Ini 6 Public Figure yang Namanya Jadi Judul Game! Kenal Tom Clancy?

Public figure yang terlibat memproduksi video game

Ini 6 Public Figure yang Namanya Jadi Judul Game! Kenal Tom Clancy?

Pernah gak kamu merasa penasaran ketika bermain game olahraga atau FPS, dan di judul game tersebut ada nama orang yang tak kamu kenal? Siapa sih Tom Clancy dan kenapa namanya ada di berbagai game aksi Ubisoft? Lalu apa sih maksud dari nama Madden dalam game Madden NFL?

Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita kenalan dengan beberapa tokoh publik yang namanya menjadi judul game berikut ini!

1. Tony Hawk

Pecinta skateboard mana yang gak kenal dengan Tony Hawk? Keterlibatan sang legenda dalam seri game Tony Hawk's Pro Skater dimulai ketika Activision dan Neversoft mengembangkan game skateboard pertama mereka. Tony Hawk diundang keduanya untuk memberikan input pada game itu, dan Tony pun terkesan dengan game-nya.

Tony punya sumbangsih besar pada game Pro Skater. Tak hanya mengizinkan Activision menggunakan namanya, Tony juga memberikan input pada sistem gameplay, memilih teman-teman skateboarder-nya untuk dimasukkan ke dalam game, dan bahkan memastikan mereka mendapatkan royalti yang pantas. Seiring berkembangnya teknologi motion capture, Tony juga ikut menyumbangkan gerakannya untuk dimasukkan ke dalam game.

Baca Juga: Ini Dia 10 Fakta Tony Hawk, Sang Legenda Pro Skater!

2. Dave Mirra

Seri game Dave Mirra Freestyle BMX singkatnya merupakan game Tony Hawk di atas sepeda. Tergiur kesuksesan game skateboard tersebut, Acclaim membuat game saingannya dalam bentuk game sepeda BMX. Pesepeda Dave Mirra ditunjuk sebagai poster boy game tersebut dan ia pun turut terlibat dalam produksinya.

4 game utama dirilis dalam seri Freestyle BMX, plus satu game spinoff dengan rating dewasa. Dave Mirra pensiun dari dunia BMX di tahun 2011, di mana pada tahun 2008 ia banting setir menjadi pembalap reli dan terlibat dalam game Colin McRae DiRT 2. Ia meninggal di tahun 2016 akibat bunuh diri.

3. John Madden

Nama Madden dalam seri game football Madden NFL merujuk kepada sosok John Madden yang lucunya bukan merupakan atlet football. Ia adalah pelatih dan juga komentator yang aktif di dunia football. Keterlibatan Madden dalam seri game Madden NFL dimulai pada game John Madden Football di mana ia menjadi komentator dalam game tersebut.

John Madden terus menjadi komentator dalam seri Madden NFL hingga seri Madden NFL 09, sementara sosoknya dalam cover game tersebut berakhir di seri Madden NFL 2000. Setelah ia pensiun sebagai komentator di tahun 2009, namanya masih terus digunakan di dalam seri game Madden NFL.

4. Colin McRae

Jika bicara soal game balapan reli, seri Colin McRae Rally kini jadi jawaranya. Codemasters memproduksi seri game tersebut dengan bantuan pereli legendaris Colin McRae. Selain memberikan input untuk physics mobilnya, Colin pun muncul di dalam game-nya sebagai instruktur di mode tutorial.

Keterlibatan Colin McRae terus berlanjut hingga seri gamenya bertransisi ke era DiRT. Colin meninggal dalam kecelakaan helikopter pada tahun 2007, satu hari setelah game Colin McRae DiRT perdana dirilis. Colin McRae DiRT 2 dirilis sebagai penghormatan terakhir pada sosok Colin. Atas permintaan istri Colin, Codemasters menghapus nama Colin McRae dimulai dari game DiRT 3.

5. Beat Takeshi

Aktor Jepang legendaris Beat Takeshi juga pernah terlibat dalam produksi video game miliknya sendiri. Awalnya Taito hendak membuat game Benteng Takeshi, namun Takeshi mencetuskan ide untuk game baru di mana gamer berperan sebagai pegawai kantoran yang bermimpi untuk bertualang.

Gosip beredar bahwa konsep game Takeshi's Challenge ini dirampungkan saat Takeshi sedang mabuk, dan nampaknya hal itu bisa jadi benar. Game ini memiliki tingkat kesulitan tinggi, serta memiliki berbagai momen unik di mana game-nya mengejek para gamer yang memainkannya. Menurut majalah Famitsu, game NES ini berada di peringkat pertama game kusoge (game sampah) versi mereka.

6. Tom Clancy

Tom Clancy merupakan seorang novelis militer yang populer lewat seri Ryanverse yang diadaptasi menjadi berbagai film dan serial TV. Untuk mewujudkan adaptasi game dari karya-karyanya, Tom mendirikan studio game Red Storm Entertainment. Red Storm merilis beberapa game dari novel Tom Clancy seperti Politika, Rainbow Six, Red Storm Rising, hingga beberapa seri Ryanverse seperti The Hunt for Red October danThe Sum of All Fears.

Selain membuat game adaptasi novel Tom Clancy, Ubisoft yang kini mengakuisisi studio Red Storm ini juga merilis banyak game original dengan branding Tom Clancy seperti Splinter Cell, Ghost Recon, EndWar, HAWX, serta The Division. Tom Clancy meninggal di tahun 2013, dan kini seluruh game dalam seri Tom Clancy tidak memiliki hubungan apapun dengan karya-karyanya - termasuk seri Rainbow Six Siege yang menampilkan operator original.

Itu dia profil beberapa public figure yang namanya menjadi judul video game. Adakah yang kami lewatkan? Game mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: Ubisoft Bakal Kolaborasi dengan Girls' Frontline dan Arknights?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU