Game Doom Bisa Dijalankan di Alat Tes Kehamilan! Gimana Caranya?

Hacker berlomba untuk memainkan Doom di alat-alat aneh

Game Doom Bisa Dijalankan di Alat Tes Kehamilan! Gimana Caranya?

Sebagai sebuah game FPS klasik dan pionir pada masanya, game Doom memiliki reputasi unik. Tak hanya di hadapan gamer, namun juga para hacker. Namun para hacker ini bukanlah hacker jahat, melainkan pehobi elektronik yang senang mengutak-atik barang elektronik untuk menemukan fungsi baru di dalamnya.

Para hacker ini mampu menjalankan Doom di benda-benda yang bukan untuk peruntukannya. Dan kini, mereka berhasil menjalankan Doom di alat yang benar-benar tidak terduga: alat tes kehamilan!

1. Can it run Doom?

Ada sebuah meme yang berkembang di kalangan para hacker, yang menantang apakah sebuah alat elektronik bisa menjalankan game Doom. Karena kesederhanaan serta ukuran game-nya yang kecil, para hacker pun menjawab tantangan tersebut.

Game dari id Software ini pada akhirnya bisa dijalankan di beberapa alat elektronik yang tak terpikirkan. Misalnya ada piano, kamera digital, mesin kasir, kalkulator, mesin ATM, pembaca kartu RFID, hingga mesin osiloskop.

Baca Juga: Hacker Berhasil Mencuri Kode Grafis Xbox Series X?

2. Game Doom di alat tes kehamilan

Belum lama ini, seorang hacker bernama Foone Turing membuat jagat internet gempar karena menampilkan gambar GIF berisi sebuah alat tes kehamilan yang memainkan game Doom dalam layar hitam-putih kecilnya.

Turing mengklarifikasi bahwa game Doom dalam GIF tersebut hanya sebuah video yang diputar di layar. Namun dalam kesempatan yang sama, ia juga menunjukkan game Doom betulan yang bisa dimainkan di alat tes kehamilan tersebut! Grafiknya ditampilkan lewat serangkaian pixel yang membentuk visual koridor hingga setan yang harus dikalahkan.

3. Teknologi di balik hacking ini

Kenapa alat tes kehamilan itu bisa memainkan game Doom? Turing mencoba mencari tahunya dengan membongkar alat terebut. Di dalamnya ia menemukan mikrokontroler 8-bit dengan RAM 16 byte dan clock speed 4 Mhz. "Benda ini bisa jadi lebih cepat memproses angka dan melakukan input-output dasar dibandingkan dengan IBM PC original," jelasnya.

Turing juga sedikit menyayangkan bahwa alat tes kehamilan ini memiliki perangkat elektronik yang langsung dibuang begitu saja setelah dipakai dalam tes kehamilan. Padahal, kertas strip di dalamnya seharusnya bisa diganti sehingga alat tersebut masih bisa terus terpakai. Hmm, mungkin dengan menjalankan Doom di dalamnya, alat tes kehamilan ini bisa mendapatkan nyawa keduanya setelah tugasnya selesai.

Baca Juga: Awas, Bug di Google Camera Buat Hacker Bisa Ambil Gambar dan Lokasimu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU