Ini Dia Kekuatan Utama Konsol Xbox Series X!

Tonjolkan ray tracing, SSD, dan backward compatibility

Ini Dia Kekuatan Utama Konsol Xbox Series X!

Persaingan konsol game next-gen semakin ketat saja setelah Sony pelan-pelan mengungkap kemampuan dari konsol PlayStation 5. Tak mau ketinggalan, Microsoft juga mulai membuka tirai yang menyembunyikan fitur-fitur Xbox Series X.

Meskipun masing-masing konsol game berbagi teknologi yang sebelas-duabelas mirip, Microsoft sudah menyiapkan beberapa fitur jagoan Xbox Series X yang tidak ada di PS5. Apa saja fitur-fitur tersebut?

1. Prosesor dan GPU bertenaga badak

Ini Dia Kekuatan Utama Konsol Xbox Series X!winpoin.com

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Xbox Series X akan dilengkapi prosesor dan GPU custom buatan AMD, yang menggunakan arsitektur Zen 2 dan RDNA 2. Kombinasi prosesor dan GPU ini akan menghasilkan nilai komputasi mencapai 12 TFLOPS; dua kali lipat dari Xbox One X.

Kemampuan komputasi Xbox Series X ini memungkinkan konsol tersebut menampilkan teknologi grafis terbaru seperti ray tracing. Selain itu, Xbox Series X juga punya fitur Variable Rate Shading yang mampu mengatur beban rendering grafik sehingga framerate lebih stabil.

Baca Juga: Cyberpunk 2077 Delay Karena Masalah Porting Xbox One?

2. Kencang dan responsif

Tak hanya bertenaga, Xbox Series X juga kencang untuk dimainkan. Penyimpanan SSD tak hanya menjadikan game lebih cepat dijalankan, namun nantinya bakal ada fitur Quick Resume dimana kamu bisa melanjutkan game kamu tanpa harus memulai game dari awal menu utama.

Kecepatan dan responsivitas juga bisa dirasakan langsung dari TV dan monitor yang digunakan. Xbox Series X mendukung framerate 120 FPS yang disokong oleh teknologi HDMI 2.1 seperti Auto Low Latency Mode dan Variable Refresh Rate sehingga gambar yang dihasilkan tidak terlihat patah-patah.

3. Mainkan semua game Xbox di satu konsol!

Ini Dia Kekuatan Utama Konsol Xbox Series X!gamesradar.com

Backward compatibility jadi salah satu tren untuk konsol next gen kali ini, dan Xbox Series X pun bukan pengecualian. Xbox Series X bisa memainkan game-game Xbox One, Xbox 360, dan Xbox original, meskipun seberapa banyak game yang bisa dimainkan belum diketahui.

Selain itu, Xbox Game Pass dan Project xCloud juga bisa digunakan di Xbox Series X. Yang paling keren, ada fitur Smart Delivery dimana game Xbox yang kamu beli bisa dimainkan untuk Xbox One dan Xbox Series X sekaligus!

Xbox Series X akan rilis di tahun 2020 ini, meskipun belum ada tanggal pasti. Apakah kamu tertarik membeli Xbox Series X?

Baca Juga: Meluncur! Apa Saja Fitur Xbox Series X yang Mirip Kaleng Kerupuk itu?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU