Waspada Hoaks Desain PS5 Yang Tersebar di YouTube!

Terdapat channel palsu berpura-pura sebagai Sony

Waspada Hoaks Desain PS5 Yang Tersebar di YouTube!

Sony masih enggan memberikan informasi lebih lanjut seputar PlayStation 5. Mereka kalah dengan Microsoft yang telah mengungkap bentuk konsol Xbox Series X serta judul-judul game-nya.

Heningnya informasi dari Sony ini ternyata dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan hoaks tentang PS5!

1. Jebakan clickbait berupa trailer

Para penyebar hoaks ini melakukan aksinya dengan mencari berbagai video desain konsep PS5 ciptaan desainer 3D, lalu meng-upload ulang video tersebut dengan tambahan branding Sony dan PlayStation.

Contohnya adalah video di atas, yang ternyata diambil dari video desain konsep ciptaan Pixeypop (https://www.youtube.com/watch?v=hIcEdww65xU). Dengan branding khas PlayStation tersebut, orang awam akan mengira bahwa video tersebut resmi dirilis oleh Sony.

Baca Juga: Bukan DualShock 5, tapi DualSense! Inilah Joystick Baru PlayStation 5

2. Upload ulang trailer game PlayStation

Channel YouTube si penyebar hoaks itu diberi nama Sony Interactive Entertainment, dan sekilas terlihat mirip dengan channel resmi milik Sony. Kenyataannya, hal tersebut tidaklah benar.

Melihat daftar videonya saja, sangat jelas bahwa channel ini baru dibuat satu bulan yang lalu. Beberapa videonya juga sangat random dan tidak masuk akal. Beberapa contohnya adalah terdapat dua "trailer" PS5 dengan desain berbeda, video trailer game yang diberi embel-embel ray tracing, dan yang paling jelas adalah kenapa channel Sony tiba-tiba membahas serial TV Netflix?

3. Belum ada pengumuman baru soal PS5

Waspada Hoaks Desain PS5 Yang Tersebar di YouTube!playstation.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, belum ada pengumuman baru soal PS5 dari Sony.  Beberapa analis meramalkan Sony baru akan mengumumkan PS5 pada bulan Juni, bertepatan dengan dimulainya produksi konsol tersebut. Pengumuman PS5 kemungkinan besar menjadi bagian dari Summer Game Fest.

Jadi jika kamu menemukan rumor yang too good to be true seperti video di atas, jangan langsung percaya! Kembali crosscheck info yang kamu baca dan selalu dapatkan kabar ter-update dari channel dan situs resmi.

Baca Juga: PlayStation 5 Akan Diproduksi Secara Terbatas?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU