Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!

Arcade? Simulator? Kart racing? Semua ada di sini!

Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!

Meskipun merupakan sebuah genre video game yang niche, game balapan tak bisa dipungkiri menjadi salah satu genre video game terlaris dalam sejarah. Coba lihat saja di konsol PlayStation di mana serial game Gran Turismo selalu berada di jajaran teratas game terlaris dari PS1 hingga PS4. Di Xbox, ada seri game Project Gotham Racing yang bertengger di posisi 5 besar.

Selain itu, game balapan juga merupakan salah satu cabang esports yang ilmu-ilmunya bisa diterapkan di dunia nyata. Kini berbagai tim balap dunia mulai mencari bibit unggul lewat kompetisi esports. Bahkan kini sudah ramai kompetisi esports balapan yang diadakan oleh badan resmi balapan dunia!

Penasaran kenapa game balapan selalu laris setiap tahunnya? Kalau begitu kamu harus mencoba sendiri asyiknya 10 game balapan ini. Jenisnya pun beragam mulai dari kart racing, balapan arcade, reli, hingga simulator! Check it out!

1. GRID

Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!criticalhit.net

Serial game TOCA Race Driver menyajikan pengalaman balapan touring dan GT yang keren pada masanya. Semua berubah setelah Codemasters merilis Race Driver GRID yang menyegarkan formula game TOCA dengan visual cantik, sistem physics dan damage yang brutal, serta fitur Rewind yang jadi ciri khas game balapan Codemasters. GRID yang di-reboot pada tahun 2019 ini merupakan game balapan yang punya elemen arcade dan simulator seimbang.

Baca Juga: Review GRID: Balapan, Balapan, Balapan!

2. Forza

Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!fullthrottlemedia.co.uk

Game balapan first party dari Microsoft ini sekarang jadi yang terdepan dari sisi popularitas dan gameplay. Lewat Forza Motorsport, Microsoft ingin merangkul penggemar simulator dengan jajaran mobil penumpang dan mobil balap lengkap di berbagai sirkuit terkenal dunia. Sementara itu, Forza Horizon adalah game balapan open world dengan koleksi mobil variatif dan fitur sosial sehingga game ini sangat asyik dimainkan bersama teman.

Baca Juga: Review Forza Horizon 4: Balapan Bareng Teman Lebih Asyik!

3. Need for Speed

Need for Speed merupakan seri game balapan EA yang punya banyak wajah. Di satu sisi NFS merupakan game balapan berisi mobil-mobil eksotis, di sisi lainnya ia merupakan game balapan arcade dengan fitur kustomisasi dan tuning terlengkap, dan di sisi lainnya bisa menjadi game balapan simulator. Namun apapun topeng yang dipakainya, Need for Speed selalu dicintai oleh para fans setia yang peduli dengan game balapan berusia 25 tahun ini.

Baca Juga: Review Need for Speed Heat: Seharusnya Diberi Nama Underground 3!

4. Project CARS

Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!steampowered.com

Berbicara tentang Project CARS sebenarnya tidak bisa lepas dari seri Need for Speed karena asal-usulnya bisa dilacak dari serial Shift yang digarap Slightly Mad Studios. Project CARS menjadi alternatif game balapan simulator di kelasnya dengan physics yang lebih realistis serta grafis yang sangat memukau. Koleksi mobil dan sirkuitnya yang variatif bikin kamu betah main berlama-lama.

Baca Juga: Review Project Cars 2: Simulator Pas Bagi yang Punya Cita-cita Jadi Pembalap!

5. DiRT

Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!mobygames.com

Dari jalanan aspal kita pergi ke jalanan tanah. Untuk urusan balapan reli, seri DiRT selalu jadi unggulan. Dimulai dari era Colin McRae Rally, kini seri game DiRT tidak hanya mengangkat balapan reli saja. Kamu juga bisa menjajal balapan rallycross hingga trophy truck. Jika kamu ingin tantangan yang lebih berat, Codemasters juga punya seri DiRT Rally yang punya handling realistis dan setting jalur berbahaya.

6. Crash Team Racing

Siapa sih yang nggak kenal Crash Team Racing? Game era PS1 ini jadi game balapan yang semua orang bisa mainkan. Tua hingga muda, bermain CTR sangat asyik dan mudah. Apalagi sekarang sudah ada remake CTR Nitro Fueled yang bisa dimainkan di konsol game modern masa kini. Jangan sampai musuhan di dalam game jadi musuhan betulan ya!

7. Assetto Corsa

Ada banyak simulator balapan dengan tingkat realisme hardcore di pasaran, namun Assetto Corsa masih jadi salah satu rekomendasi teratas. Alasannya karena game ini cukup mudah diakses dan tersedia di berbagai jenis platform. Selain itu, Assetto Corsa juga bisa di-mod sehingga menambah jumlah mobil dan sirkuitnya. Mau balapan di Sirkuit Sentul di game ini? Bisa banget loh!

Baca Juga: Impresi Assetto Corsa Competizione: Early Access yang Menjanjikan

8. Mario Kart

Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!gamestop.com

Hadirnya berbagai jenis game kart racing tentunya adalah akibat dari Mario Kart. Meskipun bukan yang pertama dalam jenisnya, namun Mario Kart menjadi trendsetter game-game lain dengan menyajikan mobil go-kart dengan karakter-karakter Nintendo, gameplay yang mudah tapi menantang, serta power up untuk membantu balapan. Mario Kart kini tak hanya bisa dimainkan di konsol Nintendo saja, tapi juga hadir sebagai mesin arcade dan juga aplikasi smartphone.

Baca Juga: Mario Kart Tour Sudah Bisa Diunduh di Android, tapi Dihantui Error?

9. F1

Ngeeeng! Ini 10 Game Balapan Terbaik Yang Harus Kamu Coba!racefans.net

Seri game F1 sudah sering berpindah tangan dari developer ke developer lain. Ada Sega, EA Sports, Eidos, Atari, Konami, bahkan Sony. Namun kini game F1 official tengah dikerjakan oleh Codemasters. Game F1 buatan Codemasters mengusung genre simulasi untuk menyajikan pengalaman otentik pembalap F1. Karena merupakan game F1 resmi, maka mobil-mobil dan tim di dalam game ini berlisensi penuh hingga ke kategori F2 yang baru-baru ini muncul. Selain itu, F1 juga mengadakan kompetisi F1 Esports dimana pesertanya dikontrak langsung oleh divisi esports tim balapan F1!

Baca Juga: Indo Pride! Mainkan Pembalap Indonesia di 6 Gim Balapan Ini!

10. Gran Turismo

Last but not least, adalah Gran Turismo! Seri game balapan legendaris ini telah berhasil membawakan pengalaman simulasi balap mobil ke dalam konsol. Meskipun kini Gran Turismo agak sedikit di belakang game balapan lain, namun setiap gamenya diproduksi dengan perhatian tinggi pada detailnya. Tak heran game balapan first party dari Sony ini banyak dipuji pabrikan otomotif dunia hingga badan motorsport internasional FIA.

Itu dia beberapa game balapan terbaik yang harus kamu coba. Adakah game balapan lain yang menurut kamu pantas masuk list ini?

Baca Juga: Makin Populer, Gran Turismo Sport Terjual Sebanyak 3.3 Juta Kopi!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU