Game Cooking Mama di Nintendo Switch Disusupi Aplikasi Mining?

Ada dugaan game tidak dibuat developer aslinya

Game Cooking Mama di Nintendo Switch Disusupi Aplikasi Mining?

Cooking Mama merupakan game memasak yang sederhana dan menyenangkan dimainkan. Game ini punya appeal buat gamer segala usia karena presentasi visual serta tema memasaknya.

Namun dalam game terbarunya, Cooking Mama: CookStar, terdapat kabar yang mengkhawatirkan bahwa game tersebut disusupi oleh aplikasi mining! Belum ditambah dugaan bahwa game terbaru ini tidak dibuat oleh developer aslinya dari Jepang!

1. Cooking Mama: CookStar

Cooking Mama: CookStar merupakan game terbaru dari seri Cooking Mama. Tugasmu dalam game ini tetap sama seperti biasnaya, yaitu menyelesaikan berbagai mini game yang mewakili langkah-langkah dalam memasak sebuah hidangan.

Game yang dirilis untuk Nintendo Switch dan PS4 ini dilengkapi dengan mode Vegetarian, dimana pilihan menu yang bisa kamu buat terbatas pada masakan tanpa daging. Mode ini dipuji beberapa organisasi LSM hewan seperti PETA.

Baca Juga: Belajar Memasak Bersama Aplikasi Cooking Mama Let's Cook!

2. Disusupi aplikasi mining

Game Cooking Mama di Nintendo Switch Disusupi Aplikasi Mining?cookingmamacookstar.com

Cooking Mama: CookStar sempat dirilis sesaat di Nintendo Switch, namun dengan cepat dihapus dari Nintendo eShop. Bagi mereka yang sempat memainkannya, ternyata merasakan kejanggalan pada Switch mereka yang bekerja lebih lambat dari biasanya.

Meskipun tidak ada bukti jelas, banyak yang mengklaim bahwa Cooking Mama: CookStar disusupi aplikasi mining untuk menambang bitcoin. Beberapa alasan yang mendasari dugaan tersebut adalah sistem DRM yang mewajibkan game Cooking Mama tersambung internet setiap saat, dan terdapat traffic internet yang sangat besar keluar-masuk ke konsol Switch.

3. Dibuat oleh perusahaan misterius

Game Cooking Mama di Nintendo Switch Disusupi Aplikasi Mining?techraptor.net

Masalahnya, ternyata game Cooking Mama: CookStar tidak memiliki indikasi diproduksi oleh Office Create selaku developer asli Cooking Mama. Menurut badan rating Australia, game tersebut diproduksi 1st Playable Productions, namun mereka tidak mencantumkan informasi tersebut di website mereka. Selain itu, publisher dari game tersebut yaitu Planet Entertainment juga tidak mencantumkan game Cooking Mama tersebut di website mereka.

Ada banyak informasi yang dihapus, baik itu oleh 1st Playable Productions dan Planet Entertainment, namun berhasil disimpan sebagai barang bukti. Yang lebih mengherankan, seluruh kanal media sosial Cooking Mama tidak pernah memberikan mention tentang Cooking Mama: CookStar! Seluruh informasi tentang game tersebut dirilis oleh akun media sosial khusus yang tidak terurus lagi.

Sejauh ini, Planet Entertainment sudah memastikan bahwa game Cooking Mama: CookStar sudah dibersihkan dari segala aplikasi blockchain (komponen penting dalam mining), dan versi fisik Cooking Mama: CookStar bisa dimainkan offline. Namun, versi PS4 sepertinya masih mewajibkan koneksi internet dan kemungkinan masih memiliki aplikasi mining. Bagaimana pendapatmu tentang misteri Cooking Mama ini?

Baca Juga: Nintendo Switch Jadi Barang Langka Selama Wabah Corona

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU