Kenapa Devkit PS5 Bentuknya Mirip Huruf V? Ini Alasannya!

Ada alasan khusus dibalik bentuk unik devkit PS5

Kenapa Devkit PS5 Bentuknya Mirip Huruf V? Ini Alasannya!

Masih ada waktu satu tahun sampai Playstation 5 muncul di tahun 2020 nanti. Meski demikian, banyak orang yang sudah mengintip bentuk konsolnya lewat kemunculan berbagai foto development kit (devkit) PS5 di internet. Devkit biasa digunakan developer game untuk menguji apakah game mereka bisa dijalankan di konsol tersebut atau tidak.

Tapi, kenapa bentuk devkit PS5 unik ya? Kenapa di atas devkit PS5 ada huruf V besar? Apakah ada alasan atau maksud tersembunyi dari desain tersebut?

1. V bukan berarti angka 5 Romawi

Kenapa Devkit PS5 Bentuknya Mirip Huruf V? Ini Alasannya!slashgear.com

Bentuk devkit PS5 bocor lewat foto-foto yang beredar di media sosial serta render artistik. Terlihat bentuk devkit PS5 berupa kotak berukuran cukup besar yang didominasi warna hitam dan perak. Styling dari kotak tersebut memberikan kesan futuristik.

Keunikan dari devkit PS5 ini adalah adanya ceruk berbentuk segitiga di bagian atasnya. Ceruk ini membuat bagian atas devkit PS5 terlihat berbentuk hurup V. Banyak orang mengira huruf V ini merupakan angka Romawi untuk angka 5. Namun ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar! 

Baca Juga: Mirip Versi Sebelumnya, Inikah Desain Controller PS5? 

2. Bentuk V dipilih karena alasan teknis

Kenapa Devkit PS5 Bentuknya Mirip Huruf V? Ini Alasannya!slashgear.com

Melalui Twitter, Tom Warren yang merupakan editor The Verge meluruskan rumor yang beredar di kalangan netizen. "Kenapa ukurannya besar dan berbentuk huruf V, adalah agar mudah ditumpuk oleh developer untuk kepentingan stress test."

Tom juga menyinggung bentuk V di devkit PS5 adalah untuk mendorong udara panas keluar, alias sebagai exhaust. Tentunya hal ini sangat masuk akal karena terdapat banyak lubang ventilasi di sekitar ceruk segitiga tersebut dan juga di bagian lain di devkit PS5.

3. Devkit PS5 bukan wujud resmi PS5!

Perlu diingat bahwa devkit PS5 yang beredar saat ini BUKAN BENTUK FINAL dari konsol PS5 yang akan kamu mainkan. Bentuk konsol devkit dan versi final bisa dipastikan akan berbeda.

Pada video di atas, kamu bisa melihat berbagai konsol devkit yang bentuknya berbeda dengan versi akhirnya. Misalnya saja devkit PS3 yang berbentuk DVD Player dengan ukuran raksasa, atau devkit Dreamcast yang mirip komputer desktop. Bahkan devkit PSP pun seperti komputer mini dan tidak berbentuk handheld sama sekali!

Menurut kamu, seperti apa bentuk final PS5 yang akan muncul di tahun 2020 nanti?

Baca Juga: Tidak Hanya PS5, Sony Amankan Nama PS6 Sampai PS10 di Jepang!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU