Ini Tanggapan Para Publisher Game Atas Batalnya E3 2020

Publisher akan umumkan game baru lewat event online

Ini Tanggapan Para Publisher Game Atas Batalnya E3 2020

Pameran video game E3 2020 resmi dibatalkan akibat ancaman virus corona. ESA selaku penyelenggara tengah menyiapkan alternatif digitalnya di mana game baru diumumkan lewat sebuah livestream serentak di seluruh dunia.

Menanggapi hal tersebut, berbagai publisher game mulai mengambil ancang-ancang untuk mempersiapkan momen E3 pertama yang sepenuhnya dilaksanakan secara digital. Seperti apa reaksi mereka?

1. Microsoft

Ini Tanggapan Para Publisher Game Atas Batalnya E3 2020mic.com

E3 2020 jadi momen penting bagi Microsoft yang akan mengenalkan konsol Xbox Series X. Namun dengan batalnya E3 2020, Microsoft harus memikirkan ulang strategi mereka untuk mempromosikan konsol next gen itu.

Karena itu, bos Xbox Phil Spencer memastikan bahwa di tahun 2020 Microsoft akan mengadakan event digital untuk Xbox, kemungkinan besar akan bergaya ala Nintendo Direct.

2. Nintendo

Ini Tanggapan Para Publisher Game Atas Batalnya E3 2020nintendolife.com

Bicara soal Nintendo yang sudah berkali-kali mengadakan Nintendo Direct, mereka kelihatan sangat tenang menghadapi batalnya E3 2020. Meski demikian, dukungan Nintendo terhadap situasi yang dihadapi E3 saat ini tidak berkurang sama sekali.

Nintendo kemungkinan besar tetap mengadakan Nintendo Direct seperti biasanya, namun sepertinya akan ada sedikit perubahan menanggapi situasi dan kondisi saat ini.

3. Ubisoft

Ini Tanggapan Para Publisher Game Atas Batalnya E3 2020thesixthaxis.com

Ubisoft yang selama ini selalu mengandalkan event panggung di E3 2020 pun akan turut memikirkan konsep acara digital sebagai pengganti E3. Agak sedikit disayangkan karena event panggung Ubisoft selalu dipenuhi berbagai momen epik, lucu dan juga penuh cringe.

Baca Juga: E3 2020 Batal Diadakan Karena Virus Corona

4. EA

Ini Tanggapan Para Publisher Game Atas Batalnya E3 2020resetera.com

E3 biasanya jadi momen pas bagi EA untuk mengadakan EA Play, sebuah paviliun besar dimana para gamer bisa nongkrong sambil main game dari EA dan juga menonton pengumuman game baru mereka. 

EA sendiri belum mengatakan akan mengganti EA Play dengan event digital, namun mereka masih memantau perkembangan virus corona untuk menentukan nasib EA Play di tahun ini.

5. Square Enix

Square Enix pun turut mendukung langkah ESA membatalkan E3 2020 karena virus corona. Mereka masih akan memantau perkembangan terbaru untuk menentukan apakah akan membuat event digital atau tidak.

Square Enix sendiri sudah punya pengalaman mengadakan event panggung dan digital, sehingga di kondisi ini mereka bisa cukup fleksibel menanggapi keadaan.

6. Devolver Digital

Sebagai salah satu publisher yang pertama kali memperingatkan pembatalan E3 2020, Devolver Digital sudah sangat mantap akan mengadakan Devolver Direct kedua mereka di tahun 2020.

Di tahun 2017 dan 2018, Devolver mengadakan "event panggung" E3 yang mendapatkan sambutan sangat meriah dari penonton. Nina Struthers kembali sebagai host di Devolver Direct perdana tahun 2019 yang juga ditanggapi positif. Tak perlu diragukan, mereka sangat siap menghadapi 2020 dengan Devolver Direct.

Itu dia beberapa tanggapan publisher game atas batalnya E3 2020, serta langkah yang mereka ambil selanjutnya. Acara siapa yang nanti akan kamu nantikan?

Baca Juga: E3 Makin Tak Relevan? Acara E3 Coliseum Tak Ada di E3 2020

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU