game AAA di 2020

Dalam laporan keuangan yang sama, Ubisoft juga mengumumkan 3 game AAA yang akan rilis di tahun 2020 ini. Spekulasi menyebutkan bahwa dua di antara game tersebut adalah Watch Dogs: Legion dan Gods & Monsters, sementara game terakhir adalah seri Assassin's Creed paling baru.

Kira-kira, ketiga game tersebut bakal kompatibel dengan PS5 dan Xbox Series X gak ya?

Baca Juga: Semua NPC di Watch Dogs: Legion Bisa Dikendalikan? Begini Caranya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU